Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memunculkan Keyboard Di Laptop - On Screen Keyboard


On Screen Keyboard

Apa itu Keyboard On-Screen dan Cara Mengaksesnya di Laptop?



Jika kamu memiliki beberapa masalah seperti kerusakan pada keyboard laptop atau membutuhkan keyboard alternatif, kamu dapat mengakses on screen keyboard. Apa itu keyboard on-screen? Seperti namanya, itu adalah keyboard virtual yang terlihat pada layar laptop.


Mungkin terdengar aneh dan tidak nyaman pada awalnya, namun kadang lebih mudah menggunakan on-screen keyboard pada tablet atau smartphone kamu. Tapi, tidak perlu khawatir. Itu hanya memang sama dengan keyboard fisik, membingungkan pada awalnya, tetapi dengan waktu kamu akan terbiasa dengannya. Keyboard on-screen juga menghilangkan kebutuhan kamu untuk membeli keyboard eksternal atau memperbaiki keyboard kamu yang rusak.


Secara default, setiap laptop memiliki keyboard on-screen. Kamu hanya perlu menemukannya melalui menu di laptopmu. Setelah kamu memahami cara mengaksesnya, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard on-screen secara permanen.


Ada beberapa alasan untuk menggunakan keyboard wujud layar ini: Kendalikan Kursor dan Sudut Pandang: Saat kamu membutuhkan lebih banyak fleksibilitas saat menggunakan laptop, keyboard on-screen dapat membantu kamu mengendalikan kursor dan sudut pandang laptop.


Lebih mudah untuk menulis dokumen teks: Selain itu, jika kamu sering menulis dokumen teks, maka menggunakan keyboard on-screen bisa lebih mudah. Bisa dengan mudah meningkatkan kecepatan mengetikmu dan lebih nyaman untuk mengatur tata letak keyboardmu.



Pilihan Bahasa: Yang terakhir, keyboard on-screen juga memberi kamu beberapa bahasa alternatif, jadi kamu dapat menulis lebih mudah dalam bahasa yang berbeda.



Kini saatnya untuk memulai dan memahami cara mengakses keyboard on-screen pada laptopmu. Kamu dapat menemukan keyboard on-screen melalui menu aplikasi yang ditemukan di pengaturan komputer kamu. Ada beberapa cara untuk mengakses keyboard pada laptopmu. Mari kita lihat salah satu metode untuk mengaksesnya.



Cara termudah untuk mengakses keyboard on-screen pada laptop Windows adalah dengan menu Start. Kamu cukup mengetikan "OSK" atau "keyboard on-screen" pada kotak pencarian Menu Start dan klik "Keyboard On-Screen" pada hasil pencarian muncul.


Sekarang, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa keyboard on-screen pasti berbeda dari keyboard fisikmu, jadi ada beberapa perbedaan dalam tata letak keyboard on-screen. Namun, tidak ada yang memahami seluk-beluk acak keyboardmu yang berbeda. Teruslah berlatih dan dengan waktu kamu dapat lebih baik memahami tata letak on-screen keyboard.


Selanjutnya, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard on-screen sebagai pengganti keyboardmu secara permanen. Namun, sebelum kamu memutuskan jika itu adalah pilihan terbaik untukmu, jangan lupa di mana kamu sering mengetik atau apa yang kamu gunakan laptop untuk. Jika kamu bekerja dengan banyak dokumen pekerjaan atau proyek, maka mungkin penting bagi kamu untuk memiliki keyboard fisik yang ideal.


Maka, itu dia pembahasan mengenai apa itu keyboard on-screen dan cara mengaksesnya pada laptopmu. Serta, kenapa kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard on-screen sebagai pengganti keyboard fisikmu. Dan barangkali, kamu juga ingin menata tata letak on-screen keyboardmu agar lebih nyaman dan mudah digunakan.


Mengakses Keyboard On-Screen Melalui Klik Mouse atau Ponsel di Windows

Cara memunculkan keyboard di laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan keyboard on-screen. Meskipun mungkin terlihat kurang praktis, namun ada kalanya kita membutuhkan keyboard on-screen untuk membantu mengetik di laptop. Biasanya, keyboard on-screen digunakan ketika laptop kita terjadi masalah pada keyboard fisik. Namun, tidak semua jenis laptop memiliki keyboard on-screen.


Jika kamu menggunakan laptop Windows, kamu bisa mengakses keyboard on-screen dengan mudah melalui klik mouse atau ponsel. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengakses keyboard on-screen di laptop Windows:


Mengakses Keyboard On-Screen melalui Mouse

Untuk mengakses keyboard on-screen melalui mouse, langkahnya sebagai berikut:



  1. Buka Start Menu

  2. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Start Menu di laptop Windows kamu.



