Cara Download Aplikasi Mendeley Di Laptop 2023

Kendarikomputer.com - Cara Download Aplikasi Mendeley Di Laptop - Bagi Anda yang ingin menggunakan Mendeley sebagai software presentasi namun belum mengetahui cara instalasinya, artikel ini akan membantu Anda dalam menginstal Mendeley dengan mudah. 

Mendeley sangat populer di kalangan banyak penulis karena salah satu kelebihannya adalah Anda dapat menggunakannya secara gratis alias gratis.

Cara Download Aplikasi Mendeley Di Laptop Bagi Pemula!

Mendeley memiliki dua jenis platform, web dan desktop. Mendeley mengharuskan pengguna untuk melakukan registrasi atau registrasi sebelum menggunakan aplikasi ini.

 Kelebihan akun di Mendeley adalah informasi atau dokumen yang kita masukkan ke Mendeley akan tersimpan di cloud dan bisa kita akses menggunakan komputer, laptop, atau aplikasi mobile.

Tutorial Penggunaan Aplikasi Mendeley

Untuk mendownload Mendeley Office, silakan kunjungi situs resmi Mendeley. Mendeley menawarkan tiga sistem operasi PC yang kompatibel dengan software ini, yaitu Windows 7, 8.1, 10 (versi 1803), MacOS, dan Linux.

 Biasanya website Mendeley dapat secara otomatis mendeteksi jenis sistem operasi pada komputer Anda dan merekomendasikan untuk mendownload software tersebut. 

Sekarang instal perangkat lunak yang Anda unduh (sekitar 56MB). Tunggu 1 hingga 5 menit hingga Mendeley menyelesaikan proses instalasi. Karena Mendeley gratis, Anda tidak perlu memasukkan kunci.

2. Login ke Mendeley Desktop: Langkah pertama sebelum dapat menggunakan Mendeley Desktop adalah login atau masukkan email dan password untuk membuat akun Mendeley.

Jika Anda belum memiliki akun Mendeley, Anda harus mendaftar atau sign up terlebih dahulu. Untuk melakukannya, klik tombol Daftar di pojok kiri bawah. 

Anda kemudian akan diminta untuk mendaftar melalui website Mendeley. Masukkan email yang Anda daftarkan sebagai akun Mendeley dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menginstal Mendeley Untuk Desktop

Setelah menyelesaikan registrasi, Anda akan memiliki akun Mendeley di web dan akun ini akan ditautkan ke akun yang kita miliki di desktop Mendeley. Setelah Anda memiliki akun Mendeley, Anda dapat login dengan memasukkan email dan kata sandi yang Anda buat saat pendaftaran.

3. Impor file ke Mendeley Jika Anda mengakses desktop Mendeley, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengimpor file makalah, buku, atau sumber lain yang akan Anda gunakan sebagai referensi. 

Mendeley untuk desktop versi pertama menjelaskan cara mengimpor file, Anda hanya perlu memilih tombol Impor File sebagai Perpustakaan dan pilih definisi yang ingin Anda gunakan. Selain teks, Anda juga dapat mengimpor pustaka saja dari Endnote, XML, BibTex, RIS, dll.

4. Integrasi Mendeley dengan Microsoft Word Keunggulan utama Mendeley adalah dapat mengetik dengan cepat, tanpa mengacu pada kertas, teks, atau teks yang diketik. Program yang biasa kita gunakan untuk mengedit teks adalah Ms. 

Word dan Mendeley menawarkan plug-in untuk mengimpor ke MS. kata-kata. Namun plugin tersebut tidak terinstall secara otomatis, kita harus menginstalnya secara manual. Prosesnya sangat sederhana, cukup ikuti petunjuk yang muncul saat pertama kali login Mendeley dan pilih >> Instal sekarang.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley Di Word

Penekanan tombol "Sisipkan Kutipan" hilang: Saat menginstal plug-in Mendeley Word, menu Mendeley muncul dengan benar di Ms. Word. Tapi ketika Ny. Kata mulai diputar, dan tombol Sisipkan menghilang. Jika Anda mengalami hal ini, cobalah hal berikut:

Namun cara ini mempunyai resiko yang sangat tinggi. Sebab jika file MsWord mengandung script makro yang berbahaya, bisa saja berdampak pada komputer Anda. Anda mungkin dapat memeriksa file tersebut terlebih dahulu dengan program antivirus.

Saat melakukan instalasi Mendeley untuk desktop, ternyata Mendeley tidak dapat dijalankan. Kemudian muncul pesan error “Program tidak dapat dijalankan karena api-ms-win-crt-stdio-l1-1.0.dll hilang dari komputer Anda”. Dalam hal ini, Anda perlu mengunduh Distribusi Microsoft Visual C++ untuk Visual Studio sebagai berikut:

Hal ini biasanya terjadi ketika menggunakan plug-in EndNote dan Mendeley untuk Ms. Install word. Jika Anda mengalami kendala/hang saat menggunakan kedua plugin tersebut, coba nonaktifkan EndNote.

Setelah memahami cara download aplikasi mendeley di laptop 2023, Anda dapat menghubungkan Mendeley ke Word menggunakan plug-in Ms Word. Terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Download Aplikasi Mendeley Di Laptop 2023"