Analisa dan Perbaikan Laptop Berhenti pada Logo

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang masalah yang umum terjadi pada laptop yaitu laptop berhenti dilogo windows ataupun logo merk.


Laptop Lenovo Hang Logo

Ini adalah masalah yang umum dijumpai saat menggunakan laptop. Bagi mereka yang masih awam mungkin akan kebingungan dengan hal ini, sehingga saya akan memberikan solusi analisis dan pemecahan masalahnya agar Anda dapat menganalisanya sendiri sebelum membawa unit Anda ke tempat perbaikan laptop.


Berikut adalah langkah-langkah pemecahan masalah:

  1. Lepaskan sumber daya yang sedang digunakan (baterai/adaptor). Nyalakan laptop dengan menggunakan salah satu sumber daya, baik itu baterai atau adaptor saja. Namun, yang paling penting adalah mencoba melepaskan baterai dan nyalakan menggunakan adaptor saja. Baterai bisa menjadi penyebab laptop tidak dapat masuk ke Windows, mungkin karena baterai mengalami kerusakan pada bagian PCB baterai atau jalur blok pengisian daya pada mesin. Cobalah untuk melepaskannya dan periksa hasilnya.
  2. Lepaskan keyboard laptop Anda. Hal ini juga sering menjadi penyebab laptop berhenti pada logo. Cara melepas keyboard pada setiap laptop berbeda-beda, jadi pastikan melakukannya dengan benar. Anda dapat mencoba melihat di YouTube tentang cara melepas keyboard sesuai tipe laptop Anda. Keyboard menjadi salah satu penyebab laptop tidak dapat masuk ke Windows karena bisa jadi keyboard atau jalur keyboard di mainboard laptop mengalami korsleting.
  3. Lepaskan DVD/WiFi Card/atau perangkat keras lainnya yang terhubung ke mesin utama. Nyalakan laptop tanpa beban dari perangkat yang terhubung ke mesin utama. Tidak jarang kami menemukan kasus ini disebabkan oleh adanya korsleting dari hardware yang terhubung (WiFi Card/DVD Room) dan sebagainya. Coba nyalakan dan lihat hasilnya.
  4. Selanjutnya, coba test hardisk dengan menggunakan aplikasi HDD Sentinel. Atau langsung saja lakukan instal ulang sistem operasi. Namun, untuk melakukan tes hardisk, Anda harus memiliki HDD Docking dan laptop normal lainnya. Tetapi jika hardisk terbaca sehat dengan status 100%, jangan jadikan acuan bahwa hardisk dalam kondisi baik-baik saja karena tidak jarang kami menemukan kasus pengecekan software hardisk normal, tetapi sebenarnya hardisk sudah tidak berfungsi normal. Ada baiknya Anda mencoba menguji hardisk dengan menggunakan hardisk yang lain.
  5. Jika masih memungkinkan, lakukan instal ulang sistem operasi Windows.

Jika pemecahan masalah pada poin 1-5 tidak berhasil, besar kemungkinan masalah ada pada mesin utama atau motherboard. Biasanya, kerusakan ada pada area jalur power hardisk atau lebih sering terjadi pada chipset dan processor. Untuk langkah ini, sebaiknya bawa ke tempat jasa reparasi profesional.


Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Analisa dan Perbaikan Laptop Berhenti pada Logo"