Cara Kunci Keyboard Laptop Bagi Pemula 2023

Kendarikomputer.com - Cara Kunci Keyboard Laptop  - Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, setiap pengguna laptop disarankan untuk mengetahui cara mengunci keyboard laptop.

Tujuannya agar file yang tersimpan di laptop Anda tetap aman dan tidak dirusak oleh orang lain. Ketika terjadi sesuatu yang tiba-tiba yang tak diinginkan.

Cara Kunci Keyboard Laptop Yang Bisa Kamu Praktekkan

Casing keyboard laptop yang tidak terkunci dapat membuat dokumen menjadi berantakan. Penyebabnya mungkin karena keyboard tidak sengaja ditekan atau hal lainnya.

1. Gunakan Kunci Windows

Mengunci keyboard menggunakan Windows Lock bisa dilakukan dengan sangat mudah. Karena Anda hanya perlu menekan dua tombol pada keyboard secara bersamaan, maka layar laptop akan terkunci secara otomatis.

Tombol yang harus ditekan adalah Windows + L. Jika Anda ingin mengakses kembali laptop Anda, cukup masukkan kata sandi yang Anda buat. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Buka menu pengaturan.
  • Setelah itu pilih Akun.
  • Nanti akan ada banyak pilihan dan silahkan pilih opsi login. Di sini Anda dapat mengatur password untuk sistem operasi Windows yang Anda gunakan.
  • Kemudian pilih kata sandi.
  • Silakan isi password sesuai keinginan.
  • Disarankan menggunakan password yang mudah diingat agar tidak mudah lupa.

2. Gunakan Keyfreeze

Keyfreeze adalah aplikasi kunci keypad yang sangat terkenal. Berbeda dengan cara pertama, karena aplikasi ini tidak mengharuskan pengguna membuat kata sandi pengguna.

Namun, setelah Anda melakukan beberapa pengaturan, keyboard di laptop Anda akan terkunci. Tidak sampai disitu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengunci mouse.

Untuk mengunci keyboard di laptop menggunakan KeyFreeze, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

  • Pertama-tama, Anda harus menginstal aplikasi keyfreeze terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka aplikasinya jika proses instalasi berhasil.
  • Klik tombol yang bertuliskan Lock Keyboard and Mouse, maka keyboard dan mouse laptop Anda akan terkunci secara otomatis.
  • Jika anda ingin membukanya kembali anda bisa menekan tombol pada keyboard anda yaitu ctrl+alt+delete.
  • Setelah itu tekan tombol Esc.

3. Melalui Kunci KidKey

Aplikasi selanjutnya ini hampir sama dengan aplikasi kedua, karena bisa digunakan tanpa harus memasukkan password.

Namun KidKey Lock sebenarnya memiliki fitur yang lebih unggul. Fitur yang tersedia di dalamnya tidak hanya sekedar untuk mengunci keyboard dan mouse saja. Namun masih banyak juga fitur lain yang tersedia seperti kunci tambahan, sisipkan, analog, hapus, dll.

Ada juga fitur untuk mengunci pintasan keyboard dan mengunci tombol karakter standar seperti angka, huruf, dll.

Sedangkan fitur kunci mouse antara lain kunci klik kiri, kunci klik kanan, kunci klik ganda, kunci klik tengah, kunci roda mouse, dan lain-lain.

Sebagian besar pengguna laptop atau komputer ingin mengunci keyboard atau mouse mereka. Alasannya adalah untuk menghindari orang-orang yang cuek dan penipu.

Terkadang keyboard laptop bisa secara tidak sengaja terjepit atau tertindih oleh benda lain yang diletakkan di atas keyboard tersebut.

Hal ini membuat keyboard terbentur sendiri. Jadi, Anda perlu mengetahui cara mengunci keyboard di laptop dan silahkan Anda praktekkan sekarang juga. semoga beruntung.

4. Tekan tombol Windows + L

  • Langkah pertama, kamu bisa mengunci keyboard tanpa aplikasi. 
  • Menggunakan metode di atas akan mengunci Windows dan meminta Anda memasukkan kata sandi.
  • Jika Anda belum pernah membuat kata sandi di Windows, langsung masukkan saja.


Namun selain itu, meskipun Windows terkunci, Anda tetap bisa menggunakan keyboard dan mouse. Nah, untuk bisa mengunci mouse dan keyboard fisik Anda, cobalah cara berikut ini.

Itulah empat cara kunci keyboard laptop bagi pemula 2023 Windows yang bisa Anda coba. Semoga artikel tersebut dapat membantumu, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Kunci Keyboard Laptop Bagi Pemula 2023"