Beberapa Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati

Kendarikomputer.com - Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati - Pastinya semua orang akan panik jika laptopnya tiba-tiba mati dan tidak bisa menyala. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis laptop, termasuk Asus. Lalu bagaimana cara menghidupkan laptop Asus yang mati total?

Sebenarnya ada beberapa cara untuk booting laptop Asus yang mati. Namun sebelumnya Anda juga perlu mengetahui alasannya. 

Penyebab laptop mati bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Hal ini mungkin disebabkan oleh usia, panas berlebih, atau bahkan kegagalan sistem.

Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati Dengan Mudah!

Secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop mati sendiri, dan cara menyalakan laptop asus yang nonaktif juga akan berbeda-beda tergantung tingkat permasalahannya.

Kasus yang sering terjadi antara lain mati, hidup kembali, lalu berakhir total dan tidak menyala. Untuk itu mari kita pahami dulu penyebab-penyebab yang mungkin menjadi penyebab matinya laptop anda:

1. Suhu Tinggi

Ketika suhu laptop terlalu tinggi, biasanya prosesor akan berhenti bekerja secara otomatis sehingga menyebabkan laptop mati dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus, laptop akan kembali normal jika suhu mulai turun.

Jadi, pastikan siklus pendinginan laptop Anda bekerja dengan baik, dan hindari menggunakannya di atas kasur, bantal, atau sofa karena akan menghambat sirkulasi udara.

Cara menghidupkan laptop ASUS yang mati karena overheat bisa dilakukan pada suhu normal. Biasanya dengan menekan tombol power, laptop akan menyala kembali seperti semula.

2. Motherboardnya Bermasalah

Motherboard merupakan salah satu komponen penting pada sebuah laptop. Jika difoto, motherboard menyerupai organ dalam yang terdiri dari banyak sirkuit sistem penting. Jika ini menjadi masalah, tentu efeknya akan menjadi damage yang serius!

Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Telah Lama Mati

Banyak orang yang mengira laptop Asus miliknya rusak karena tidak mau hidup saat menekan tombol power. Cara menghidupkan laptop Asus yang rusak adalah dengan mencolokkannya.

Pasalnya, kemungkinan baterai laptop baru saja habis dayanya sehingga lampu indikatornya tidak menyala. Tunggu beberapa menit dan coba mulai ulang. Jika masalah terus berlanjut, coba keluarkan baterai dan colokkan pengisi daya langsung ke stopkontak.

1. Mengisi Daya Laptop Tanpa Dan Dengan Baterai

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan laptop sambil mengisi daya. Jika laptop hidup lalu mati kembali saat Anda melepas kabel charger, pasti ada masalah pada baterainya. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengetahui baterai sudah mati atau belum.

Namun jika laptop Anda tetap tidak mau menyala padahal tidak ada masalah pada baterainya, berarti ada kerusakan pada kabel, konektor power, dan soketnya. 

Agar laptop Anda dapat berfungsi kembali dengan sempurna, Anda perlu mengganti baterai atau beberapa komponen eksternal (catu daya). Untuk mengganti baterai, sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional.

2. Lakukan Reset Daya

Kebanyakan pengguna laptop akan melakukan power reset sebagai cara efektif untuk menghidupkan laptop yang sudah berhenti bekerja sama sekali. Cara ini digunakan ketika laptop dimatikan dengan prosedur yang salah sehingga mengakibatkan booting error.

Power reset merupakan upaya untuk memutus aliran listrik ke komponen laptop secara total. Cara ini bisa Anda coba selama Anda masih melihat tanda-tanda blank screen atau blue screen. Nah, jika Anda ingin mencobanya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Nyalakan laptopnya terlebih dahulu. Jika perangkat menyala dan muncul layar biru, tekan dan tahan kembali tombol power hingga laptop mati kembali.

Segera keluarkan baterai dan pengisi daya yang terhubung ke perangkat. Lepaskan juga komponen seperti RAM, hard disk, solid state drive (SSD), dll jika memungkinkan.

Biarkan laptop kosong selama kurang lebih 30 menit. Setelah dirasa cukup, sambungkan kembali ke sumber listrik dan pasang komponen seperti semula. Terakhir, coba nyalakan kembali laptopnya.

3. Periksa Layar Laptop Anda

Jika saat Anda menyalakan laptop masih terlihat tanda-tanda kehidupan, misalnya layar memantulkan cahaya buram atau lampu power masih menyala, berarti ada masalah pada layar. Untuk memeriksa kerusakan pada layar, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Hapus semua perangkat eksternal seperti USB dll yang terhubung ke laptop. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah hardware-lah yang menyebabkan proses booting terhenti.

Selanjutnya dengarkan apakah ada suara yang keluar dari motor perangkat, misalnya suara kipas. Jika ada masalah dan layar masih tidak berfungsi berarti layar laptop anda bermasalah.

Jika muncul lampu atau layar menjadi abu-abu, berarti penyebab utama laptop tidak menyala adalah karena layar error.

Itulah beberapa cara menghidupkan laptop asus yang mati dan penting untuk diketahui. Semoga artikel tersebut dapat membantumu, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Beberapa Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati"