Cara Menjadikan Laptop Sebagai Monitor Lewat Pihak Ketiga

Kendarikomputer.com -  Cara Menjadikan Laptop Sebagai Monitor - Dalam dunia komputasi yang semakin canggih, kita sering menghadapi situasi dimana kita ingin menggunakan perangkat keras yang ada dengan lebih efisien. 

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan laptop Anda sebagai monitor tambahan. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengubah laptop Anda menjadi monitor, langkah demi langkah.

 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Monitor Sesuai Keinginanmu!

Saat Anda memiliki laptop yang masih memiliki performa bagus, namun merasa membutuhkan layar ekstra untuk bekerja atau bersenang-senang, menggunakan laptop sebagai monitor bisa menjadi solusi cerdas. Ini memungkinkan Anda memperluas ruang kerja tanpa harus membeli monitor tambahan.

Apakah Anda mencari cara membuat layar laptop? Butuh bantuan untuk menyiapkannya? Nah artikel kali ini akan memberikan langkah-langkah cara menggunakan laptop sebagai monitor yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

Meskipun tampak seperti proses sederhana di mana Anda hanya perlu menyambungkan laptop ke desktop menggunakan kabel HDMI, sebenarnya tidak demikian. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Input Director 

Input Director adalah perangkat lunak KVM virtual yang gratis dan mudah digunakan. Paket instalasi memberi kita pilihan untuk menjadi master (server) atau slave (klien). Jalankan master installer di sistem utama kita, dan slave installer di laptop kita.

Setelah terinstal, kita dapat mengkonfigurasi lokasi laptop yang kita gunakan di layar kedua sehubungan dengan layar utama kita. Kita dapat menambahkan budak menggunakan alamat IP jaringan, atau nama host yang ditemukan di setiap jendela pengelola entri.

Input Director memiliki beberapa fitur hebat, termasuk Cursor Wraparound yang memungkinkan kita menjatuhkan kursor dari layar mana pun ke layar lain (alih-alih berjalan secara paralel).

2. ShareMouse

ShareMouse adalah salah satu alat virtualisasi KVM yang paling sederhana namun juga terbaik untuk mengubah laptop kita menjadi monitor kedua. ShareMouse dikemas dengan fitur-fitur bagus, dan dilengkapi dengan clipboard bersama, berbagi file drag-and-drop, dan pengelola layar interaktif.

 Kita juga dapat mengatur layar yang tidak terpakai agar memudar saat kita tidak menggunakannya. Ini memudahkan untuk melacak layar mana yang kita gunakan, serta menghemat daya pada laptop Anda.

ShareMouse gratis untuk penggunaan pribadi dan non-komersial. Namun kami dibatasi maksimal dua layar. Atau kita dapat berlangganan untuk penggunaan profesional, memberi kita hingga 19 monitor/sistem jaringan, enkripsi, dan beberapa alat lainnya seharga $49,95.

3. Synergy 

Saya menggunakan Synergy untuk waktu yang lama hingga saya beralih ke ShareMouse. Namun, Synergy tetap menjadi alat open source yang sangat baik untuk KVM. Ini sempurna untuk mengubah laptop kita menjadi monitor kedua, dengan fitur berbagi file drag-and-drop, clipboard bersama, dan enkripsi.

Sinergi tidaklah gratis. Hadir dalam dua rasa. Versi dasar adalah $29, versi pro adalah $39, dan versi dasar telah mengalami kenaikan harga yang tajam dalam beberapa tahun terakhir (dari $10 menjadi $29), dan versi pro juga melonjak. 

Pengembang Synergy Symless juga sedang mengerjakan Synergy 2, yang mungkin menjelaskan kenaikan harga.

Salah satu fitur hebat Synergy adalah kita dapat menginstalnya di Raspberry Pi dan menggunakannya sebagai pengontrol pusat untuk setiap sistem yang terhubung ke jaringan kita. Synergy juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti yang akan kita lihat di bawah.

4. Mouse Without Borders 

Mouse Without Borders merupakan aplikasi penyatuan ruang kerja yang dikembangkan oleh The Garage. Garage adalah tim pengembangan internal Microsoft yang dapat digunakan karyawan untuk menginkubasi dan membangun ide-ide pribadi ke dalam proyek dunia nyata. 

Garage telah mengawasi beberapa proyek hebat, termasuk Microsoft Launcher untuk Android, Microsoft Health Bot Service, dan Eye Control untuk Windows 10.

Seperti pada proyek-proyek ini, kita dapat menggunakan Unlimited Mouse, alat virtualisasi KVM yang “menjadikan kita pemimpin dalam armada komputer kita sendiri.”

Dengan gaya khas Microsoft, Mouse Infinitely menggunakan sistem kode untuk menghubungkan sistem kami, dan juga menampilkan adaptor jaringan mana yang terhubung dengan kami. Itu juga dilengkapi dengan berbagi file drag-and-drop dan fitur clipboard yang berguna.

Nah itulah cara menjadikan laptop sebagai monitor lewat pihak ketiga yang dapat kamu praktekkan meski baru pertama kali mencoba, terimakasih!

Posting Komentar untuk " Cara Menjadikan Laptop Sebagai Monitor Lewat Pihak Ketiga"