Cara Memutar CD Di Laptop Dan Komputer Tanpa Ribet!

 

Kendarikomputer.com - Cara Memutar CD Di Laptop - Hampir semua merk laptop dilengkapi dengan CD ROM yang dapat Anda gunakan untuk memutar kaset CD atau DVD. Bagi anda yang mengetahui dan menyukai film atau lagu pasti sudah mengetahui apa itu DVD player.

 Bila Anda tidak memiliki alat untuk mengoperasikannya di rumah, Anda bisa menggunakan laptop atau komputer sebagai solusinya. Lalu bagaimana cara memutar CD di laptop dan komputer?

Cara Memutar CD Di Laptop Maupun Komputer Tahun 2023

Dengan laptop atau komputer Anda, Anda tidak hanya dapat membaca file tetapi juga membakarnya ke DVD. Jadi Anda tidak perlu repot memasukkan DVD saat ingin memutarnya. 

Cara untuk memutar CD di laptop atau komputer tidaklah sulit dan bisa dikatakan sangat mudah. Caranya hampir sama dengan bermain dari flash disk.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkannya dan klik dua kali pada file yang ingin Anda putar. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah tempat penggunaannya.

Cara Untuk Memutar CD Di Laptop

  • Anda dapat memutar CD di laptop dengan mudah, tanpa ribet dan cepat. Begini caranya:
  • Pertama, Anda harus membuka Windows Explorer di laptop Anda.
  • Kemudian klik kanan pada drive DVD RW dan klik "Eject" untuk mengeluarkan baki CD.
  • Setelah baki CD muncul, masukkan kaset atau DVD yang ingin diputar.
  • Tunggu hingga laptop selesai membaca file yang ada di dalamnya.
  • Setelah dibaca Anda akan melihat file di drive DVD.

Selanjutnya anda dapat mengikuti kegiatannya sesuai dengan isi DVD anda. Jika DVD tersebut berisi video atau lagu, Anda dapat memutarnya seperti memutar lagu atau video di flash disk. 

Umumnya video di DVD berformat .MP4, .dat, dll. Sedangkan lagunya berformat mp3, wma, dll. Anda dapat membuka folder satu per satu atau menggunakan fitur yang disediakan dengan tombol pencarian untuk mencari dan menemukan file. Setelah Anda mencari dan menemukan file tersebut, klik dua kali file tersebut untuk menjalankannya.

Cara Memutar CD Di Komputer Anda

Berikut cara memutar CD di komputer:


  • Pertama tekan tombol buka atau eject pada drive komputer Anda di pojok kanan bawah.
  • Setelah dibuka, masukkan CD ke dalam baki disk.
  • Setelah CD ditempatkan dengan benar, tutup baki dengan mendorongnya perlahan.
  • Kemudian akan muncul pilihan radio button untuk memilih apa yang terjadi pada CD audio lalu pilih Play Audio CD.
  • Kemudian Anda dapat memilih file sesuai kebutuhan pada CD.

Anda yang sudah lama menggunakan CD atau DVD mungkin sudah mengetahui masalah-masalah yang bisa muncul dan menyebabkan CD tidak dapat digunakan.

 DVD yang tidak dapat dibaca adalah salah satu masalah paling umum. Kami juga akan membahas penyebab DVD tidak terbaca dan cara mengatasinya. Cara memutar CD di laptop tidaklah sulit.

Cara Mengatasi Masalah DVD Atau CD Tidak Terbaca

Jika DVD atau CD tidak terbaca, apakah bisa diperbaiki? Kesalahannya bukan pada cara memutar CD di laptop. Tentu saja bisa diperbaiki, tetapi tidak bisa dibaca dan dikembalikan 100%.

 Integritas data pada disk tergantung pada kondisi perangkat keras, terutama pada DVD itu sendiri. Berikut cara mengatasi CD atau DVD tidak terbaca di laptop atau komputer:

1. Coba gunakan drive DVD lain

Jika optik drive DVD yang buruk menjadi alasan Anda mengalami kesulitan membaca DVD, biasanya ada dua alasan.

  • Masalah dengan masa pakai drive DVD optik
  • Faktor penggunaan

Tips untuk mengatasinya:

  • Anda dapat mencoba DVD tersebut di komputer atau laptop lain jika DVD tidak dapat terbaca.
  • Jika DVD dibaca di perangkat lain, masalahnya mungkin ada pada drive optik DVD di laptop atau komputer pertama.
  • Anda harus mengganti drive DVD di mesin pertama. Anda juga bisa membeli DVD drive eksternal yang menggunakan port USB untuk menghubungkan media sebagai solusinya.

2. Pembakaran/Korup kembali

Penyebab DVD atau CD tidak terbaca adalah proses pembakaran yang tidak terbaca. Jika masalahnya ada pada proses, misalnya proses pembakaran tiba-tiba terhenti, bisa jadi data yang ada di dalamnya rusak atau korup.

 Itu dapat dihentikan karena listrik padam atau dibuka secara paksa. Untuk mempelajari cara memutar CD di laptop caranya mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Nah itulah penjelasan mengenai beberapa cara memutar cd di laptop dan komputer tanpa ribet.. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagimu, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Memutar CD Di Laptop Dan Komputer Tanpa Ribet!"