Cara Merawat Laptop Asus Agar Tetap Awet!

Kendarikomputer.com - Bagaimana cara merawat laptop Asus Anda? Asus merupakan salah satu produsen laptop yang cukup dikenal masyarakat Indonesia, yang sebelumnya terkenal dengan produk gadgetnya. 

Bagi anda yang memiliki laptop Asus atau sejenisnya sebenarnya masih memerlukan perawatan yang baik. Sehingga laptop yang Anda gunakan lebih awet dan tahan lama bahkan bisa digunakan hingga bertahun-tahun.

Cara Merawat Laptop Asus Tahun 2023

Laptop Asus sesuai prosedur sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mesin Anda bertahan lebih lama dalam jangka panjang. 

Ada beberapa cara perawatan laptop Asus yang patut Anda perhatikan agar laptop kesayangan Anda bisa bertahan lebih lama Lantas, bagaimana cara merawat laptop Asus? Jika penasaran, simak ulasannya berikut ini!

Gunakan Pengisi Daya Dengan Benar 

Usahakan untuk tidak menggunakan pengisi daya secara berlebihan. Anda hanya dapat menggunakannya saat baterai terisi. Jika baterai sudah penuh, segera cabut charger untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

 Jika pengisi daya rusak, Anda harus membeli produk baru dan asli. Pasalnya, charger palsu atau tiruan tidak bisa memberikan hasil pengisian yang maksimal seperti produk aslinya. Anda bisa membelinya di toko resmi Asus seluruh Indonesia.

Perhatikan Penggunaan Baterai

Jika baterai laptop Anda masih bagus, sebaiknya gunakan hanya saat baterai sudah terisi. Jika baterai hampir habis, matikan perangkat dan segera isi daya hingga penuh. Kami menganjurkan agar Anda tidak mengoperasikan laptop Anda saat baterai sedang diisi.

Jika baterainya rusak anda bisa membeli yang baru dan jika anda tidak sempat membelinya anda bisa menggunakan laptop asus tanpa baterai dengan cara menghubungkan charger saat digunakan.

Jangan Mematikan Dan Menghidupkan Laptop Secara Terus Menerus

Kegiatan ini sama sekali tidak disarankan bagi semua pemilik laptop merek apa pun. Pasalnya, perangkat akan menghadapi masalah kecil hingga besar karena sangat berantakan saat digunakan. 

Anda dapat menggunakan laptop Anda setidaknya tiga kali sehari untuk mencegah kerusakan jangka panjang. Selain itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan laptop sekaligus dalam jangka waktu yang lebih lama daripada menyalakan dan mematikannya sebentar namun sering, karena dapat merusak komponen internal.

Hindari Menginstal Aplikasi Berbahaya

Sebaiknya pengguna laptop Asus tidak mendownload aplikasi berbahaya. Sebaiknya perhatikan kapasitas RAM perangkat, karena jika kapasitasnya kecil, jangan pernah menginstal terlalu banyak aplikasi. Hal ini dikarenakan kinerjanya akan lambat dan tidak bagus untuk laptop. 

Anda juga tidak boleh menyimpan file sembarangan, karena tidak semua website penyedia aplikasi menyediakan software yang aman. Anda bisa mendownloadnya melalui toko resmi yang sudah terinstal di laptop Anda.

Bersihkan Debu Yang Menempel

Langkah sederhana yang paling efektif dalam merawat laptop Asus Anda adalah dengan membersihkan debu yang menempel di seluruh permukaan perangkat. Namun, sebaiknya jangan menggunakan kain atau handuk basah karena cairan dapat masuk ke lubang speaker dan dapat merusak komponen internal.

Gunakan sikat yang lembut karena debu yang tertinggal dalam waktu lama akan mencapai optik dan port USB sehingga dapat memperlambat kinerja laptop saat ingin digunakan.

Jangan Melepas Harddisk

Meski terkesan sepele, ternyata harddisk tidak boleh dicabut dari laptop. Ini karena tidak ada yang perlu membersihkannya secara manual. Anda hanya bisa melepaskannya ketika terjadi kerusakan. Anda pasti akan melihat bukti-bukti yang tidak menghalangi harddisk untuk dilepas, namun bukan tidak mungkin harddisk akan tergores jika dilepas sembarangan. 

Anda dapat mendeteksi kerusakan harddisk dengan mendengar suara-suara aneh saat laptop Anda sedang digunakan.

Nah itulah beberapa cara merawat laptop asus agar tetap awet. Semoga artikel tersebut bisa menambah wawasanmu, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Laptop Asus Agar Tetap Awet!"