Cara Membatalkan Restart Laptop Dengan Cepat!

Kendarikomputer.com - Cara Membatalkan Restart Laptop - Beberapa orang mungkin pernah mengalami error saat menggunakan laptop, seperti tidak sengaja restart atau matikan laptop.

Walaupun hal ini tidak diinginkan, bisa jadi karena pekerjaan di laptop belum selesai, karena proses restart laptop yang terlalu lama, atau alasan lainnya.

Cara Membatalkan Restart Laptop Tahun 2023

Apa yang harus kita lakukan dalam situasi seperti ini? Nah, pilihan terbaik tentunya adalah menghentikan atau membatalkan restart/shutdown laptop yang sedang berjalan.

Tujuannya tentu saja agar laptop bisa aktif kembali seperti sedia kala, dan bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan, tanpa harus menunggu reboot lama.

Oh iya, proses restart/shutdown laptop Windows yang memakan waktu lama adalah jika prosesnya disertai dengan update. Seperti memulai ulang dan memperbarui atau memperbarui dan menghentikan.

Cara Membatalkan Restart Laptop

Jika proses reboot memakan waktu lama padahal Anda menggunakan laptop, Anda bisa menghentikannya dengan cara seperti di bawah ini. Cara ini tidak akan mengakibatkan file hilang sehingga aman digunakan. Berikut cara membatalkan restart laptop dengan aman, yaitu:

1. Cara Membatalkan Restart Laptop Menggunakan Keyboard

Pintasan membantu mempermudah pekerjaan dengan menekan tombol pada keyboard secara bersamaan. Tombol yang ada akan berfungsi jika ditekan dengan tombol lainnya. Jika hanya ada satu maka tidak akan berhasil. Di antara shortcut yang dapat membatalkan restart adalah:

  • Tekan tombol Ctrl + Alt + Del
  • Setelah itu pilih Task Manager dan klik End task

2. Cara Membatalkan Restart Daya Laptop

Cara kedua ini bisa dilakukan dengan menekan tombol power pada laptop. Cukup tekan tombol tersebut hingga laptop mati lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol yang sama. Cara ini sangat mudah karena Anda hanya menekan satu tombol saja.

Power reboot hanya dapat dibatalkan pada laptop Lenovo, Acer, Asus atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Setiap laptop memiliki letak icon power yang berbeda-beda, sehingga Anda harus mencari icon power untuk mematikan reboot.

3. Cara Membatalkan Restart Laptop Menggunakan Shortcut Windows

Sama seperti menggunakan tombol power, cara ini juga bisa dilakukan di laptop Windows. Anda dapat menggunakan pintasan keyboard dengan bantuan tombol Windows. Cara ini juga sangat mudah digunakan.

Anda dapat menggunakan pintasan terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + X + Delete secara bersamaan dan menahannya selama sepuluh detik. Jika shortcut masih tidak berfungsi, Anda juga dapat menggunakan Windows + X + Power dan tahan selama 10 detik.

Penyebab Restart Yang Sangat Lama

Proses reboot bertujuan untuk meningkatkan performa laptop dalam penggunaan sehingga pengguna merasa lebih nyaman. Namun jika proses restart terlalu lama justru akan memperlama waktu kinerja. Alasan kenapa restart laptop lama, antara lain:

1. Sistem Yang Jarang Diupdate

Sistem operasi yang jarang diupdate akan memperlambat kinerja laptop sehingga berdampak pada proses reboot. Memperbarui sistem merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Jika tidak diupdate maka sistem akan rusak.

Dengan memperbarui sistem, maka file-file yang ada di laptop Anda tidak akan hilang, karena akan otomatis tertransfer ke sistem yang baru. Bahkan, hal ini akan meningkatkan fungsionalitas dan kinerja Windows serta akan ada tambahan fitur baru.

2. Tab Browser Penuh

Alasan lain mengapa proses restart memakan waktu lama adalah karena terlalu banyak tab browser yang terbuka. Hal ini terjadi karena kinerja laptop berat sehingga tidak bisa berjalan maksimal. Jadi biasakan menutup tab yang tidak terpakai untuk meningkatkan kerja prosesor.

Jadi, ketika Anda melakukan restart, ada baiknya Anda menutup tab browser terlebih dahulu. Hal ini akan mempercepat kinerja laptop dalam memproses dan memuat ulang sistem sehingga proses reboot cepat selesai.

3. Banyak Aplikasi

Aplikasi yang berlebihan akan mempengaruhi kinerja laptop anda dan berdampak pada lamanya proses reboot. Tak hanya itu, hal ini akan mengurangi kapasitas RAM sehingga berdampak pada menurunnya performa laptop.

RAM yang kecil juga bisa berdampak seperti diperlukannya tambahan kapasitas RAM atau Anda bisa membeli laptop baru dengan kapasitas yang lebih baik. Jika RAM tidak dapat bekerja dengan baik, maka aplikasi lain juga tidak akan bekerja maksimal di laptop Anda.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara membatalkan restart laptop dengan cepat! Semoga artikel tersebut dapat mempermudah pekerjaanmu!

Posting Komentar untuk " Cara Membatalkan Restart Laptop Dengan Cepat!"