Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Tips Mudah Dan Praktis

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop


Nyalakan Backlight Keyboard 


Apakah Anda kesulitan menyalakan lampu keyboard laptop saat sedang bekerja di ruangan yang minim cahaya? Jangan khawatir, Anda dapat mengaktifkan fitur backlight pada keyboard laptop Anda dengan cara yang mudah dan cepat.


Berikut ini adalah cara menyalakan lampu keyboard laptop di Windows:


1. Cek Spesifikasi Laptop

Sebelum memulai, pastikan laptop Anda memiliki fitur keyboard backlight. Cek spesifikasi laptop Anda di situs produsen atau manual pengguna untuk mengetahui apakah fitur ini tersedia.


2. Aktifkan Keyboard Backlight di Windows Settings

Jika laptop Anda memiliki fitur keyboard backlight, ada beberapa metode untuk mengaktifkannya. Salah satu cara tercepat dan paling mudah adalah melalui Windows Settings:


  1. Buka “Windows Settings” dengan menekan tombol “Windows + i” atau cari “Settings” di Start menu.

  2. Pilih "Devices" dan klik "Typing".

  3. Di bawah opsi "More Keyboard Settings", pilih "Use the On-Screen Keyboard".

  4. On-Screen Keyboard akan muncul. Klik pada ikon lampu di sudut kanan bawah keyboard untuk mengaktifkan keyboard backlight. Jika lampu menyala, lampu keyboard laptop Anda seharusnya juga menyala.

Catatan: Jika Indonesia tidak termasuk dalam daftar keyboard Anda dalam opsi "More Keyboard Settings", klik “Add a keyboard” dan pilih “Indonesia” sebagai pilihan keyboard Anda.


3. Aktifkan Keyboard Backlight melalui Keyboard Shortcut

Metode lain yang merupakan cara yang lebih cepat dan mudah untuk mengaktifkan backlight keyboard adalah melalui keyboard shortcut:


  1. Tekan dan tahan tombol “Fn” di keyboard laptop Anda.

  2. Cari tombol yang menampilkan gambar lampu atau “backlight keyboard”. Pada beberapa laptop, tombol lampu berada di dekat tombol volume atau brightness.

  3. Tekan tombol lampu atau "backlight keyboard" untuk mengaktifkan fungsi keyboard backlight. Tombol ini biasanya memiliki simbol lampu atau ikon keyboard backlight.

Catatan: Metode ini dapat bervariasi tergantung pada jenis laptop dan produsen yang berbeda.


4. Aktifkan Keyboard Backlight melalui BIOS Setting

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba mengaktifkan lampu keyboard laptop melalui BIOS setting. Sebelum Anda melanjutkan, pastikan Anda memahami bagaimana mengakses dan mengubah pengaturan BIOS, karena mungkin akan terjadi sedikit perubahan pada sistem laptop anda. Ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Restart laptop Anda dan tekan tombol "F2" atau "Del" saat muncul layar "Boot Menu" di layar.

  2. Cari opsi "Function Key Behavior" atau "Action Keys Mode" dan pastikan bahwa opsi tersebut diatur ke "Function Key" daripada "Multimedia Key".

  3. Cari pengaturan yang berkaitan dengan Keyboard Backlight. Di sini, Anda akan menemukan pengaturan On / Off. Atur pada "Enable".


Setelah diaktifkan, simpan perubahan dan keluar dari BIOS dengan mengklik "Exit & Save Changes".


Dengan mengikuti salah satu metode di atas, Anda dapat mengaktifkan backlight keyboard dengan mudah di laptop Anda dan mengerjakan tugas-tugas Anda dengan mudah di ruangan yang minim cahaya. Jangan lupa untuk memeriksa manual pengguna laptop Anda untuk mengetahui apakah ada cara lain untuk mengaktifkan lampu keyboard pada laptop Anda.


Menyalakan Lampu Keyboard pada Mac OS


Jika Anda menggunakan laptop Apple, Anda pasti sudah menyadari bahwa lampu di keyboard yang dapat diatur. Saat tertentu, warna lampu keyboard dapat membantu mempersiapkan mood biasa Anda untuk bekerja atau belajar. Namun, Bagaimana cara menyalakan lampu keyboard pada MacBook?


