Apa itu baterai CMOS ? Ketahui Fungsi Pada Laptop dan Komputer

   Baterai CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) adalah baterai kecil yang digunakan pada laptop untuk menjaga setting konfigurasi sistem dan waktu saat laptop dimatikan. Baterai ini berfungsi sebagai sumber daya cadangan untuk mempertahankan konfigurasi sistem dan waktu saat laptop tidak terhubung dengan sumber daya listrik.

Baterai CMOS terletak pada motherboard laptop dan biasanya terdiri dari baterai litium atau baterai ni-mh (Nickel-Metal Hydride). Baterai ini memiliki kapasitas yang relatif kecil, sehingga tidak memerlukan penggantian yang sering. Umumnya, baterai CMOS memiliki masa pakai sekitar 3-5 tahun.

Ketika laptop tidak terhubung dengan sumber daya listrik, baterai CMOS akan mempertahankan konfigurasi sistem dan waktu saat itu. Ini memungkinkan laptop untuk memulai dengan setting yang sama setiap kali dinyalakan, tanpa harus mengatur ulang konfigurasi sistem setiap kali dimatikan.

Baterai CMOS juga memainkan peran penting dalam memastikan bahwa setiap kali laptop dimatikan dan dinyalakan kembali, sistem tidak akan mengalami kerusakan atau kehilangan data.

Sebagai catatan, baterai CMOS tidak mempengaruhi performa laptop atau kinerja sistem. Jika baterai CMOS mati, konfigurasi sistem dan waktu mungkin akan berubah setiap kali laptop dimatikan dan dinyalakan kembali. Namun, hal ini mudah diperbaiki dengan menggantinya dengan baterai baru.

Posting Komentar untuk "Apa itu baterai CMOS ? Ketahui Fungsi Pada Laptop dan Komputer"