Cara Melihat Windows Di Laptop Acer Bagi Pemula!

Kendarikomputer.com - Belum banyak orang yang mengetahui cara melihat Windows di laptop Acer. Pada dasarnya versi Windows dapat dilihat berdasarkan antarmukanya. 

Namun, tetap penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengeceknya dengan mudah tanpa ribet. Apalagi ada banyak cara yang bisa diterapkan.

Cara Melihat Windows Di Laptop Acer Tahun 2023

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang saat ini memiliki banyak pengguna. Hal ini dikarenakan tampilannya yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Baik itu anak-anak, remaja, maupun dewasa. Jadi langsung saja lihat tampilan sistem operasinya di bawah ini:

1. Melalui Properti Sistem

System Properties merupakan menu yang menampilkan data informasi sistem. Dapat dikatakan bahwa informasi yang ditampilkan di properti hanyalah informasi dasar. Namun, ini juga menampilkan informasi versi Windows.

  • Menu ini tersedia di semua versi Windows. Dari Windows XP hingga Windows 10.
  • Bagaimana saya melakukannya? Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Pertama, buka Windows Explorer. Cara paling mudah adalah dengan klik kanan tombol Start (kiri bawah desktop) > lalu klik File Explorer.

Langkah 2. Selanjutnya lihat kolom kiri. Klik kanan pada This PC > lalu klik menu Properties.

Langkah 3. Di sana akan muncul informasi spesifikasi sistem. Ini termasuk Pengguna Windows dan Tipe Bit.

Sekadar informasi, nama komputer ini bisa berbeda-beda. Misalnya di Windows XP disebut "My Computer", sedangkan di Windows 7 disebut "Computer".

Selain cara manual seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa mencoba menggunakan kombinasi tombol FN + Windows + Pause untuk membuka menu Komputer.

Oh iya, tampilan daftar propertinya sendiri mungkin berbeda dengan contoh gambar di atas. Namun, Anda masih dapat menemukan informasi versi Windows di sana.

2. Menggunakan DXDIAG

Sedangkan untuk langkah sebelumnya, sebagian besar informasi versi akan ditampilkan. Misalnya saya menggunakan Windows 10. Ada beberapa edisi Windows 10, dan yang ditampilkan di properti yang saya gunakan adalah edisi Professional.

Tapi apakah sudah lengkap? Belum. Nah pada menu DXDIAG yang akan dijelaskan akan muncul lebih banyak informasi terkait sistem. Coba ikuti langkah-langkahnya:

  • Klik Tombol Windows + R, jendela Windows Run akan muncul.
  • Silakan tulis "DXDIAG". Jika sudah, klik OK.
  • Selanjutnya akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool (DXDIAG).
  • Periksa kolom Sistem Operasi, tempat informasi Windows berada.

Anda bisa melihatnya, bukan? Di sana, informasi versi yang ditampilkan lebih detail. Misalnya saya menggunakan Windows 10 pro versi 17763 versi 10.0.

Oh iya, di DXDIAG biasanya saya juga menggunakannya untuk mengecek spesifikasi Windows 10. Karena Anda juga bisa melihat prosesor, RAM, BIOS, VGA, dll.

3. Cara mengecek versi Windows 10 melalui menu About.

Windows 10 memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Namun dibalik itu juga masih banyak penambahan menu yang belum ada sebelumnya.

Jadi, apa topiknya? Berikut adalah halaman Windows 10 yang menampilkan data sistem. Tentu saja lengkap juga dengan spesifikasi dasar PC.

Bagi pengguna Windows 10, saya sarankan menggunakan cara ini. Mengapa? Coba ikuti langkah-langkahnya terlebih dahulu:

Ada banyak cara untuk membuka menu About di Windows. Namun yang paling mudah adalah, cukup ketikkan kata “about” pada kolom pencarian di menu Start, lalu buka hasilnya.

Jika sudah maka akan muncul halaman baru. Bagian awal menampilkan data spesifikasi perangkat. Silakan gulir ke bawah untuk melihat informasi Windows.

Demikianlah tutorial cara melihat windows di laptop acer. Tidak sulit, bukan? Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan atau yang ada di dalam sistem. Cukup sekian dan terimakasih!

Posting Komentar untuk " Cara Melihat Windows Di Laptop Acer Bagi Pemula!"