1. Cek Pengaturan Sistem untuk menyalakan lampu keyboard MacBook


Sebelum Anda dapat mengubah warna lampu keyboard MacBook, Anda perlu membuka Pengaturan Sistem. Untuk melakukan ini, buka opsi Pengaturan (Settings) dan pilih Keyboard.


Setelah itu, Anda akan melihat tombol "Keamanan" di sisi kiri jendela. Tekan tombol ini untuk membuka opsi Keamanan.


Cari opsi "Memungkinkan kontrol akses' dan centang kotak di depan opsi "Logitech Gaming Software". Setelah itu, tekan tombol "Tutup" untuk menyelesaikan pengaturan.


2. Pengaturan Warna Lampu Keyboard MacBook


Setelah menyalakan lampu keyboard MacBook, pengguna dapat memilih warna yang diinginkan. Pada Pengaturan Keyboard, klik tab warna untuk melihat warna yang tersedia.


Pilih warna yang Anda inginkan dan klik "Terapkan" untuk mengubah warna lampu keyboard MacBook.


Anda juga dapat mengatur kecerahan lampu keyboard dengan menggeser pengaturan ke kiri atau kanan. Pastikan untuk mengatur kecerahan sesuai dengan kebutuhan Anda.


3. Mengaktifkan Mode Gelap pada MacBook Anda


Jika Anda mengaktifkan Mode Gelap pada MacBook, Anda dapat mengubah warna lampu keyboard sesuai dengan preferensi warna gelap yang Anda gunakan. Mode Gelap dapat membantu mengurangi ketegangan mata ketika Anda bekerja di malam hari.


Untuk mengaktifkan Mode Gelap pada MacBook, buka Pengaturan Sistem dan pilih opsi Umum (General). Setelah itu, centang kotak di sisi "Versi Terakhir Ada Mode Gelap" kemudian pilih mode Gelap.


Perlu diketahui bahwa pengaturan mode Gelap hanya tersedia pada versi terbaru dari Mac OS (versi 10.14 dan di atasnya).


Untuk menyalakan dan mengatur warna lampu keyboard MacBook, Anda perlu masuk ke Pengaturan Sistem. Setelah itu, Anda dapat memilih warna dan kecerahan keyboard MacBook yang diinginkan. Jangan lupa, Anda juga dapat mengaktifkan mode Gelap untuk menyesuaikan warna keyboard MacBook dan mengurangi ketegangan mata Anda ketika bekerja di malam hari.



Dengan melakukan pengaturan ini, warna lampu keyboard MacBook Anda akan terlihat lebih menarik dan bisa membantu mengoptimalkan kinerja Anda. Happy working!



Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menyalakan Lampu Keyboard


Beberapa laptop pada umumnya memiliki lampu keyboard yang menambah keindahan tampilan laptop. Lampu keyboard ini biasanya dinyalakan secara otomatis ketika laptop dihidupkan, namun pada beberapa laptop terkadang lampu keyboard tidak menyala, sehingga dibutuhkan cara agar lampu keyboard bisa nyala. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.


Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menyalakan lampu keyboard laptop. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah "Keyboard Light". Aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui toko aplikasi seperti Microsoft Store atau melalui website resmi aplikasi tersebut. Cara penggunaan aplikasi "Keyboard Light" sangat mudah, hanya dengan mengklik icon aplikasi, lampu keyboard akan menyala secara otomatis.


Selain itu, ada juga aplikasi lain seperti "Aurora" yang bisa digunakan untuk mengatur warna dan kecerahan lampu keyboard. Cara penggunaannya hampir sama dengan aplikasi "Keyboard Light", hanya saja pada aplikasi "Aurora" dapat mengatur warna sesuai dengan keinginan pengguna. Aplikasi ini juga dapat didownload secara gratis melalui toko aplikasi atau melalui website resmi.


Selain aplikasi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak aplikasi pihak ketiga lainnya yang bisa digunakan untuk menyalakan lampu keyboard laptop, seperti "LGS" (Logitech Gaming Software) yang di khususkan untuk laptop gaming dari merek Logitech, maupun "Alienware Command Center" yang khusus digunakan pada laptop Alienware.


Namun perlu diperhatikan bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada risiko pada laptop kita, seperti terkena virus atau adware. Oleh karena itu, pastikan kita melakukan download dan install dari website resmi dan terpercaya. Pastikan pula untuk melakukan scan Anti-Virus setelah selesai melakukan download dan install aplikasi tersebut.


