Cara Upgrade Prosesor Di Laptop Bagi Pemula?




Kendarikomputer.com - Cara upgrade prosesor di laptop bisa dilakukan dengan gampang. Hal ini penting agar kegiatan dapat berjalan dengan baik. Mungkin bagi pengguna PC, prosesornya bisa diubah dengan cukup cepat dan mudah.

Namun bagi pengguna laptop tentu bertanya-tanya bagaimana caranya? Jika Anda ingin mengupgrade prosesor. Jadi ini bisa membuat Anda bingung. Jika Anda membuka laptop sembarangan tanpa mengetahui komponennya, maka laptop Anda akan semakin rusak.

Cara Upgrade Prosesor Di Laptop Tahun 2023

Nah bagi anda yang ingin menggunakannya namun masih bingung untuk mengganti processor laptop anda. Jadi anda bisa mengikuti cara yang akan kami berikan untuk anda. Dengan berbagai cara ini prosesor laptop Anda dapat diganti dengan mudah.

1. Periksa Terlebih Dahulu Jenis Soket Prosesor laptop Anda

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan upgrade, pastikan terlebih dahulu proses socket pada laptop anda menggunakan socket yang dapat dilepas, misalnya dengan socket PGA

Untuk tipe processor Intel, Anda bisa mengecek (mencari) tipe socket laptop Anda di https://ark.intel.com/id/. Pastikan jenis soket prosesor laptop Anda saat ini menggunakan soket PGA. Contoh processor resmi (sebelum upgrade) Acer Aspire 4741Z adalah Intel Pentium P6000 dengan soket PGA988 (Socket G1/rPGA988A). Jadi bisa diupgrade karena memungkinkan pasang yang bisa dilepas.

2. Siapkan Prosesor Pengganti Dengan Soket Yang Sesuai

Untuk keperluan upgrade pastikan untuk menyediakan prosesor pengganti yang sesuai dengan jenis soket prosesor laptop Anda sebelumnya (jangan salah). 

Misalnya saja Acer Aspire 4741Z dengan prosesor Intel Pentium P6000 bisa diupgrade ke Intel Core i3-390M karena sama-sama menggunakan Socket G1/rPGA988A (lihat daftar soket yang sama di sini).

Sedangkan untuk mencari terapis pengganti, cari saja di situs jual beli online. Namun ingat untuk processor laptop, Anda tidak akan menemukan processor baru (yang tersegel) karena processor laptop umumnya tidak diperdagangkan. Jadi solusinya cari saja processor yang chip (bekas tapi masih bagus) yang dijual orang.

3. Perbarui BIOS Laptop Ke Versi Baru (Opsional)

Untuk meningkatkan kapasitas sistem laptop dalam menangani jenis hardware terkini, terkadang diperlukan juga update BIOS laptop (Baca: Cara update versi BIOS). 

Jadi, ada baiknya sebelum melakukan upgrade prosesor, dan perlu dilakukan update BIOS pada laptop terlebih dahulu sebagai persiapan agar laptop dapat menangani prosesor baru tersebut dengan maksimal nantinya.

Namun sekali lagi, ini opsional (mungkin diperlukan atau tidak). Tentu saja pembaruan versi BIOS dapat dilakukan kapan saja, baik sebelum atau sesudah upgrade prosesor. 

Poin ini tergantung kebutuhan laptop. Misalnya setelah melakukan upgrade processor dan ternyata sistem masih mampu menangani hardware dengan baik, berarti pada mode ini tidak perlu melakukan update BIOS ke versi baru.

Cara Upgrade Prosesor Laptop

Sekarang masuk ke cara upgrade processor laptop, cara ini bisa anda gunakan jika socket yang digunakan bertipe PAG. Upgrade prosesor bisa dilakukan dengan mudah, silakan saja. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti beberapa langkah yang akan kami berikan kepada Anda.

Temukan Prosesor Alternatif Yang Cocok

Langkah pertama tentu saja mencari prosesor pengganti yang sesuai dengan soketnya. Karena jika tidak cocok maka wizard tidak dapat diinstal. Selain PAG socket, jenis dan tipe processor juga harus didukung oleh jenis laptop.

Bagi Anda yang bingung membeli processor, kami sarankan untuk menggunakan toko komputer online dan offline yang terpercaya.

Gunakan Pembaruan Bios

Untuk memahami prosesor, Anda perlu memperbarui BIOS. Hal ini dapat membantu prosesor untuk bekerja tanpa masalah. Dengan langkah ini bisa lebih ideal, apalagi jika Anda menerima error seperti laptop blank.

Pertama Bersihkan Soketnya

Cara mengupgrade prosesor laptop Anda penting bagi Anda. Sebelum Anda menggantinya, Anda perlu membersihkan soket laptop Anda terlebih dahulu. Hal ini penting bagi Anda yang jarang membongkar laptop karena pasti banyak debu di dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkan kipas laptop agar menghantarkan panas lebih baik. Sehingga laptop tidak mudah panas dan prosesor tidak mudah rusak.

Gunakan Juga Pasta Termal

Cara upgrade prosesor laptop ini sayang untuk dilewatkan. Thermal paste sangat penting untuk digunakan pada prosesor laptop. Ini memaksimalkan siklus panas prosesor dan kipas.

Jadi Anda bisa menerapkan cara upgrade prosesor laptop, dan juga memperhatikan jenis soket apa yang dimiliki laptop Anda, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Upgrade Prosesor Di Laptop Bagi Pemula?"