Cara Mengganti Layar LCD Netbook Acer Aspire One 10 Inch

Acer Aspire One 

Kemarin saya melakukan penanganan pada netbook Acer  Aspire One dengan masalah layar pecah, untuk kasus ini jelas kita harus menggantinya dengan layar yang baru, netbook ini memiliki ukuran layar 10 Inch, dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang bagaimana cara mengganti layar lcd 10 inch pada netbook acer aspire one.  

Alat yang digunakan :
1. Obeng
2. Selotipe

Bahan :
1. Layar LCD 10 Inch 

Prosedur :

Melepas Baterai

Matikan netbook anda dan lepaskan baterai untuk menghindari terjadinya korslet. 

Ingat, pastikan baterai netbook/laptop harus dilepas.

Pada saat proses pemasangan layar baterai yang tidak dilepas akan mengakibatkan terjadinya korslet dan dapat merusak layar baru anda.


Melepas Karet Penutup

Perhatikan pada sisi kanan dan kiri bagian caching layar anda, terdapat karet penutup baut, lepaskan dengan cara menekan perlahan menggunakan pinset dan putar sampai terlepas, lakukan dengan perlahan-lahan dan jangan dicungkil itu akan merusak karet penutupnya.


Melepas Baut

Setelah itu lepaskan baut yang terdapat dibelakang karet penutup yang sebelumnya telah dilepas. Lakukan hal yang sama pada sisi lainnya, untuk kebanyakan tipe netbook acer hanya terdapat 2 baut pada bagian depan. 

Melepas caching depan (Bezel)

Lakukan dengan menggunakan jari tangan, masukan jari tangan antara layar dan caching, lakukan menggunakan kedua tengan, lepaskan dengan hati hati, jangan sampai bezel layar anda patah.



Melepas Baut LCD

Setelah membuka pelindung bagian depan layar perhatikan pada bagian layar anda terdapat 4 baut, 2 bagian atas dan 2 bagian bawah layar. Lepaskan semua baut layar anda.


Melepas Kabel Webcam


Setelah itu lepaskan kabel webcam pada sisi atas layar, lepaskan menggunakan pinset atau menggunakan jari.


Melepas Baut Penahan Layar

Nah perhatikan pada sisi kanan dan kiri layar anda terdapat beberapa baut, lepaskan dengan menggunakan obeng dan tangan satu menahan layar.


Melepas Connector Kabel Flexible

Kemudian lihat pada bagian belakang layar anda terdapat connector flexible, pada bagian ini lakukan dengan hati-hati, perhatikan ada selotipe bening, lepaskan terlebih dahulu sebelum melepas connectornya.


Layar telah dilepas

Nah proses melepas layar teleh selesai, sekarang siapkan layar baru anda.


Layar Baru 


Proses Memasang Connector Flexible

Ambil layar anda yang baru, pegang dengan hati-hati, layar agak sensitif, hubungkan flexible ke connector pada layar anda.

Memasang Baut

Setelah itu pasang kembali baut layar. 


Memasang Kabel Webcam

Pasang kembali kabel webcam.

Memasang baut penahan caching belakang

Pasang kembali baut penahan caching belakang.
Setelah semua terpasang, coba test hidup dengan menggunakan charger.





Layar Berfungsi dengan Normal

Nah, sampai pada tahap ini layar baru ini berjalan dengan normal, silakan lanjutkan dengan memasang caching depan (bezel).


Memasang Caching Depan Layar


Pasang baut dan penutup karetnya.
Selesai.

Silakan anda lakukan sendiri dengan resiko anda sendiri, kelihatan mudah tapi harus dilakukan dengan hati-hati, layar merupakan part laptop yang paling sensitif, kegagalan pemasangan biasa terjadi berupa timbulnya garis merah atau putih pada layar, bahkan layar menjadi putih semua. 
Inilah mengapa servican biasanya terbilang cukup mahal karena resikonya juga besar, garansi normal layar biasanya hanya sebulan. Jika anda memilih untuk memasang sendiri pastinya tidak akan digaransi lagi, tetapi jika anda yakin bisa memasangnya sendiri, silakan ikuti tutorial ini dan pastinya akan lebih irit dibanding menggunakan jasa service pemasangan part. namun tetap saja beresiko.

Ok, Semoga bermanfaat.

11 komentar untuk "Cara Mengganti Layar LCD Netbook Acer Aspire One 10 Inch"

CaraJadi AgenPulsaElektrik 11 Februari 2015 pukul 23.18 Hapus Komentar
terima kasih, akan saya coba.
Unknown 13 Februari 2015 pukul 17.19 Hapus Komentar
mantap banget tutorialnyaa, pas banget netbook acer aspire one-ku LCDnya pecah.. bermanfaat banget. terima kasih, akan saya coba.
Sri Kuncoro 16 Juli 2015 pukul 16.54 Hapus Komentar
Terima kasih...
Sangat bermanfaat...
mesin antrian android 5 Januari 2016 pukul 15.40 Hapus Komentar
saya ganti lcd aspire ,setelah sukses ganti lcd kok tiba2 procecor nya panas ya restart terus kenapa ya ?
Unknown 22 Februari 2016 pukul 09.19 Hapus Komentar
Harga lcd netbook aspire happy one brapa bos???
Unknown 9 Juni 2016 pukul 10.27 Hapus Komentar
keren gan informasinya sangat membantu sekali,
ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada laptop bekas jogja,menangani berbagai macam kerusakan laptop,jangan lupa kunjungi gan https://laptopbekasjogja.wordpress.com/
Unknown 9 Juni 2016 pukul 10.27 Hapus Komentar
keren gan informasinya sangat membantu sekali,
ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada laptop bekas jogja,menangani berbagai macam kerusakan laptop,jangan lupa kunjungi gan https://laptopbekasjogja.wordpress.com/
Unknown 13 Juli 2017 pukul 20.58 Hapus Komentar
ni gmna ya gan...notebook sya dr engsel buka tutup nya itu.klo ditutup layar ny jd kya robek gtu.jd pelan2 nutup nya biar ga tmbah robek...cra nya gmna ya biar bs rapet lg itu layar nya.
Anonim 11 September 2017 pukul 08.48 Hapus Komentar
Bantu jawab ya gan, coba cek engselnya apakah ada baut yang tidak full tertanam sehingga mengganjal. Atau setelah penggantian LCD ada material yang seharusnya tidak ada masuk kedalam, saran saya buka kembali dengan hati" dan perhatikan material secara seksama. Semoga bisa membantu.
Unknown 18 Januari 2020 pukul 00.46 Hapus Komentar
Bossku...saya ganti lcd tp batrey lupa di lepas...layar setelah di hidupkan tampilan hanya putih...apakah ini koslet?? Dan lcd menjadi rusak?? Klu koslet apa ada cr perbaiki? Thx
Unknown 18 April 2020 pukul 08.49 Hapus Komentar
sangat bermanfaat.. terima kasih