Gampang! 2 Cara Buat Flowchart Di Word Versi Apa Saja

Ingin Buat Flowchart tetapi masih bingung bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, dengan 2 Cara Buat Flowchart Di Word ini kamu bisa membuat Flowchart dengan mudah di versi microsoft apa saja. Simak artikel berikut! Flowchart adalah bagan alir yang merepresentasikan alur dari suatu proses informasi yang langkah-langkahnya digambarkan dalam bentuk simbol-simbol tertentu. 


Cara Buat Flowchart Di Word
Cara Buat Flowchart Di Word



Setiap ikon ini mewakili aktivitas tertentu yang dapat membantu kamu memahami alur proses dari sesuatu. Nah bagi kamu yang baru pertama kali ingin membuat flowchart mungkin akan terasa kebingungan. Ternyata Cara Buat Flowchart bisa di dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi microsoft Word. Jika kamu penasaran dengan caranya, silahkan simak ya artikel ini!  

Apa itu flowchart?

Bagan alur yang paling akrab kita sebut dengan flowchart ini adalah sebuah bagan yang tersusun secara sistematis menggunakan simbol-simbol dengan tujuan untuk mempermudah dan menggambarkan secara singkat suatu proses yang bekerja secara runtut sehingga mudah dipahami. 

 Pembuatan flowchart dilakukan langkah demi langkah dengan urutan yang benar. Diagram ini dapat digunakan di berbagai bidang dan untuk tujuan yang berbeda, misalnya untuk menunjukkan proses kerja atau prosedur operasi standar di suatu perusahaan. 

 Sebagai pebisnis yang baik dan cerdas, menggunakan flowchart bisa menjadi cara untuk menyederhanakan prosedur yang rumit. Hal ini berdampak positif pada kepegawaian dan efisiensi operasi perusahaan lainnya.  

Arti Simbol Diagram Alur

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa sebuah bagan alur selalu dibuat menggunakan simbo-simbol dengan tujuan mempermudah pemahaman kita akan suatu proses. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa simbol flowchart bukan hanya bentuk dua dimensi. Beberapa simbol flowchart memiliki arti tertentu. Baca lebih lanjut tentang apa arti simbol flowchart di bawah ini.
  • Daftar nama simbol flowchart
  • Terminator
  • Proses
  • Dokumen
  • Keputusan
  • Informasi
  • Referensi/koneksi pada halaman
  • Referensi di luar halaman/konektor di luar halaman
  • Mengalir
 

Cara Membuat Flowchart Di Microsoft Word

kamu dapat membuat bagan alur di Word setidaknya dengan dua cara berbeda. Yang pertama dilakukan dengan fitur Shapes dan yang kedua dengan fitur SmartArt.

1.      Buat diagram alur dengan bentuk

Cara yang pertama akan kita bahas terlebih dahulu. Membuat flowchart dengan fitur Shapes memang pilihan yang tepat. Karena opsi "Shapes" menawarkan berbagai bentuk simbol flowchart tergantung fungsinya. Jadi setiap simbol flowchart (bentuk datar) memiliki arti tertentu. 

Hal ini harus diperhatikan jika ingin membuat flowchart yang sebenarnya, apalagi flowchart. Oleh karena itu, sebelum kamu mulai membuat diagram alur di Word, gunakan shape adalah pilihan yang tepat. kamu harus terlebih dahulu mengidentifikasi beberapa flowchart yang umum digunakan dan fungsinya. Berikut beberapa di antaranya:   

Cara Buat Flowchart Di Word

   

