Cara Membuat Invoice Di Word Secara Gratis dan Sempurna

Tanpa kanvas, tanpa Excel, dan tanpa login! Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat invoice di Word secara gratis dan sempurna. Saya yakin banyak teman saya yang belum mengetahui bahwa kita dapat dengan mudah dan mudah membuat invoice di Word. 


Cara Membuat Invoice Di Word
Cara Membuat Invoice Di Word



 Jika kamu biasanya menggunakan Excel dan melakukan semua pengaturan invoice dari awal secara manual, nah disini kendarikomputer akan memberikan kamu tutorial tentang Cara Membuat Invoice Di Word yang di jamin lebih simpel dan juga praktis.

Apa itu faktur?

Faktur memiliki arti yang sama dengan faktur pada umumnya, yaitu dokumen penting seperti alat invoice yang dikirimkan penjual kepada pembeli. Dalam hal pengiriman atau pengiriman dalam bentuk manual, faktur terdiri dari tiga bagian:
  • Satu lembar untuk pembeli
  • Satu lembar untuk penjual sebagai berkas
  • Lembar terakhir digunakan untuk pelaporan keuangan
Namun dengan kecanggihan teknologi yang berkembang pesat saat ini, sekarang kebanyakan pembuatan faktur bisa diubah menjadi e-faktur yang tentunya pembeli tidak perlu susah susah untuk mendapatkan invoice dalam bentuk kertas lagi. Ternyata e-faktur juga menawarkan beberapa manfaat dalam bentuk:
  • Lebih ramah lingkungan.
  • Lebih mudah disimpan.
  • Lebih mudah ditemukan.
  • Lebih aman dan minim resiko kerusakan.
  • fungsi akuntansi
Secara konseptual, fungsi invoice settlement adalah untuk menagih pembayaran dari pembeli atas transaksi yang dilakukan. Selain itu, invoice juga memiliki fungsi untuk privatisasi transaksi, pengendalian akuntansi dan pengendalian internal perusahaan.

Komponen Invoice Penagihan

Saat membuat invoice, penjual harus mengetahui barang apa saja yang harus disertakan. Itu pun dengan pembeli. Di bawah ini adalah ikhtisar bagian-bagian dari RUU tersebut.

Nama Pelanggan

Hal pertama dalam faktur harus berupa nama pelanggan yang melakukan pembelian, baik pribadi maupun bisnis. Informasi ini harus dirumuskan dengan jelas agar tidak tertukar dengan tagihan dari pelanggan lain dan untuk memudahkan pembuatan tagihan.

Identitas penjual

Identitas lengkap penjual juga harus dicantumkan pada faktur. Biasanya informasi ini diberikan dalam bentuk kop surat pada invoice. Menambahkan identitas penjual memudahkan pembeli untuk menghubungi mereka untuk informasi lebih lanjut tentang produk.

Nomor faktur

Ingatlah untuk mencantumkan nomor faktur dengan jelas pada setiap transaksi. Karena setiap tagihan didaftarkan dan dicatat secara finansial.

Daftar barang yang dibeli

Faktur juga harus menyertakan daftar produk atau layanan yang termasuk dalam transaksi pembelian dan penjualan. Jika berlaku, setiap produk yang dibeli oleh pembeli harus diidentifikasi dengan jelas, termasuk jumlah dan bentuknya.

Harga produk sudah benar

Hal penting yang juga harus disebutkan dalam invoice adalah harga barang atau jasa yang dijual. Informasi ini harus rinci. Jika pembayaran di muka diperlukan untuk transaksi, ini juga harus dilaporkan. Dengan demikian, setiap pembaca invoice dapat mengetahui jumlah transaksi dan informasi harga untuk setiap produk yang termasuk dalam transaksi tersebut.

Sistem Pembayaran

sistem pembayaran adalahg suatu hal yang penting untuk di cantumkan dalam invoice karena hal ini bersangkutan terhadapo tindakan akhir seorang pembeli kepada penjualnya. Pilihannya bisa pembayaran langsung tunai, kartu kredit atau cicilan. 

