Cara Mengatasi Laptop Restart Lama Secara Cepat!

Kendarikomputer.com - Cara Mengatasi Laptop Restart Lama - Seperti halnya komputer pribadi, laptop terkadang lambat dalam memuat saat dihidupkan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. 

Cara paling mudah tentunya adalah dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del secara bersamaan menuju tombol Task Manager lalu pilih opsi End task sebagai solusinya. Jika cara ini masih tidak berhasil, kami akan segera menutup semua program dengan menekan tombol power.

Cara Mengatasi Laptop Restart Lama Bagimu Yang Ingin Mencoba!

Namun jika hal ini sering dilakukan maka akan menyebabkan kerusakan pada harddisk yang secara tidak langsung sama dengan mematikan paksa komputer atau laptop yang anda gunakan.

Mengapa me-restart laptop lama? Ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi laptop Anda terlalu lama restart.

1. Perhatikan Harddisknya

Cara mengatasi laptop terlalu lama restart yang pertama adalah dengan memperhatikan harddisk perangkat Anda. Anda dapat memeriksa apakah Anda kehabisan ruang kosong di laptop Anda atau tidak.

Jika Anda mulai kehabisan ruang kosong di perangkat seluler Anda, pastinya akan berdampak pada kinerja laptop Anda, seperti lamanya memuat aplikasi dan proses reboot yang sangat lama.

Jika laptop Anda kehabisan ruang penyimpanan, Anda dapat menghapus beberapa file atau aplikasi yang menurut Anda tidak terlalu penting untuk mengosongkan lebih banyak ruang pada ruang penyimpanan laptop Anda.

Anda bisa menghapus file sampah yang menumpuk di penyimpanan laptop Anda baik secara manual maupun menggunakan aplikasi pembersih seperti Ccleaner atau aplikasi pembersih lainnya.

2. Perhatikan RAMnya

Cara mengatasi reboot pada laptop lama yang kedua adalah dengan memperhatikan mana yang ada pada laptop anda. Pasalnya, jika kapasitas RAM atau ruang kosong pada laptop anda rendah maka akan mempengaruhi kinerja laptop anda.

Hal ini bisa Anda rasakan saat membuka aplikasi atau melakukan restart pada laptop yang akan terasa lambat dan tidak stabil. Anda dapat menghentikan aplikasi atau program yang berjalan di latar belakang laptop Anda.

Anda bisa masuk ke halaman pengelola laptop anda dan mematikan aplikasi-aplikasi di laptop anda yang pastinya tidak penting dan sedang tidak anda gunakan.

3. Lihat Menggunakan Putar Otomatis

Anda perlu mengetahui aplikasi atau program apa saja yang berjalan secara otomatis di belakang layar. Proses ini biasanya menghambat proses reboot karena banyaknya aplikasi yang berjalan sehingga Anda harus berhenti atau bahkan memulainya.

Anda dapat menghentikan autorun, atau aplikasi yang berjalan otomatis di latar belakang yang tidak penting atau diperlukan sama sekali.

Anda dapat menggunakan fitur MSCONFIG, memilih untuk mengklik autorun, dan menghentikan menjalankan aplikasi atau program yang tidak penting.

4. Pemindaian Dan Pengecekan Virus

Laptop lambat bisa terjadi karena alasan apa pun. Salah satunya karena ada virus di laptop kamu. Beberapa penyebab hadirnya virus dapat disebabkan oleh :

  • Secara tidak sengaja mengunduh file yang mengandung virus dari Internet.
  • Kunjungi situs web yang tampaknya menyediakan virus.
  • Memasukkan flashdisk yang berisi virus ke dalam laptop.
  • Download aplikasi yang ternyata banyak mengandung virus.

Jika ternyata performa laptop Anda mengalami penurunan, ada baiknya segera scan dengan software antivirus. Gunakan software antivirus yang terpercaya dan terbukti aman. Faktanya, ada beberapa program antivirus yang mentransfer virus ke laptop. Jadi pastikan dulu software antivirus yang Anda pilih aman.

Menginstall software antivirus secara umum sangat berguna dalam memberikan notifikasi kepada pengguna ketika ada data atau aplikasi yang dianggap berbahaya. 

Pemindaian menyeluruh dengan antivirus akan membantu Anda menemukan sumber laptop lambat Anda. Ketika virus ditemukan dan dihilangkan, laptop Anda dapat bekerja dengan normal.

Nah itulah cara mengatasi laptop restart lama secara cepat! dan yang bisa Anda coba di perangkat mobile Anda untuk mengatasi reboot yang lama. Cukup sekian dan terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Restart Lama Secara Cepat!"