3 Cara Membuat Cv Di Word 2007! Gampang Banget!

Cara Membuat Cv Di Word 2007
Cara Membuat Cv Di Word 2007



Kendarikomputer - Curriculum Vitae, atau CV, adalah salah satu alat terbaik yang dimiliki oleh pencari kerja. Namun banyak orang yang beranggapan bahwa dibutuhkan banyak keterampilan kreatif untuk membuat CV yang terlihat bagus. Bahkan, kamu bisa menggunakan template dasar Microsoft untuk membuat CV di Word. Atau, jika kamu tidak ingin menggunakan template, kamu dapat mendownloadnya langsung dari internet lalu mengubahnya. Lantas bagaimana Cara Membuat Cv Di Word 2007? 

Nah, pada bagian ini, kita akan membahas tentang Cara Membuat Cv Di Word 2007. Mari simak artikel ini untuk mendapatkan semua detailnya!

Apa yang Harus Dimiliki CV?

Sebelum kamu mengetahui tentang Cara Membuat Cv Di Word 2007, kamu perlu mengetahui apa saja  data yang perlu dimiliki. Jika CV kamu tidak memiliki hal-hal berikut, HRD mungkin menganggapnya kurang penting. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya?

1. Biodata Pribadi

Bagian pertama dari CV yang harus ada adalah biodata umum orang tersebut. Pada bagian ini, kamu dapat memasukkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan media sosial kamu. kamu perlu memasukkan detail ini untuk memudahkan HRD perusahaan menghubungi kamu. 

 Tetapi ada beberapa detail pribadi yang tidak boleh kamu bagikan jika tidak ada yang bertanya, seperti usia, jenis kelamin, potret diri kamu saat ini, dan apakah kamu sudah menikah atau belum. Tujuannya agar HRD bisa mempertimbangkan saat melihat CV kamu.

2. Sejarah Pendidikan Dan Organisasi

Tulis saja sekolah terakhir kamu, seperti sekolah menengah atau perguruan tinggi, di bagian ini. Cantumkan nama sekolah, mata pelajaran, atau program studi kamu. Jika mau, kamu juga bisa menambahkan nilai akhir atau IPK sebagai nilai tambah. kamu dapat memasukkan pengalaman organisasi di CV kamu jika kamu terlibat dalam suatu kelompok saat kamu masih sekolah. Tuliskan pendapat kamu dan apa yang harus kamu katakan, oke?

3. Urutkan Riwayat Pekerjaan Kamu Dari Yang Terlama Hingga Yang Terbaru

Sertakan nama perusahaan kamu sebelumnya, peran kamu, berapa tahun kamu bekerja di sana, dan deskripsi pekerjaan kamu. Di sini, kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja melalui magang, kerja paruh waktu, atau lepas. Juga, pastikan untuk menyertakan rekap dari apa yang kamu lakukan dengan baik atau seberapa sibuk kamu di pekerjaan terakhir kamu. Contoh:
  • Manajer Gudang (2019–2020)
  • Lintas Jalan Menuju Sukses
  • rata-rata Jaga harian 15.000 barang masuk dan keluar;
  • Melacak semua transaksi dengan rata-rata 300.000 transaksi per bulan;
  • Periksa data seminggu sekali;
  • Gunakan rumus Excel lanjutan untuk menghubungkan data dari lembar yang berbeda.
  • Memberikan gambaran umum data kepada manajer operasional seminggu sekali dalam bentuk diagram dan bagan.
  • Menganalisis data dan memberikan saran kebijakan berdasarkan data tersebut pada rapat operasional mingguan.

4. Keterampilan atau Prestasi

Selanjutnya, tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Cantumkan keterampilan atau prestasi yang kamu miliki yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan. Jangan taruh bintang di sebelahnya untuk menunjukkan betapa bagusnya itu, oke? 

 Jika kamu memberikan cara yang jelas untuk mengukur keterampilan, kamu juga memiliki bukti bahwa itu berhasil. Misalnya, sertifikat sekolah atau portofolio sebagai lampiran.

