Servis Laptop Toshiba Mati Total C600 / C640D AMD : LED Indikator Blinking dan Power Drop

Kendarikomputer.com - Laptop yang mati total bisa menjadi masalah yang cukup menyebalkan bagi penggunanya. Namun, dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang proses kerja dalam memperbaiki laptop Toshiba C640D atau C600D yang mengalami masalah mati total dan LED indikator blinking.


Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Power Drop Toshiba C600 



Servis Laptop Mati Total
Toshiba C640D atau C600D


Servis Laptop Mati Total, dengan kondisi detail nya itu ketika tancap adaptor maka indikator adaptor menyala tetapi saat tekan tombol power laptop tidak bisa on, hanya kedip dan nyala blink beberapa detik kemudian drop.

Untuk cara analisa dan perbaikannya sebagai berikut : 

1. Bongkar full casing Laptop 
2. Bersihkan semua komponen dan Part dari debu dan kotoran dengan cara dikuas 
3. Kemudian lanjut dengan proses analisa pada mainboard

Kode mainboard laptop ini yaitu Satellite C600D Inventec Calcutta 10AB ABG A02 01252011 6050A2414501 dengan desain pabrikasi INVENTEC. Untuk skematik dan boardview bisa anda dapatkan pada link download dibawah ini :


Setelah dilakukan pengecekan, untuk tegangan supply sebesar 19V aktif dan menyebar keseluruh Vin daya pada setiap blok regulator, termasuk tegangan power +V3LA dan +V5LA aktif. Jadi berdasarkan data kerusakan dan pengukuran saya coba mempersempit area pengecekan dengan cara melepas JP (Jumper Pad ) pada area +V5LA dan +V3LA, dan ternyata masalahnya di area +V3LA, saya coba telusuri dengan menggunakan skematik dan boardview dari laptop ini, ditemukan sumber masalah ada pada titik PAD705 yakni area +V3LA to +V3S.


Servis Laptop Mati Total
PAD705



Servis Laptop Mati Total



Jalur +V3S ini menyuplai beberapa blok komponen penting seperti ic Audio, EC, Processor, Chipset dan jalur lainnya. 

Servis Laptop Mati Total



Setelah dilakukan pengukuran ternyata masalahnya pada titik PAD6400 yaitu area +V3LA to +V1.1S yang bersumber dari ic GMT_G5173R41D_QFN_16P yang mengalami kerusakan, ini yang menyebabkan laptop menjadi mati total, ic ini adalah konverter step down dari 3V ke 1,1V.

Servis Laptop Mati Total
 ic GMT_G5173R41D_QFN_16P



Servis Laptop Mati Total






Setelah melakukan proses servis laptop mati total dengan penggantian ic step down G5173 laptop sudah bisa on normal dan kami rakit kembali untuk proses pengetesan full kinerja laptop sebelum kami kembalikan kepada pemilik laptop.

Servis Laptop Mati Total
Laptop Kembali Normal


Proses perbaikan laptop yang mati total seperti ini membutuhkan keahlian dan keterampilan yang mumpuni. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mencoba memperbaiki laptop secara mandiri jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Lebih baik membawa laptop ke tempat reparasi yang sudah berpengalaman dalam menangani perbaikan laptop.

Posting Komentar untuk "Servis Laptop Toshiba Mati Total C600 / C640D AMD : LED Indikator Blinking dan Power Drop "