Cara Mengganti Keyboard Laptop Dengan Tepat

Kendarikomputer.com - Cara Mengganti Keyboard Laptop  - Jika Anda memperhatikan berbagai permasalahan terkait kerusakan laptop Asus yang dibawa ke service center kami, selain harddisk dan engsel, kerusakan keyboard laptop merupakan salah satu jenis kerusakan yang paling umum dibandingkan permasalahan lainnya. 

Alasan utama mengapa ketiga benda tersebut mudah rusak, bahkan ada yang tidak berfungsi atau bahkan berfungsi sendiri, adalah karena masih menggunakan cara kerja mekanis (ada bagian yang bergerak). 

Dibandingkan bagian lain seperti CPU, RAM, chipset, dan IC, sebenarnya menggunakan teknologi digital. Ibarat sepeda motor, sebaik apa pun kita merawatnya, pasti rantai, gir, dan bannya ikut rusak. Karena bagian ini paling banyak bergerak (bersifat mekanis).

Cara Mengganti Keyboard Llaptop Meski Baru Pertama Kali Mencoba!

Namun selain faktor usia, kontak dengan air, kotoran, debu dan penggunaan keyboard untuk gaming menjadi penyebab utama kerusakan keyboard.

Mengganti keyboard laptop memerlukan keahlian membongkar laptop, dan salah melakukan pembongkaran dapat membahayakan komponen lainnya. Namun bagi Anda yang memiliki laptop lama namun tidak terlalu tua, membongkar laptop cukup mudah dilakukan bahkan oleh orang awam sekalipun.

Berikut ini tutorial cara mengganti keyboard laptop sekaligus membongkarnya, baik itu untuk keperluan pembersihan, bisa juga karena prinsip bongkarnya sama.

Langkah-Langkah Yang Perlu Anda Persiapkan Adalah:

Siapkan obeng, baik obeng overdrive maupun obeng mini, namun berukuran kecil. Karena terkadang obeng yang kelebihan beban tidak runcing sehingga menyebabkan obeng tidak bisa berputar, maka saya sarankan juga menggunakan obeng kecil yang mata obengnya sangat kecil dan runcing.

Lepas sekrup pada laptop menggunakan obeng, sekrup penutup bawah, sekrup untuk laptop Lenovo G40 series ada dua, setelah dilepas buka penutup bawah dengan cara digeser ke bawah/digeser keluar.

Melepas baterai laptop, sebenarnya tidak melepas baterai tidak menjadi masalah, namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya juga melepas baterai laptop.

Langkah selanjutnya adalah melepas sekrup penghubung keyboard, biasanya pada bagian samping sekrup terdapat tanda yang berlogo keyboard. Biasanya juga terintegrasi dengan komponen motherboard, jadi jika obeng tambahan tidak dapat mengoperasikan kaitnya, gunakan obeng kecil yang tajam agar mudah diangkat tanpa memberikan tekanan berlebihan.

Balikkan laptop ke keadaan normal, lalu anda bisa melepas keyboardnya, atau anda bisa menggunakan obeng kecil, atau jika ragu anda bisa menggunakan rangka kartu starter yang sudah tidak terpakai. Atau bisa juga dari bahan plastik yang keras dan lentur, sejenis kartu. Tujuannya agar bisa mengangkat keyboard tanpa melukai bagian laptop mana pun.

Keyboard dicabut dari laptop, cukup cabut kabel flex keyboard. Cara melepas kunci kabel adalah dengan mengangkat kunci menggunakan tangan. Tidak perlu bersusah payah karena mudah dilepas hanya dengan mengangkatnya perlahan ke depan, baru kemudian kabel fleksibel dan keyboard dapat dilepas.

Keyboard sudah dilepas, anda bisa membersihkannya, karena biasanya bagian bawah keyboard laptop banyak terdapat debu. Gunakan blower kamera, atau penyedot debu dengan mode terbalik agar debu langsung berjatuhan.

Pasang keyboard baru, pasang terlebih dahulu kabel fleksibelnya, kemudian kencangkan pada konektornya, dan setelah dipasang, segera kunci konektornya. Setelah dipasang dan dikunci, Anda dapat langsung meletakkan keyboard di tempatnya, dan menekan keyboard hingga terdengar bunyi klik pada tempatnya. Tekan dengan kuat hingga tidak ada bagian keyboard yang tertinggal di luar.

Pengujian keyboard: Hal ini dilakukan agar kita mengetahui apakah keyboard berfungsi normal atau tidak, sebelum memasang kembali sekrupnya. Pasang baterai laptop, hidupkan laptop, dan periksa semua fungsi keyboard. Jika perlu, ikuti tes secara online dengan mengunjungi situs web Keyboard Test. Jika tidak ada masalah dan semuanya normal, matikan laptop.

Pasang sekrup keyboard, dengan cara membalikkan laptop. Putar hingga terasa halus, namun jangan terlalu kencang. Untuk menghindari kesulitan melepas kait jika suatu saat perlu dibongkar lagi.

Pasang penutup bawah, lalu pasang kembali sekrupnya. Lakukan hingga terasa halus, namun jangan terlalu banyak karena nantinya akan menyulitkan jika melepas penutup untuk pembersihan rutin.

Demikianlah langkah-langkah cara mengganti keyboard laptop dengan tepat, semoga dapat dipraktikkan dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Keyboard Laptop Dengan Tepat"