  3. Pilih "Setting"

  4. Setelah Start Menu terbuka, pilih Setting. Klik ikon roda gigi untuk membuka Setting.



  5. Pilih "Ease of Access"

  6. Setelah itu, pilih Ease of Access pada menu Setting.



  7. Pilih "Keyboard"

  8. Pada menu Ease of Access, pilih Keyboard. Lalu, pilih opsi "Use the On-Screen Keyboard" untuk mengaktifkan keyboard on-screen.



  9. Lakukan klik pada Keyboard On-Screen

  10. Setelah mengaktifkan keyboard on-screen, kamu bisa langsung menggunakannya dengan melakukan klik pada layar.



Mengakses Keyboard On-Screen melalui Ponsel


Selain menggunakan mouse, kamu juga bisa mengakses keyboard on-screen melalui ponsel. Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:



  1. Download Microsoft "Remote Desktop" di Ponsel

  2. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Microsoft "Remote Desktop" di ponsel kamu (Android atau iOS).



  3. Buka Aplikasi Microsoft "Remote Desktop"

  4. Setelah mengunduh aplikasi, buka Remote Desktop di ponsel kamu.



  5. Buat Koneksi Antar Device

  6. Pada halaman awal Remote Desktop, buat koneksi antara perangkat ponsel dan laptop. Pastikan kedua perangkat terkoneksi dalam satu jaringan.



  7. Akses Keyboard On-Screen

  8. Setelah koneksi berhasil dibuat, kamu akan diarahkan ke desktop laptop. Langkah selanjutnya adalah membuka Keyboard On-Screen pada laptop Windows kamu dengan melakukan klik kanan pada taskbar dan pilih "Show touch keyboard button". Setelah huruf "a" muncul di sudut kiri bawah layar, klik huruf tersebut untuk membuka Keyboard on-Screen.



  9. Gunakan Keyboard On-Screen

  10. Setelah Keyboard On-Screen berhasil dibuka, kamu bisa langsung menggunakannya melalui ponsel. Mirip seperti saat menggunakan aplikasi keyboard di ponsel.


Cara memunculkan keyboard di laptop memang sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan keyboard on-screen yang sudah disediakan di beberapa jenis laptop. Apabila laptop tidak memiliki keyboard on-screen, kamu bisa menggunakan metode alternatif seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga berhasil!


Menggunakan Tombol Fungsi untuk Mengaktifkan Keyboard On-Screen di Laptop


Salah satu fitur yang berguna di dalam sistem operasi Windows adalah keyboard on-screen. Terkadang pengguna laptop membutuhkan keyboard tambahan jika keyboard laptop mereka tidak berfungsi dengan baik atau sudah rusak. Namun, tidak semua orang tahu cara memunculkan keyboard on-screen di laptop mereka.


Dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara untuk mengaktifkan keyboard on-screen pada laptop dengan menggunakan tombol fungsi di keyboard laptop Anda.


1. Tekan tombol "Fn" dan "F11" secara bersamaan


Langkah pertama untuk memunculkan keyboard on-screen di laptop Anda adalah dengan menekan tombol "Fn" dan "F11" secara bersamaan. Tombol "Fn" adalah tombol fungsi yang terletak di sebelah kiri bawah keyboard laptop Anda. Dan tombol "F11" adalah tombol fungsi yang biasanya terletak di sebelah kanan atas.


Jika Anda menekan tombol ini, maka keyboard on-screen akan muncul di layar Anda. Anda dapat menggeser keyboard dan menempatkannya di mana pun Anda inginkan di layar dengan cara klik dan tahan pada tombol titik tiga (ellipsis) di sudut kiri atas keyboard on-screen.


2. Tekan tombol "Windows" dan "U" secara bersamaan


Langkah kedua untuk mengaktifkan keyboard on-screen di laptop Anda adalah dengan menekan tombol "Windows" dan "U" secara bersamaan. Tombol "Windows" biasanya terletak di antara tombol "Ctrl" dan "Alt" pada keyboard Anda, sedangkan tombol "U" biasanya terletak di bagian atas keyboard Anda.


Jika Anda menekan tombol ini, maka "Pusat Kemampuan" Windows akan muncul dan Anda akan melihat opsi untuk "On-Screen Keyboard". Klik opsi tersebut dan keyboard on-screen akan muncul di layar Anda.


