Laptop Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Kendarikomputer.com - Pasti sangat menjengkelkan ketika laptop mati total dan tidak bisa dinyalakan. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini kami akan memberikan pengetahuan agar anda bisa memahami masalah yang terjadi pada laptop anda.


Indikator Laptop tidak menyala


 Laptop Mati Total

Laptop anda mati total pasti yang pertama anda cek adalah indikator pada laptop, dan terlihat itu tidak menyala, nah disini anda mengambil kesimpulan bahwa laptop saya ini mati total. Tetapi anda masih bingung yang menjadi penyebabnya apakah adaptor laptop kita atau mesinnya yang bermasalah.


Cara memastikan adaptor atau cas laptop kita bermasalah

Adaptor atau cas laptop yang rusak menjadi penyebab laptop mati total. Untuk periksa kondisi adaptor, Anda bisa menggunakan multimeter untuk mengukur output adaptor dengan cara atur pengukuran pada mode DC Volt. Jika tidak memiliki multimeter, anda  bisa memperhatikan lampu indikator pada bagian body adaptor. Pada beberapa jenis adaptor ada yang dilengkapi dengan indikator pada bagian cesing adaptornya, tapi ada juga yang tidak. Nah, Jika lampu indikator tidak menyala, kemungkinan besar adaptor Anda rusak dan perlu diganti. Selanjutnya untuk memastikan adaptor anda masih bagus atau tidak, anda bisa test ke laptop lain yang memiliki lubang cas yang sama, atau sebaliknya, anda bisa pinjam cas teman anda yang sama dengan laptop anda, dan test pada laptop anda yang mati itu, jika laptop anda menyala berarti yang bermasalah adalah cas adaptor laptop Anda, silakan beli ketoko komputer terdekat.


Adaptor masih bagus, berarti mesin latop saya yang rusak? 


Cek DC Jack Laptop


Langkah selanjutnya jika hal ini terjadi, Anda bisa memeriksa sparepart atau komponen yang terhubung ke mesin utama laptop. Anda bisa membongkar laptop dan melepaskan semua sparepart atau komponen seperti keyboard, DC jack, tombol power, heatsink, kipas, CD/DVD room, baterai, WiFi card, hardisk, SSD, RAM, speaker internal, baterai BIOS, kabel flexible touchpad, flexible layar, dan kabel konektor lainnya. Setelah itu, bersihkan semua komponen tersebut dengan kuas debu atau cairan cleaner khusus sebelum memasangnya kembali dan mencoba menyalakan laptop.


Periksa Mesin Utama Laptop (Mainboard)




Jika laptop masih mati total setelah melakukan tiga langkah di atas, kemungkinan besar masalahnya ada pada mesin utama laptop atau mainboard. Mesin utama laptop bisa rusak pada komponen seperti kapasitor, fuse, transistor, mosfet, atau ic regulator. Untuk memeriksa kondisi mesin utama laptop, Anda bisa membongkar laptop dan memeriksa secara fisik komponen pada mesin laptop. Jika ada komponen yang terlihat rusak, Anda bisa mencoba menggantinya atau membawanya ke tempat service untuk diperbaiki.


Perlu diingat bahwa melakukan perbaikan pada laptop bisa merusak laptop lebih parah jika tidak dilakukan dengan benar. Jadi, jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup, sebaiknya hindari membuka bagian laptop dan mencoba memperbaikinya sendiri.

Posting Komentar untuk " Laptop Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala"