Cara Ganti SSD Laptop Tanpa Install Ulang Terbaru


Kendarikomputer.com - Cara Ganti SSD Laptop  - Aktivitas yang semakin meningkat jumlah dan intensitasnya menuntut seseorang untuk bekerja lebih cepat agar pekerjaan tidak menumpuk. 

Namun permasalahan yang sering terjadi adalah hardware yang kita miliki terkadang tidak mendukung kecepatan yang kita perlukan. Alih-alih bertindak cepat, kenyataan menuntut kita untuk bertindak sabar.

Cara Ganti SSD Laptop Agar Performa Meningkat!

Mungkin yang baru Anda baca di atas merupakan fakta yang sering terjadi. Misalnya ketika Anda ingin cepat mentransfer data berukuran besar dari laptop ke flashdisk, namun laptop Anda sangat lambat mentransfer datanya. Tentu saja hal ini akan terasa tidak nyaman.

Ada banyak cara untuk menyiasatinya, namun salah satu yang akan AGRES.ID bahas pada kesempatan kali ini adalah cara mengganti hardisk biasa dengan SSD. 

Dengan mengganti harddisk laptop Anda dengan SSD, maka laptop Anda akan lebih cepat dalam banyak hal dibandingkan Anda yang masih menggunakan harddisk biasa.

Sebelum kita lanjut ke cara mengganti harddisk biasa dengan drive SSD, kami akan memberi tahu Anda terlebih dahulu tentang manfaat yang bisa Anda dapatkan nantinya jika Anda nantinya memiliki komputer atau laptop yang menggunakan media penyimpanan SSD tersebut. Berikut manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan SSD:

1. Transfer Data Cepat

Jika Anda menggunakan SSD, nantinya komputer atau laptop Anda akan lebih cepat dalam memindahkan atau mentransfer data. Tidak hanya itu, proses booting dan membuka aplikasi lain juga akan mengalami peningkatan kecepatan jika menggunakan SSD.

2. Lebih Nyaman

Ucapkan selamat tinggal pada kebisingan yang terjadi saat menggunakan harddisk biasa. Kebingungan muncul ketika menggunakan harddisk biasa karena struktur penyimpanannya masih menggunakan disk. Disk harus berputar terus-menerus agar dapat menyimpan dan menulis data.

 Berbeda jika Anda menggunakan SSD yang arsitektur penyimpanannya hanya menggunakan sekumpulan chip. Sehingga tidak ada putaran yang dihasilkan dan membuat komputer atau laptop anda lebih nyaman digunakan karena tidak menimbulkan suara apapun.

3. Lebih Ringan

Tak hanya ukurannya yang lebih kecil dibandingkan harddisk, SSD juga terasa lebih ringan bobotnya dibandingkan HDD pada umumnya. Hal ini karena sasis SSD lebih kompak dibandingkan hard drive yang terdiri dari piring-piring.

Cara Mengganti Hardisk Biasa Ke SSD

Seperti yang Anda ketahui, SSD menggunakan sekumpulan chip sebagai media penyimpanannya. Ini mirip dengan flashdisk/flashdisk yang biasa kita gunakan untuk menyimpan data.

 Dengan bantuan listrik, penyimpanan dan pengambilan data dapat dilakukan secara instan ketika terkoneksi dengan listrik. Berbeda dengan harddisk biasa yang mengharuskan disk berputar terlebih dahulu untuk menulis dan membaca data.

Kini, untuk mengganti harddisk laptop atau komputer Anda dengan drive SSD tidak bisa sembarangan. Selain membuat SSD tidak dapat berfungsi nantinya, pergantian SSD yang dilakukan secara sembarangan juga dapat mengakibatkan SSD tidak mengeluarkan kemampuan aslinya (terutama dalam hal transfer data). Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut kami rangkum cara mengganti harddisk biasa Anda dengan SSD:

Pastikan Laptop Anda Mendukung Penggunaan SSD

Hal pertama yang harus Sobat Agres lakukan sebelum memutuskan untuk mengganti Harddisk biasa dengan SSD adalah memastikan komputer atau laptop sobat mendukung dan dapat menggunakan SSD.

Untuk mengetahuinya cukup mudah, cukup periksa motherboard dengan kabel SATA atau harddisk sebelumnya tidak terhubung. Jika hardisk Anda sebelumnya terhubung dengan kabel SATA dan bukan kabel IDE, berarti komputer atau laptop Anda bisa menggunakan SSD tersebut.

Pastikan Komputer Atau Laptop Anda Mendukung Penggunaan SATA III

Setelah Anda mengetahui bahwa komputer atau laptop Anda menggunakan kabel data sebagai penghubung antara harddisk dan motherboard, kini saatnya mengetahui apakah laptop Anda mendukung penggunaan SATA III atau tidak.

SATA III memegang peranan yang sangat penting jika Anda ingin menggunakan SSD. Sebab, jika menggunakan SSD dengan konektor SATA I atau SATA II, hasilnya tidak akan sebaik SATA III.

 Disadur dari Sandisk.com Hal ini dikarenakan bandwidth SATA I dan SATA II hanya mampu mencapai 300MB/s. Sedangkan jika menggunakan SATA III, bandwidthnya bisa mencapai 600MB/s.

Jadi, jika Anda menggunakan SATA I atau II, kecepatan transfer Anda kurang lebih akan mencapai maksimal 300MB/s.

Pilih SSD Yang Paling Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Dari segi harga, walaupun SSD memiliki berbagai keunggulan, namun kapasitas SSD masih lebih rendah dibandingkan HDD. Untuk itu, pilihlah kapasitas SSD yang Anda perlukan dengan bijak.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang cara ganti SSD laptop, semoga artikel tersebut dapat membantumu setiap saat, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Ganti SSD Laptop Tanpa Install Ulang Terbaru"