 Keberadaan invoice ini sangat penting di ketahui dan dapatkan antara penjual dan pembeli sebagai bukti bahwa telah terjadi kegiatan jual beli. Selain itu, invoice juga menjadi bukti bahwa barang yang dibeli telah dilunasi, sehingga tidak ada likuidasi selanjutnya dari transaksi yang sama. Faktur juga memberikan kesan resmi dan profesional pada acara bisnis.  

Cara Membuat Invoice Di Word

1.      Buka aplikasi atau program MS. Word di laptop, PC, dan desktop

Cara Membuat Invoice Di Word yang pertama adalah membuka aplikasi atau perangkat lunak Microsoft Word di laptop kamu. Pastikan juga laptop kamu terhubung dengan internet dan memiliki versi dari tahun 2010 ke atas! Saat kamu membuka aplikasi, ms. Word, kamu akan melihat tata letak file Word terakhir yang kamu buka, bersama dengan kumpulan halaman template di sebelah kanan.

2.      Klik Menu Baru.

Saat kamu membuka dokumen lain yang berjalan di Word, kamu dapat mengklik tombol menu "File" di sudut kiri atas layar perangkat lunak Ms. Kata. Pada titik ini, jangan pilih dokumen kosong seperti biasa! Pada langkah 3 berikut kami melanjutkan membuat faktur di Word.

3.      Pilih "Cari Template Online"

kamu akan menemukan kotak pencarian bernama "Search Web Templates" yang memungkinkan kamu mencari ratusan template untuk kebutuhan pekerjaan atau bisnis kamu menggunakan kata kunci atau kata kunci tertentu.

4.      Cari Template dengan Kata Kunci "Invoice"

Untuk membuat invoice di Word, kita akan memasukkan kata kunci “faktur” pada kotak pencarian “Cari template online” yang telah kita bahas pada langkah ketiga di atas. Jika kamu mengklik ikon pencarian, kamu akan disajikan 11 template yang disediakan oleh MS Word yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

5.      Pilih model yang diinginkan

Setelah kamu menemukan template faktur yang disediakan oleh MS Word, yang harus kamu lakukan adalah memilih template yang kamu inginkan dan klik template tersebut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

6.      Edit Isi Template Invoice Sesuai Dengan Acara Dan Perusahaan

Kemudian, halaman templat faktur yang dipilih sebelumnya akan ditampilkan kepada kamu, buka di MS Word dan kamu dapat mengeditnya sesuai keinginan dengan informasi pribadi, pekerjaan, dan perusahaan kamu. Di Word, kamu dapat mengubah jumlah yang mengirimkan dan menerima informasi, faktur, dan informasi lain yang diperlukan untuk membuat faktur.

7.      Simpan faktur dalam format PDF/Word

Setelah kamu selelsai memodifikasi template yang kamu sukai da kamu pilih, kamu tinggal melakukan Ctrl + S atau simpan dokumen tersebut dalam bentuk Doc atau kamu juga bisa menyimpannya dalam bentu PDF. 

Yang harus kamu lakukan adalah mengklik menu "Simpan sebagai" di MS Word dan simpan faktur dalam format file pilihan kamu. kamu juga dapat mencetak invoice secara langsung menggunakan shortcut keyboard "Ctrl+P" dan memilih nama printer atau versi printer yang sesuai dengan printer yang kamu gunakan dan terhubung dengan laptop/komputer kamu.

Kesimpulan

Ternyata begitu mudah saat kita ingin membuat invoice dengan menggunakan ms. Word, lain halnya jika kita menggunakan excel untuk membuat invoice ini. Dengan Cara Membuat Invoice Di Word kita bisa melakukannya hanya dengan mengikuti beberapa langkah diatas. 

 Selain itu, kita perlu sadari bahwa dalam pembuatan invoice ini kamu harus perlu perhatikan data yang sudah di masukkan kedalam data invoice seperti nomor invoice, tanggal dan juga nomor order agar tidak terjadi kesalahan ketika nanti melakukan rekap keuangan di akhir bulan. 

 Demikian Cara Membuat Invoice Di Word yang sudah kami rangkum bersama, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu. Sekian dari saya dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Invoice Di Word Secara Gratis dan Sempurna"