Anti Ribet! Begini Cara Membuat Slip Gaji Di Word dan Excel

Cara Membuat Slip Gaji Di Word
Cara Membuat Slip Gaji Di Word



Kendarikomputer - Slip gaji adalah selembar kertas yang mencantumkan semua bagian dari gaji bulanan karyawan. Slip gaji adalah dokumen resmi yang digunakan perusahaan untuk gaji karyawan mereka. Dan apakah kamu sudah tahu Cara Membuat Slip Gaji Di Word? Ternyata kamu juga bisa membuat slip gaji sendiri jika kamu tahu Cara Membuat Slip Gaji Di Word maupun di excel. Yuk, simak caranya.

Apa itu Slip Gaji untuk Karyawan?

Slip gaji, dalam arti luas, adalah bukti resmi berapa banyak uang yang dibayarkan perusahaan kepada pekerjanya. Di dalamnya, ada rincian tentang bagian-bagian gaji bulanan karyawan. Ini umumnya memiliki banyak jenis informasi tentang upah karyawan. Misalnya, besaran gaji pokok karyawan, tunjangan makan dan transportasi, potongan pajak, potongan iuran BPJS, dan tunjangan lainnya.

Apa gunanya Slip Gaji?

Keterikatan upah karyawan ini penting bagi sebuah perusahaan agar tidak terjadi kesalahan dalam membayar upah karyawannya. Ini juga berfungsi sebagai catatan atau bukti berapa banyak perusahaan membayar gaji karyawannya. 

Sedangkan untuk para pekerjanya sendiri, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal yang memerlukan lampiran terkait, seperti pengajuan KPR, pinjaman kredit atau modal, atau bahkan visa. Dengan kemajuan teknologi, slip gaji tidak lagi diberikan di atas kertas. 

Sebaliknya, mereka dapat dibuat dalam bentuk digital seperti xlsx, word, atau bahkan online. Sebagian besar waktu, HR akan mengirimkan slip gaji ke email mereka setiap bulan. Namun dengan adanya HRIS (Human Resources Information System), karyawan juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat sendiri slip gajinya.

Bagian dari Slip Gaji

Ada beberapa hal penting yang harus dipikirkan oleh setiap perusahaan, terutama yang ada di departemen SDM, terkait dengan pembayaran gaji. Salah satunya adalah informasi mengenai bisnis yang kamu jalankan, seperti nama bisnis kamu, alamat kantor kamu, logo perusahaan, dan nomor telepon kantor kamu. 

 Seorang HR juga harus memiliki nama lengkap karyawan, NIK, jabatan atau pekerjaan, status kontrak pekerja, nomor NPWP, dan informasi tentang rekening bank karyawan. Selanjutnya, isi informasi seperti gaji kamu dan tunjangan lainnya. 

Masukkan bagian gaji karyawan berdasarkan kebijakan bisnis. Detail informasi yang dilampirkan pada slip gaji karyawan berbeda-beda untuk setiap perusahaan, namun sebelum kamu mengetahui Cara Membuat Slip Gaji Di Word, setidaknya harus dicantumkan hal-hal sebagai berikut:
  • Detail tentang perusahaan: Nama perusahaan, Cara menghubungi perusahaan
  • Data karyawan: Nama karyawan, jabatan, dan nomor ID karyawan
  • Rincian gaji:
  • Gaji pokok
  • Tunjangan (untuk hal-hal seperti transportasi, kontak, makan, dan sebagainya)
  • Bayar ekstra (untuk tambahan)
  • Bonus dan/atau uang tambahan untuk liburan
  • Penghargaan lainnya, yang bervariasi dari perusahaan ke perusahaan.
  • Pengurangan gaji:
  • Asuransi atau iuran BPJS
  • Perusahaan membayar pajak penghasilan (PPh 21)
  • Penalti
  • Penghematan lainnya (tergantung bagaimana masing-masing perusahaan menjalankan bisnis)
  • Hal-hal penting lainnya (berdasarkan aturan masing-masing perusahaan)
  • Tanggal slip gaji diberikan
Pada dasarnya, bagian slip gaji karyawan yang harus dicantumkan adalah informasi tentang total gaji karyawan selama sebulan. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Pengupahan menyebutkan berapa seharusnya gaji seorang karyawan.  

1. Cara Membuat Slip Gaji Di Word

Berikut adalah Cara Membuat Slip Gaji Di Word, caranya sangat mudah sebagai berikut:
  • Mulai aplikasi Microsoft Word di device kamu.
  • Kemudian buatlah style untuk slip gaji yang memiliki semua bagian penting yang harus ada.
  • kamu dapat menggunakan tabel dengan cara dan style yang kamu inginkan.
  • Ketik informasi pekerjaan yang dibutuhkan dengan manual
  • Di Microsoft Word, kamu harus memasukkan data dengan manual, dan jika kamu tidak bisa menggunakan rumus, jadi kamu juga harus menambah dan menghapus dengan manual.
 