3. Gunakan "Ease of Access Center"


Langkah ketiga untuk mengaktifkan keyboard on-screen di laptop Anda adalah dengan menggunakan "Ease of Access Center". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi aksesibilitas, termasuk keyboard on-screen.


Untuk membuka "Ease of Access Center", Anda dapat menekan tombol “Windows" + "U" atau dengan mengeklik ikon "Ease of Access Center" di sudut kanan bawah layar Anda. Setelah terbuka, klik opsi "Use the computer without a mouse or keyboard" dan klik opsi "On-Screen Keyboard".


Keyboard on-screen sekarang akan muncul di layar Anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengetik seperti biasa.


4. Aktifkan lewat setting Windows


Jika metode-metode di atas masih tidak berhasil memunculkan keyboard on-screen di laptop Anda, Anda bisa mengaktifkannya melalui setting Windows. Caranya cukup mudah, Anda tinggal masuk ke Settings pada Windows Anda.


Setelah masuk ke Settings, pilih opsi ”Ease of Access”. Setelah itu, pilih ”Keyboard” di pilihan sebelah kiri halaman. Selanjutnya, ganti opsi ”Use the On-Screen Keyboard” menjadi ”On”.


Keyboard on-screen akan muncul dan sudah siap Anda gunakan.


Mengetahui cara memunculkan keyboard on-screen di laptop bisa sangat bermanfaat bagi pengguna karena kadang-kadang penggunaan keyboard laptop tidak nyaman atau rusak. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk mengaktifkan keyboard on-screen di laptop Anda dengan menggunakan tombol fungsi dan dengan menggunakan Ease of Access Center serta setting Windows. Selamat mencoba!


Menonaktifkan Keyboard On-Screen di Laptop dengan Mudah


Keyboard on-screen atau yang dikenal sebagai on-screen keyboard adalah fitur yang dapat ditemukan pada hampir semua jenis laptop. Fitur ini biasanya digunakan ketika keyboard fisik laptop tidak dapat digunakan atau rusak. Namun, beberapa orang mungkin tidak membutuhkan fitur ini dan menyukai keyboard fisik yang lebih nyaman digunakan. Jika kamu termasuk kategori ini, berikut adalah cara yang mudah untuk menonaktifkan keyboard on-screen di laptop:


1. Menggunakan Pengaturan PC


Pertama, kamu dapat menonaktifkan keyboard on-screen melalui pengaturan di laptop. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:




  1. Buka menu “Start” atau tekan tombol “Windows + I” pada keyboard.

  2. Pilih menu “Settings” atau klik ikon gear pada menu “Start”.

  3. Cari menu “Ease of Access” dan pilih “Keyboard”.

  4. Pada bagian “Use the On-Screen Keyboard”, ubah menjadi “Off”.



Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, keyboard on-screen akan dinonaktifkan pada laptop kamu.



2. Menggunakan Registry Editor



Cara kedua adalah dengan mengakses registry editor pada laptop kamu. Namun, cara ini lebih canggih dan kompleks sehingga disarankan untuk dilakukan oleh orang yang mengerti hal tersebut. Berikut adalah cara-caranya:




  1. Tekan tombol “Windows + R” pada keyboard.

  2. Tuliskan “regedit” pada kotak dialog dan tekan “Enter”.

  3. Buka folder “HKEY_LOCAL_MACHINE”.

  4. Cari folder “SOFTWARE” dan pilih folder tersebut.

  5. Pilih folder “Microsoft” dan cari folder “TabletPC”.

  6. Pada bagian kanan layar, cari “DisableInBandKeyboard” dan ubah nilainya menjadi 1.



Setelah mengubah nilai tersebut, restart laptop kamu agar perubahan bisa diterapkan.



3. Menggunakan Task Manager



Pilihan ketiga adalah dengan menggunakan Task Manager pada laptop kamu. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:




  1. Tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” pada keyboard.

  2. Cari kolom “Windows Processes” dan cari “TabTip.exe”.

  3. Pilih “TabTip.exe” dan klik tombol “End Task”.



Jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan kamu terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini.



4. Menggunakan Perangkat Lunak



Jika cara-cara di atas masih terlalu rumit untuk kamu, kamu dapat menggunakan perangkat lunak yang dapat membantu menonaktifkan keyboard on-screen. Beberapa perangkat lunak tersebut adalah SharpKeys dan KeyboardExpert. Berikut adalah cara penggunaannya:




  1. Download dan install perangkat lunak sesuai dengan sistem operasi kamu.

  2. Buka perangkat lunak dan pilih opsi “Disable On-Screen Keyboard” atau “Disable On-Screen Keyboard Service” tergantung pada perangkat lunak yang kamu gunakan.



