Cara Memperbaiki Laptop Acer Spin 1 Tidak Tampil

Kali ini kita akan membahas masalah tidak ada tampilan pada laptop, atau biasa tukang service mengatakan no display. Dalam artian power laptop dan indicator lain menyala saat dihidupkan namun tidak ada tampilan logo di layar lcd.

Untuk kasus seperti ini sangat banyak penyebabnya, dan kali ini kita akan bahas kasus di Laptop Acer type Spin 1 (Spin111-33), berikut adalah tampilan setelah saya lepaskan cover belakangnya, terlihat secara umum peripheral seperti baterai, hardisk, dan mainboard utama yang ditutupi heatsink pada bagian processornya, laptop ini tidak menggunakan kipas untuk sistem pendinginnya hanya menggunakan heatsink saja, karena processor yang digunakan adalah intel yang tidak terlalu panas saat digunakan dalam bekerja. 


Pada laptop Acer Spin 1 ini sudah saya pastikan semua berfungsi dengan baik, layar, Flexible, ram onboard, processor, dan peripheral lainnya dengan cara mengukur tegangan pada mesin utama atau motherboardnya. Sehingga saya cukup mencoba untuk melakukan SOP awal yaitu dengan cara melakukan Re-Flash IC BIOS seperti pada gambar dibawah ini.

IC BIOS ACER SPIN 1

IC Bios menggunakan IC dengan merk WINBOND 25Q64FWSIQ dengan tegangan VCC 1.8V dengan kapasitas 8MB 


Processor Onboard Acer Spin 1 


Processor acer Spin 1 menggunakan Intel N4000 dengan kode SR3S1 (Gemini Lake) untuk detailnya bisa dicek disini (https://www.cpu-world.com/sspec/SR/SR3S1.html)




Jadi disini saya mencoba untuk melakukan flashing ulang pada IC BIOS nya, dengan menggunakan file clearme yang sudah saya siapkan, dan hasilnya laptop sudah bisa on dan tampil sempurna, untuk data BIOS nya bisa anda dapatkan disini.


Password : kendarikomputer.com


Semoga artikel Cara Memperbaiki Laptop Acer Spin 1 Tidak Tampil ini bermanfaat bagi anda.

3 komentar untuk "Cara Memperbaiki Laptop Acer Spin 1 Tidak Tampil "

Anonim 21 Oktober 2022 pukul 12.43 Hapus Komentar
cara flash pake flashdisk k bro
Unknown 31 Juli 2023 pukul 10.01 Hapus Komentar
gan link download file biosnya tidak work. Minta ijin sedot gan
Kendari Komputer 2 Agustus 2023 pukul 22.47 Hapus Komentar
sudah kami update link nya gan