2. Cara Menggunakan Excel untuk Membuat Slip Gaji

Menggunakan Ms Excel, kamu harus melakukan hal berikut:
  • Mulai aplikasi Microsoft Excel di device kamu.
  • Pada Lembar 1, buat daftar semua staf yang perlu dibayar.
  • Buat style desain untuk setiap pekerja di Lembar 2.
  • Gunakan formula otomatis untuk mengisi informasi. kamu dapat menggunakan alat pencarian seperti Google untuk menemukan formula ini.
  • Pajak Penghasilan (PPh) merupakan hal yang penting untuk ditambahkan.
  • Setelah membuat slip gaji di Excel, kamu juga bisa menambahkannya ke Microsoft Word, seperti yang kamu ketahui. Jadi kamu harus membuatnya terlebih dahulu di Excel.

3. Menyusun slip Gaji aplikasi gratis

Tanpa memahaminya, memformat slip gaji karyawan secara manual di Microsoft Word dan Excel akan menyita banyak waktu dan biaya bagi perusahaan. Bayangkan jika kamu harus melakukan itu setiap bulan untuk setiap karyawan. 

Belum lagi jika kamu ingin memberikan THR, bonus, atau gaji tidak tetap lainnya. Tidak diragukan lagi itu akan memakan waktu lebih lama, bukan? Karena itu, sangat disarankan agar kamu menggunakan aplikasi pembuat slip gaji! Jangan salah, kamu tidak perlu menambahkan anggaran besar ke daftar pengeluaran perusahaan kamu untuk menggunakannya.

Contoh Slip Gaji

Agus, yang bekerja di bagian pemasaran PT Maju Jalan dengan gaji pokok Rp 4,5 juta, adalah salah satu contohnya. Agus mendapat beberapa keuntungan kecil dari perusahaannya, seperti uang transportasi, makanan, internet, dan beberapa hal lainnya. Tak hanya itu, Agus juga mendapatkan sejumlah asuransi, seperti BPJS, namun perusahaannya sudah membayarnya. 

Agus mendapat bonus Rp 1 juta pada Januari 2022 karena target kerjanya sudah tercapai. Agus tidak pernah terlambat dan selalu mengikuti aturan, sehingga tidak mendapat hukuman lain. Berdasarkan informasi di atas, berikut adalah contoh tampilan slip gaji yang dapat kamu gunakan sebagai panduan: 

PT Maju Jalan Gedung Menuju Puncak, Jalan Impian Cahaya No.12, Jakarta  
Periode : Januari 2022
Nama Karyawan : Agus Baragus
Jabatan : Staf Marketing
Status : Karyawan Tetap
PTKP : K/0
Penerimaan
Gaji Pokok : 4.500.000
Tunjangan Transportasi : 250.000
Tunjangan Makan : 500.000
Tunjangan Internet : 250.000
Tunjangan Lainnya : 100.000
Bonus / THR : 1.000.000
Lembur : 0
Penerimaan Lainnya : 400.000
Total Penghasilan Bruto : 7.000.000
Pengurangan
Iuran BPJS Kesehatan : 0
Iuran BPJS Ketenagakerjaan : 0
Iuran Asuransi Lainnya : 0
Pajak : 0
Penalty : 0
Potongan Lainnya : 0
Total Pengurangan Bruto : 0
TOTAL DITERIMA KARYAWAN : 7.000.000
Jakarta, 25 Januari 2022
Penerima PT Maju Jalan
Agus Baragus Staf HR
 

Bagaimana cara mendapatkan slip gaji?

Jika seorang karyawan menginginkan slip, mereka harus memberikannya terlebih dahulu kepada perusahaan, dalam hal ini departemen HRD. Setelah itu, perusahaan akan memberikan sertifikat khusus kepada karyawan yang dibuat sesuai dengan keinginannya.

Bagaimana Tidak ada slip gaji?

kamu tidak dapat mengajukan kartu kredit, hipotek, atau pinjaman lain jika kamu tidak memiliki slip gaji. Ini karena slip gaji biasanya menjadi salah satu kebutuhan rutin.

Siapa yang membuat slip gaji?

Slip gaji adalah dokumen yang sangat penting yang dibuat oleh pemberi kerja atau perusahaan untuk pekerjanya. Ini memiliki semua bagian dari upah, seperti jumlah yang dibayarkan (Kotor), potongan, bonus, tunjangan, dan jumlah yang akan diterima (Bersih).

Posting Komentar untuk "Anti Ribet! Begini Cara Membuat Slip Gaji Di Word dan Excel"