Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Acer Secara Mudah!

Kendarikomputer.com - Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Acer  - Masalah touchpad laptop Acer tidak berfungsi merupakan masalah umum yang dialami pengguna laptop Acer. Untuk itu kami akan memberikan cara mengaktifkan touchpad laptop Acer yang tidak berfungsi atau tidak berfungsi.

Saat ini, touchpad telah menjadi alat praktis untuk navigasi di laptop. Mengapa bisnis saya? Karena sudah terpasang langsung di laptop tanpa memerlukan alat seperti mouse.

Pada setiap jenis laptop terkadang memiliki fungsi yang berbeda-beda karena mungkin terdapat banyak fitur tambahan seperti sidik jari atau lainnya.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Acer Pada Tahun 2023

Sebelumnya saya sudah membahas cara mengaktifkan touchpad di laptop Asus. Mungkin caranya hampir sama. Namun, merek yang berbeda biasanya memiliki gaya yang berbeda pula. Untuk itu kami menyediakan cara mengaktifkan touchpad laptop Acer yang mati atau tidak berfungsi.

Jika touchpad bermasalah atau tiba-tiba nonaktif sendiri, bagaimana cara mengaktifkan kembali touchpad di laptop Acer? Tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengaktifkannya kembali. Di bawah ini saya akan membagikan beberapa cara tersebut.

1. Aktifkan Touchpad Yang Dinonaktifkan

Beberapa laptop biasanya dilengkapi dengan tombol khusus di keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Jadi Anda mungkin tidak sengaja menekan tombol tersebut sehingga menyebabkan touchpad tidak berfungsi. 

Untuk mengatasinya, cari tombol di keyboard Anda yang memiliki ikon touchpad. Tombol ini biasanya berada di antara tombol F1 – F12. Jika berhasil menemukannya, cukup tekan kombinasi tombol Fn+ untuk mengaktifkan kursor yang dibekukan, misalnya Fn+F6 atau Fn+F9.

Alternatifnya, Anda dapat mengaktifkan touchpad dari pengaturan mouse menggunakan mouse eksternal. Untuk Windows 7 atau 8, dari menu Start, lalu ketik Mouse. 

Setelah jendela Mouse Settings terbuka, pilih opsi Enable Touchpad, klik Apply, lalu OK. Saat menggunakan Windows 10, klik tombol Windows, lalu buka Pengaturan dan klik Perangkat.

Selanjutnya, pilih Mouse & Touchpad untuk masuk ke jendela pengaturan Touchpad. Lihat opsi di bawah dan klik Opsi Mouse Tambahan untuk mengaktifkan touchpad.

2. Hapus Perangkat Lunak Mouse

Banyak pengguna laptop menginstal perangkat lunak mouse bawaan untuk tujuan tertentu. Sayangnya, software ini bisa membuat touchpad tidak berfungsi dengan baik. Jadi, hapus software mouse, lalu restart laptop Anda.

Cara menghapus program mouse di windows 7 dan 8 adalah dengan menekan logo Windows di keyboard + R secara bersamaan, lalu ketik “dvmgmt.msc” dan OK. Temukan bagian Tikus dan alat penunjuk lainnya, lalu klik perangkat lunak yang diinstal. 

Klik kanan pada program, lalu Uninstall. Nanti akan muncul jendela dialog, hapus driver perangkat tersebut, lalu klik OK. Sedangkan untuk Windows 10, Anda bisa membuka Control Panel, lalu pilih program yang ingin Anda hapus. Klik kanan dan pilih Copot pemasangan.

3. Perbarui Atau Instal Driver

Jika Anda menginstal ulang laptop, semua driver yang ada di laptop pasti akan hilang. Oleh karena itu, kemungkinan besar hal ini akan menyebabkan touchpad tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kunjungi situs web produsen laptop Anda untuk mencari dan menginstal driver touchpad yang sesuai.

Pabrikan besar biasanya menyediakan download driver gratis untuk mengurangi risiko kesalahan. Jika belum, Anda bisa pergi ke service center resmi untuk mengupdate driver touchpad.

4. Perbaikan Laptop

Jika semua cara di atas tidak dapat membuat touchpad berfungsi, maka ada yang salah dengan laptop Anda. Jika laptop Anda masih baru, ada baiknya segera bawa ke service center resmi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. 

Nantinya, teknisi akan membantu Anda menemukan penyebab pasti masalahnya dan menentukan apakah perangkat dapat diperbaiki atau diganti.

Wah, ternyata caranya cukup mudah bukan? Beberapa cara mengaktifkan touchpad laptop Acer  di atas bisa langsung Anda coba untuk mengembalikan fungsi touchpad seperti semula. Jika kurang paham, silakan bertanya pada kolom komentar di bawah. Terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Acer Secara Mudah!"