Setelah mengetahui cara menggunakan aplikasi pihak ketiga, kini kamu bisa menyalakan lampu keyboard laptop sesuai keinginanmu. Dua aplikasi pihak ketiga yang sudah dijelaskan di atas cukup terkenal dan digunakan oleh banyak pengguna laptop di seluruh dunia. Semua aplikasi menawarkan kemudahan dan kepraktisan bagi para penggunanya. Namun, perlu diingat bahwa kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebaiknya kamu pilih aplikasi pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhanmu.


Secara umum, cara menyalakan lampu keyboard laptop dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga menjadi salah satu opsi untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada laptop. Meski terdapat beberapa kelemahan seperti risiko terkena virus atau adware, namun cukup mudah dan praktis dilakukan by para pengguna laptop. Selain itu, dengan menyalakan lampu keyboard juga menjadikan tampilan laptop menjadi lebih menarik dan indah.


Jika terdapat kendala saat menggunakan aplikasi ini, sebaiknya kamu segera membawa laptopmu ke toko terdekat dan mengkonsultasikannya dengan teknisi yang berkompeten. Dengan begitu, masalah pada laptopmu akan segera diatasi dan kamu bisa menikmati kembali lampu keyboard pada laptopmu.


Tips Menghemat Daya Baterai saat Menggunakan Lampu Keyboard Laptop


Jika Anda sering bekerja di malam hari dengan keadaan minim cahaya, maka lampu keyboard laptop akan sangat membantu. Akan tetapi, penggunaan lampu keyboard akan sangat menguras daya baterai. Oleh karena itu, perlu diketahui beberapa tips untuk menghemat daya baterai saat menggunakan lampu keyboard laptop.


1. Mengurangi Kepekatan Cahaya


Sesuaikan kepekatan cahaya lampu keyboard pada level tertentu yang membuat Anda bisa melihat huruf pada keyboard dengan jelas. Semakin tinggi kepekatan cahaya, semakin banyak daya baterai yang digunakan.


2. Matikan fitur Backlight Secara Otomatis


Jika Anda tidak sedang menggunakannya, maka matikan lampu keyboard secara otomatis agar baterai bisa lebih hemat. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa mengatur waktu sleep pada pengaturan keyboard laptop Anda.


3. Menggunakan Lampu Keyboard yang Efisien


Pilihlah keyboard laptop yang memiliki fitur lampu yang efisien, yang tidak menguras daya baterai terlalu besar. Keyboard dengan tipe LED backlight membutuhkan daya baterai yang lebih rendah dan lebih tahan lama dibandingkan conventional backlight.


4. Mematikan Lampu Keyboard Secara Manual


Jika Anda tidak lagi membutuhkan lampu keyboard saat bekerja, maka sebaiknya matikan lampu secara manual. Hal ini akan sangat membantu dalam menghemat daya baterai Anda.


5. Ubah Kebiasaan Mengetik


Kebiasaan Anda dalam mengetik juga berpengaruh pada daya baterai laptop. Sebaiknya, Anda mengubah kebiasaan mengetik dengan mengandalkan cahaya di sekitar Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengaktifkan lampu keyboard dan secara tidak langsung dapat menghemat daya baterai.


6. Menggunakan Adaptor listrik


Untuk menghemat daya baterai, Anda bisa mencolokkan laptop ke adaptor listrik. Adaptor listrik akan membantu laptop Anda tidak kehabisan daya baterai ketika sedang menggunakannya.


7. Mengurangi kecerahan layar


Pengaturan kecerahan layar juga mempengaruhi daya baterai laptop. Semakin tinggi kecerahan layar, semakin banyak daya baterai yang digunakan laptop Anda. Sebaiknya, kurangi kecerahan layar untuk menghemat daya baterai.


Kesimpulannya, lampu keyboard laptop memang sangat membantu saat sedang bekerja dalam kondisi minim cahaya. Akan tetapi, penggunaan lampu keyboard akan sangat menguras daya baterai. Oleh karena itu, perlu diketahui tips menghemat daya baterai agar Anda tetap bisa menggunakan lampu keyboard tanpa khawatir daya baterai cepat habis.



Posting Komentar untuk "Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Tips Mudah Dan Praktis"