Laptop Asus Tidak Mau Menyala: Tips dan Solusi untuk Memperbaiki Masalah Ini

laptop asus tidak mau nyala


Kendarikomputer.com -  Laptop Asus tidak mau menyala dapat menyebabkan rasa frustasi dan bahkan dapat mengganggu produktivitas Anda. Salah satu masalah yang sering terjadi pada laptop Asus adalah mati total atau tidak maun nyala sama sekali, mungkin Anda telah mencoba menekan tombol power sekali atau bahkan beberapa kali, tetapi laptop Anda tetap tidak menyala. Jangan panik, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan solusi bagi Anda untuk memperbaiki masalah laptop Asus tidak mau menyala.

Masalah ini dapat terjadi pada laptop Asus pada beberapa situasi, meskipun penyebab pastinya tidak diketahui. Beberapa alasan mungkin termasuk kegagalan hardware, kerusakan sistem, atau masalah dengan adaptor daya. Selain itu, kesalahan pada skema daya yang mengatur distribusi daya ke komponen-komponen di laptop dapat menyebabkan masalah ini juga.

Bagaimana cara memperbaiki masalah ini? Berikut adalah beberapa tips dan solusi untuk memperbaiki masalah laptop Asus yang tidak mau menyala.


Periksa Adaptor atau Charger Laptop

periksa adaptor laptop asus


Pastikan adaptor Anda dalam kondisi yang baik, pertama Anda bisa cek dengan menggunakan multimeter digital dan ukur output daya adaptor sesuai dengan keterangan output yang biasanya ada pada body adaptor. Tegangan output adaptor laptop Asus umumnya adalah 19V. 

 

Periksa Kabel Adaptor Daya

Pastikan kabel adaptor Asus Anda kondisinya normal, tidak ada cacat atau lecet pada bagian kabel, beberapa kasus sering kami temui kabel adaptor dengan kondisi putus, biasanya disebabkan karena kabel terlipat, kesalahan saat pemakaian kabel ditarik, dan pernah juga kami temukan bekas gigitan tikus, tapi ini bisa dilihat kondisi fisiknya Hehhehe.

 

Periksa Keyboard Laptop

Saat ini kebanyakan laptop Asus di desain dengan posisi tombol power menjadi satu bagian dengan keyboard laptop, dan menurut kami ini adalah salah satu kelemahan pada desain keyboard yang include tombol power.

Keyboard merupakan sparepart laptop yang paling sering rusak, ntah karena tumpukan debu, ataupun eks ketumpahan cairan,  jadi jika keyboard rusak maka otomatis tombol power pun tidak bisa digunakan sehingga laptop kita tidak bisa hidup hanya karena keyboard rusak dan mempengaruhi fungsi dari tombol power.

Anda bisa mengecek kondisi keyboard laptop saat laptop tidak mau nyala walaupun sebelumnya Anda yakin keyboard dalam kondisi baik, karena untuk laptop Asus hamper 35% kami temui sering bermasalah pada bagian keyboard laptop.

Anda hanya perlu mengganti keyboard laptop dengan yang baru dan laptop sudah bisa digunakan dengan normal lagi.

 

Periksa Kondisi Baterai



Pastikan baterai laptop Asus berada dalam kondisi yang baik dan memiliki daya yang cukup. Pastikan untuk mengisi baterai penuh sebelum mencoba menyalakan kembali laptop Anda. Jika perlu kami sarankan Anda untuk membuka dan melepas baterai laptop tersebut dan test hidupkan dengan hanya menggunakan adaptor.

Jika laptop menyala dengan baik, maka kemungkinan besar masalah ada pada baterai atau baterai laptop Anda kondisinya kehabisan daya, silakan pasang ulang baterai laptop dan coba isi daya 3-4 Jam.

 
Akhir Kata

Masalah laptop tidak menyala mungkin menjadi masalah yang menjengkelkan, tetapi dengan beberapa tips dan solusi yang kami berikan di atas, kami berharap Anda dapat memperbaikinya. Pastikan untuk mengecek adaptor daya, mencoba cek keyboard laptop dan memeriksa kondisi baterai. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan ahli laptop jika Anda tidak yakin dengan cara memperbaiki masalah laptop Asus yang tidak mau menyala.

Artikel ini disediakan untuk tujuan informasi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan pada laptop atau perangkat apapun yang mungkin terjadi sebagai hasil dari mengikuti tips dan solusi yang telah kami berikan. Selalu berkonsultasi dengan ahli laptop jika Anda tidak yakin dengan cara memperbaiki masalah pada laptop Anda.

Posting Komentar untuk "Laptop Asus Tidak Mau Menyala: Tips dan Solusi untuk Memperbaiki Masalah Ini"