Cara Install Printer Di Laptop Langsung Bisa Digunakan,

Kendarikomputer.com - Cara Install Printer Di Laptop - Mencetak dokumen dalam bentuk kertas tentunya membutuhkan printer yang terhubung dengan laptop atau komputer.

Sedangkan sebelum menggunakan printer perlu diinstal terlebih dahulu di laptop. Cara install printer di laptop ternyata praktis dan cepat sekali.

Cara Install Printer Di Laptop Dengan Detail!

Printer-printer tersebut tentunya sudah sangat familiar digunakan. Karena fungsi utama printer adalah mencetak dokumen kertas atau file dalam bentuk kertas. Printernya sendiri bisa dihubungkan melalui laptop, komputer bahkan handphone.

Namun pengguna perlu menginstal printer terlebih dahulu pada perangkat agar dapat digunakan. Setiap jenis printer mempunyai panduan tersendiri mengenai cara instalasi printer di laptop. 

Namun pada umumnya printer dapat diinstal di laptop menggunakan CD drive, kabel USB, atau jaringan seperti Bluetooth.

Untuk panduan cara install printer di laptop, simak ulasan dibawah ini yang penting untuk dipahami. Yuk langsung saja kita simak langkah-langkah cara install printer di laptop dengan mudah dan langsung digunakan sebagai berikut.

1. Letakkan Printer Di Dekat Laptop Anda

Salah satu cara mudah untuk memasang printer di laptop adalah dengan meletakkan printer di dekat laptop. Anda bisa menggunakan kabel USB untuk memastikan jarak printer cukup dekat dengan laptop yang akan Anda gunakan. 

Anda juga harus memastikan bahwa CD-ROM drive yang umumnya terdapat pada kotak printer sudah terpasang di menu Control Panel.

2. Instal Menggunakan CD Drive

Cara menginstal printer di laptop yang juga mudah adalah dengan menggunakan CD-ROM drive. Untuk menginstall printer di laptop anda bisa menyiapkan CD driver yang sesuai dengan merk printer. Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam driver ROM. 

Atau jika Anda tidak mempunyai driver ROM, Anda bisa menggunakan driver ROM eksternal. Setelah Anda berhasil masuk ke halaman instalasi, Anda dapat mengikuti instruksi terlampir.

Setelah proses instalasi berjalan dengan baik, Anda dapat mengeluarkan CD drivernya. Selanjutnya Anda perlu mengecek apakah printer sudah terpasang dengan sempurna atau belum. Jika driver CD printer tidak terinstal sepenuhnya atau masih ada masalah, Anda perlu menginstal driver CD baru.

 Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi website layanan yang disediakan oleh produsen printer yang akan Anda pasang.

3. Instal Tanpa Menggunakan CD Driver

Jika Anda ingin menginstall printer di laptop namun tidak mendapatkan CD drivernya atau CD drivernya hilang, jangan khawatir karena Anda bisa menginstall printer tersebut tanpa harus menggunakan CD driver tersebut. Cara install printer tanpa menggunakan CD driver adalah sebagai berikut:

  • Anda perlu membuka Panel Kontrol untuk dapat mengakses Perangkat dan Printer
  • Tambahkan printer sehingga Anda dapat melakukan langkah berikutnya
  • Pada tahap selanjutnya akan muncul pilihan port printer. Kemudian Anda dapat menggunakan port tersebut untuk mengatur opsi terbaik.
  • Selanjutnya Anda bisa mengecek situs resmi dari merek printer yang akan Anda gunakan. Kemudian Anda dapat mencari link untuk mendownload program tersebut.

4. Cara Instalasi Printer Dengan Mendownload Driver Dari Situs Resminya

Untuk menginstal printer dengan mengunduh dari situs resminya, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

Pertama, Anda perlu membuka situs resmi perusahaan penyedia printer tersebut untuk bisa mendapatkan driver yang sesuai dengan jenis printer yang akan Anda gunakan. Anda harus selektif dalam memiliki driver di website karena terdapat banyak jenis driver di dalamnya.

Agar Anda dapat dengan mudah menemukan driver yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan bilah pencarian yang biasanya terletak di kanan atas situs. Anda dapat menelusuri hasil pencarian hingga menemukan driver yang ingin Anda unduh.

Driver yang Anda download biasanya berformat WinRAR, sehingga Anda juga memerlukan WinRAR untuk mengekstraknya. Untuk mengekstrak file, Anda harus klik kanan pada file tersebut lalu klik “Ekstrak di sini”.

Selanjutnya, Anda harus mencari file setup menggunakan EXE. Klik dua kali file tersebut untuk memulai proses instalasi.

Anda dapat mengikuti setiap perintah yang muncul di layar komputer Anda.

Jika proses instalasi sudah selesai, Anda akan diminta untuk merestart laptop Anda agar driver terinstal dengan baik.

Setelah proses reboot selesai, Anda perlu menghubungkan printer ke laptop menggunakan kabel bawaan untuk memeriksa apakah laptop dapat mengenali printer tersebut.

Ada beberapa cara install printer di laptop langsung bisa digunakan, dan mudah untuk Anda lakukan. Saya harap informasi ini bermanfaat. Terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Install Printer Di Laptop Langsung Bisa Digunakan,"