 kamu dapat mencari sendiri arti dari bentuk lain dengan mengarahkan kursor ke bentuk diagram alur yang kamu inginkan. Muncul menu yang menjelaskan arti dari simbol tersebut. Sekarang saatnya membuat diagram alur di Word menggunakan fitur bentuk. Lakukan setiap langkah dengan hati-hati untuk menghindari kesalahan. Berikut Cara Buat Flowchart Di Word yang pertama:  
  • Aktifkan fitur garis kisi untuk memudahkan menggambar diagram alur. Untuk membuka tab View, lalu pilih Gridlines.
  • Buka tab Sisipkan dan pilih Bentuk.
  • Menu muncul dengan beberapa opsi bentuk, tetapi kelas bentuk yang digunakan adalah Garis dan Bagan Alir.
  • Pilih bentuk untuk membuat bagan alur dari bentuk pertama. kendarikomputer akan mulai dengan bentuk oval (untuk menunjukkan awal diagram alur).
  • Tanda Corsair (+) muncul. Klik pada titik dan seret dan lepas untuk menyesuaikan ukurannya.
  • Setelah kamu menggambar bentuk, tab Bentuk (alat menggambar) muncul. Di tab ini kamu dapat menentukan gaya bentuk, mulai dari warna umum, warna batas, dan banyak lainnya.
  • Tambahkan teks ke simbol dengan mengklik opsi Tambah Teks pada tab Format. Kemudian masukkan teks yang diinginkan.
  • Selanjutnya, buat bentuk baru untuk melengkapi flowchart. Caranya adalah dengan mengulang langkah 4 sampai 7 dan pilih format yang berbeda (sesuai kebutuhan).
  • Untuk menyambungkan satu simbol ke simbol lainnya, pilih Lines di bagian Add Shapes.
  • Saat Corsair (+) muncul, klik bagian bawah ikon pertama lalu seret ke tengah ikon kedua. Lakukan ini sampai semua simbol terhubung.
  • Sama seperti saat kamu membuat simbol, saat kamu membuat garis, tab Bentuk akan muncul. Di sana kamu dapat mengatur gaya garis.
 

2.      Buat diagram alur dengan SmartArt

Jika menurut kamu membuat flowchart dengan cara pertama terlalu panjang dan rumit, kamu bisa menggunakan Cara Buat Flowchart Di Word yang kedua berikut ini. Yaitu menggunakan fitur SmartArt. Namun, ingat bahwa bagan alur yang dapat kamu buat dengan fitur SmartArt bukanlah bagan alur yang sebenarnya. Karena simbol yang digunakan pada bagian SmartArt bukanlah simbol asli yang didefinisikan pada format flowchart. Namun, karena ini hanyalah tampilan kotak terhubung standar, kamu sebaiknya hanya menggunakan metode ini untuk membuat diagram proses sederhana. Tidak digunakan untuk membuat diagram alur yang sebenarnya. Berikut adalah Cara Buat Flowchart Di Word:  
  • Buka tab "Sisipkan", lalu pilih opsi "SmartArt".
  • Di jendela Select SmartArt Graphic, pilih Process, lalu pilih template yang kamu inginkan. Klik OK untuk membuatnya.
  • Selanjutnya, kamu tinggal mengisi setiap kolom yang ada dengan teks atau gambar sesuai kebutuhan.
  • kamu juga dapat menambah dan menghapus kotak lain dan memindahkan posisinya sesuai kebutuhan.
  • Buat diagram proses sesuai dengan kebutuhan kamu.

fungsi flowchart

Selain untuk mengoptimalkan kinerja karyawan, penggunaan flowchart dalam suatu perusahaan juga memiliki banyak fungsi. Berikut adalah beberapa poin berguna yang bisa kamu dapatkan jika kamu berhasil menggunakan flowchart dengan baik.
  • Fungsi flowchart adalah untuk membantu departemen mendapatkan pemahaman tentang konsep tertentu
  • Perencanaan proyek
  • Menjalin komunikasi yang baik antara orang-orang yang bertanggung jawab atas suatu proyek tertentu juga merupakan salah satu fungsi flowchart yang tersedia
  • Menyederhanakan penjelasan proses yang kompleks
  • Memfasilitasi kemajuan proyek
Ini adalah dua cara untuk membuat diagram alur di Microsoft Word. kamu dapat melakukan metode di atas di semua versi program, namun beberapa versi mungkin memiliki sedikit perbedaan tampilan.

Kesimpulan

Membuat Flowchart sangat penting bagi kita untuk mengetahui alur dari suatu proses dengan step by step. Dengan adanya bagan alur ini bisa memudahkan kita untuk mengetahui proses dari sesuatu dengan tepat dan presisi. Benar seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa flowchart juga memiliki banyak fungsi yang diantaranya adalah sebagai penyederhanaan suatu proses yang komplek dan di gambarkan ilustrasi yang menarik dan mudah dipahami. Tentu bagi kamu yang belum menguasai teknik ini, lebih baik kamu pelajari sekarang juga. Demikian artikel tentang Cara Buat Flowchart Di Word. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu untuk bisa lebih memahami lagi tentang apa itu flowchart dan juga bagaimana cara membuatnya menggunakan aplikasi word. Sekian dari saya sekian terima kasih.

Posting Komentar untuk "Gampang! 2 Cara Buat Flowchart Di Word Versi Apa Saja"