Service Laptop Acer Aspire 3 A314-32 Series On tapi tidak ada tampilan pada layar

Cara Memperbaiki Laptop Acer Tidak Ada Tampilan Pada Layar


Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara memperbaiki laptop yang tidak menyala, kondisi detailnya yaitu laptop bisa on ditandai dengan lampu indikator nyala tetapi tidak ada tampilan pada layar laptop.

Pada artikel ini, sebagai contoh kasus saya terapkan pada laptop Acer ASPIRE 3 A314-32 yang mengalami keluhan tidak ada tampilan padahal indikator power normal saat dinyalakan dan indikator charger juga on.

Berikut ini adalah langkah - langkah untuk memperbaiki laptop dengan kondisi tidak ada tampilan step by step yang saya lakukan pada saat memperbaiki laptop Acer ini : 

Sebagian isi artikel ini adalah kutipan dari artikel kami tentang Cara Memperbaiki laptop tidak nyala atau tidak ada gambar dan bisa anda baca disini untuk lebih detail  : CARA MEMPERBAIKI LAPTOP TIDAK TAMPIL 

Cek dan Pastikan Layar Laptop Normal 

Pastikan bahwa layar laptop kita tidak rusak, karena kerusakan pada layar laptop sangat sering terjadi dengan kasus layar laptop menjadi gelap, akibat tidak berfungsinya lampu backlight lcd, jadi anda bisa pastikan dengan cara coba sambungkan ke monitor eksternal melalui post VGA atau HDMI laptop, atau lakukan dengan cara memberikan cahaya pada layar laptop dengan cara senter layar pada bagian tengah layar, bisa menggunakan lampu flash pada smartphone anda dan perhatikan apakah ada tulisan ataupun background yang terlihat. 

Tidak jarang hal ini terjadi pada Laptop, jadi setelah anda cek jika kasusnya layar gelap dan disebabkan oleh layar itu sendiri karena lampu backlihnya mati, anda bisa coba perbaiki dengan cara melepas ulang layar laptop nya kemudian pasang lagi dengan presisi, atau anda bisa cek fuse pada board TCON lcd dengan menggunakan multitester.

Lepas Baterai Laptop  ( Reset Baterai ) 


Lepaskan baterai dan coba hidupkan laptop dengan hanya menggunakan cas / adaptor saja, hal ini juga sering kami dapati terjadi pada laptop, setelah melepas baterai, lapto menjadi normal. 

Posisi baterai laptop saat ini ada yang tertanam pada casis atau cesing laptop, jadi akan cukup sulit jika anda tidak berani untuk membongkar laptop anda, anda perlu perhatikan juga untuk baterai laptop yang posisinya didalam casing biasanya sudah ada sensor swithing untuk mereset baterai, anda cek pada bagian bawah cesing biasanya ada lubang kecil dengan lambang baterai, anda hanya perlu mengambil jarum untuk menekan tombol switch tersebut, maka baterai pun telah berhasil direset.

Hal ini tujuannya adalah untuk menghilangkan tegangan listrik pada pada rangkaian motherboard laptop, dan kadang cara ini berhasil.

Lepas Baterai BIOS Laptop



Melepas baterai BIOS laptop perlu anda lakukan, karena banyak kasus kami temukan hanya dengan melepas baterai BIOS yang letaknya di mainboard laptop tersebut menjadi normal setelah dinyalakan. Lakukan hal ini dengan mulai menbongkar laptop anda, karena semua posisi baterai BIOS itu letaknya di mainboard laptop, tapi ada beberapa tipe laptop yang tidak memiliki baterai bios, dan baterai BIOS nya sudah include pada baterai laptop tersebut. Jadi untuk tahapan analisa kasus laptop tidak ada tampilan sangat perlu anda lakukan hal ini.

Cek Kondisi Ram Laptop

RAM atau memori laptop paling banyak ditemukan menjadi penyebab laptop tidak bisa tampil, hal ini bisa terjadi karena ram laptop rusak, atau ram laptop tersebut hanya kotor, jadi perlu anda ganti atau bersihkan terlebih dahulu sebelum lanjut pada analisa lainnya. 

Untuk masalah ram laptop menyebabkan laptop tidak tampil bisa anda baca pada artikel ini : KENAPA RAM RUSAK BISA MENYEBABKAN LAPTOP TIDAK TAMPIL? 


Melepas Semua Part Yang Terhubung Pada Mesin Utama Laptop (Motherboard)


Selanjutnya jika beberapa langkah diatas telah anda lakukan dan laptop belum 

6. Bersihkan Semua Komponen 



7. Lakukan Pengukuran Pada Mainboard Laptop



8. Flash BIOS Laptop

9. Reball atau Ganti Chip VGA Laptop

10. Reball atau Ganti Singel Chip Processor 


MX25U6435F P/N: PM1978 1. FEATURES 1.8V 64M-BIT [x 1/x 2/x 4] CMOS MXSMIO® (SERIAL MULTI I/O) FLASH MEMORY


BIOS https://userscloud.com/eofu2g0pbrzo


https://userscloud.com/hrrjrdmne06k boardview


skematik https://userscloud.com/r17uzsrvwm8g




Posting Komentar untuk "Service Laptop Acer Aspire 3 A314-32 Series On tapi tidak ada tampilan pada layar"