Dengan melakukan langkah-langkah ini, keyboard on-screen di laptop kamu akan dinonaktifkan.



Itulah beberapa cara untuk menonaktifkan keyboard on-screen di laptop kamu. Kamu dapat memilih cara mana yang paling mudah atau paling sesuai dengan kemampuan kamu. Namun, jika kamu merasa kesulitan atau tidak yakin dengan cara-cara tersebut, sebaiknya kamu meminta bantuan dari orang yang lebih ahli di bidang ini untuk menghindari kesalahan yang merugikan.



Solusi untuk Keyboard Fisik yang Rusak: Aktifkan Keyboard On-Screen di Laptop



Jika tiba-tiba keyboard fisik laptop Anda rusak atau tidak berfungsi, hal pertama yang mungkin terpikirkan adalah membawa laptop ke pusat servis. Namun, jika Anda membutuhkan solusi yang cepat dan sederhana, Anda dapat mengaktifkan keyboard on-screen di laptop.



Keyboard on-screen, juga dikenal sebagai virtual keyboard, adalah gambar keyboard yang muncul di layar laptop. Anda dapat mengetik pada keyboard on-screen seperti pada keyboard fisik dengan menggunakan mouse atau touchpad. Ini dapat menjadi solusi yang berguna jika keyboard fisik Anda mengalami kerusakan atau jika Anda mengalami kesulitan mengetik karena beberapa alasan.



Cara Memunculkan Keyboard On-Screen di Windows 10



Jika Anda menggunakan Windows 10, keyboard on-screen sudah terpasang dan siap digunakan. Berikut adalah cara memunculkannya:




  1. Klik pada tombol Start di sudut kiri bawah layar

  2. Pilih 'Semua Aplikasi'

  3. Pilih 'Aksesori'

  4. Pilih 'Keyboard On-Screen'



Setelah itu, keyboard on-screen akan muncul di layar laptop Anda. Jika Anda membutuhkan keyboard on-screen secara teratur, Anda dapat menambahkannya ke tampilan penggunaan Anda di Windows agar mudah diakses.



Cara Memunculkan Keyboard On-Screen di Mac



Jika Anda menggunakan Mac, keyboard on-screen juga sudah terpasang dan siap digunakan. Berikut adalah cara memunculkannya:




  1. Buka menu Apple di sudut kiri atas layar Anda

  2. Pilih 'Sistem Preferensi'

  3. Pilih 'Keyboard'

  4. Klik kotak di samping 'Menampilkan tampilan keyboard di menu bar'

  5. Setiap kali Anda memerlukan keyboard on-screen, klik pada ikon keyboard yang terletak di menu bar atas



Jika Anda memerlukan keyboard on-screen secara teratur, Anda dapat menentukan pintasan keyboard untuk memanggilnya. Silakan buka 'Keyboard Shortcuts' di menu 'Sistem Preferensi' untuk melakukannya.



Cara Memunculkan Keyboard On-Screen di Chromebook



Chromebook memiliki keyboard on-screen bawaan, sehingga Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal apa pun. Aturannya sebagai berikut:




  1. Perluas menu di sudut kanan bawah layar Anda.

  2. Pilih 'Settings'

  3. Pilih 'Advanced'

  4. Pilih 'Accessibility'

  5. Di bawah bagian 'Keyboard', aktifkan 'Enable On-Screen Keyboard'



Setelah itu, keyboard on-screen akan muncul di layar setiap kali Anda mengklik input teks. Anda juga dapat menggeser keyboard on-screen ke posisi yang nyaman dengan menahan 'Alt' dan menyeretnya ke tempat yang diinginkan.



Keuntungan Menggunakan Keyboard On-Screen



Selain menjadi solusi sementara saat keyboard fisik Anda rusak, keyboard on-screen memiliki beberapa keuntungan lain:




  • Dapat membantu pengguna dengan cacat atau masalah mobilitas dalam menggunakan laptop

  • Dapat digunakan sebagai alternatif untuk penggunaan touchscreen yang sulit dengan jari atau stylus

  • Dapat membantu mencegah keylogger karena mencatat setiap ketukan keyboard

  • Dapat berguna untuk presentasi atau pertanyaan publik ketika laptop Anda terhubung ke layar yang luas



Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan keyboard fisik Anda atau membutuhkan keyboard on-screen untuk tugas tertentu, kemungkinan besar solusinya hanya beberapa klik jauhnya. Keyboard on-screen adalah fitur yang bermanfaat dan sering diabaikan yang dapat membantu meningkatkan pengalaman penggunaan laptop Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan Keyboard Di Laptop - On Screen Keyboard"