Cara Membuat Resume di Microsoft Word

Sebenarnya Cara Membuat Cv Di Word 2007 sangat lah mudah. kamu dapat menggunakan contoh CV yang sudah tersedia atau kamu dapat mengunduhnya dari situs web yang berbeda dan kemudian mengubahnya. Berikut langkah-langkah membuat CV di Word baik menggunakan desain maupun tidak.

1. Cara menggunakan desain untuk membuat CV di Word

Sejauh yang saya tahu, Microsoft memiliki file CV Word di sistemnya yang dapat kamu gunakan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini jika ingin mencoba membuat CV dengan formulir ini.
  • Memulai dokumen Microsoft Word baru.
  • Klik Installed Template jika kamu menggunakan Word 2007. kamu dapat mengklik opsi Sample Template di Word 2010. Klik New From Template jika kamu menggunakan Word 2011. Di sisi lain, kamu dapat langsung menemukan contoh CV di Word 2013.
  • Jika ya, buka Resume and Cover Letter dan cari formulir CV yang ingin kamu gunakan.
  • Klik "Buat". Desain Kata CV yang kamu pilih akan muncul sebagai dokumen baru saat kamu mengeklik "Buat". Nah, yang harus kamu lakukan hanyalah mengedit dengan memasukkan info kamu.
 

2. Cara Membuat Cv Di Word 2007 dengan mendapatkan template dari internet

Jika template CV di Microsoft Word kurang bagus, kamu dapat mengunduh yang baru dari situs web Microsoft atau dari situs lain yang menawarkan templat CV untuk Word. Berikut adalah contoh cara menggunakan situs Microsoft untuk mengunduh template CV:
  • Pastikan laptop atau komputer desktop kamu terhubung ke internet.
  • Klik menu "File" dan pilih "New" dari daftar drop-down.
  • Ada kolom bernama "Cari template online". Letakkan CV atau resume kamu di bagian itu. kamu juga dapat membuka halaman di www.templates.office.com.
  • Setelah itu, tekan Enter.
  • Microsoft Word akan menampilkan daftar template gratis yang dapat kamu unduh.
  • Pilih salah satu yang kamu suka, klik "Buat", lalu tunggu hingga pengunduhan selesai.
  • Jika demikian, kamu dapat menggunakan template dan mengubah kata-kata agar sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Cara Membuat Cv Di Word 2007 tanpa menggunakan desain di Word

kamu tidak ingin menggunakan contoh CV yang disertakan dengan Word? Desain CV Word kamu sendiri memberi kamu banyak ruang untuk kreativitas. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diambil jika kamu ingin mencobanya.
  • Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  • Masuk ke tab Tata Letak dan klik batas untuk mengatur batas. Ukuran terbaik untuk margin bawah adalah "1", dan ukuran terbaik untuk margin samping adalah "0,63". Setelah selesai, klik OK.
  • Atur bagian untuk header CV. Bagian ini umumnya memiliki nama pengguna, pekerjaan saat ini, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan ukuran huruf antara 14 dan 16 poin. Selain itu, pilih gaya formal yang mudah dibaca.
  • Setelah kamu selesai dengan judul, gunakan dua spasi untuk membuat ringkasan diri kamu untuk CV kamu. Buat "Ringkasan" sedikit lebih besar dan lebih tebal. Tulis beberapa baris tentang ringkasan CV di bawah judul.
  • Masukkan informasi pribadi kamu sesuai urutan sekolah, riwayat pekerjaan, dan keterampilan kamu.
  • Letakkan tabel di setiap bagian untuk melacak ke mana informasi pribadi disimpan. kamu dapat melakukan hal-hal seperti membuat garis putus-putus di atas meja.
  • Isi semua informasi pribadi kamu dengan jelas, lalu klik Simpan.
Demikian artikel tentang Cara Membuat Cv Di Word 2007. Semoga bermanfaat bagi kamu yang masih kebingungan untuk membuat CV di Ms. Word 2007. Sekian dari saya dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "3 Cara Membuat Cv Di Word 2007! Gampang Banget!"