Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya

Kendarikomputer.com - Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya - Saat ini, banyak perangkat yang menggunakan koneksi Bluetooth untuk beroperasi. Dia menyebutnya laptop, tablet, speaker, dan mouse. 

Bahkan furnitur rumah pun kini sudah menggunakan teknologi canggih tersebut untuk memudahkan pengoperasiannya.

Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya 2023

Dengan teknologi Bluetooth, transfer data dan koneksi ke perangkat lain menjadi lebih mudah. Namun, bagaimana jika perangkat kita, misalnya laptop, tidak memiliki fitur Bluetooth? 

Ini adalah topik yang akan kita bahas dalam artikel ini. Agar lebih jelas yuk kita cari tahu apa itu Bluetooth dan bagaimana cara install Bluetooth di laptop yang tidak memiliki Bluetooth.

1. Instal Bluetooth Pada Motherboard Laptop

Salah satu cara install Bluetooth yang bisa Anda lakukan pada laptop yang tidak memiliki Bluetooth adalah dengan memasang perangkat Bluetooth tambahan pada motherboard laptop Anda. 

Cara ini berisiko jika Anda tidak tahu cara menghubungkan perangkat Bluetooth yang Anda beli ke motherboard laptop Anda. Jika Anda salah menyambungkannya, kerusakan serius pada motherboard dapat terjadi. Itu sebabnya Anda harus benar-benar berhati-hati saat melakukan ini.

Namun cara ini memiliki kelebihan yaitu perangkat Bluetooth yang Anda miliki dapat diinstal secara internal dan dibawa kemana saja karena sudah terpasang di laptop yang Anda miliki. 

Jika Anda ingin mencoba cara ini, Anda perlu memperhatikan kompatibilitas perangkat Bluetooth yang ingin Anda sambungkan ke motherboard Anda. Jika tidak cocok, meskipun Anda dapat membongkar laptop dan mencoba memasangnya, perangkat keras yang ada tidak akan berfungsi dengan baik.

Jika Anda tidak dapat menginstalnya sendiri, Anda dapat menyewa tukang reparasi laptop untuk memasang perangkat Bluetooth di motherboard Anda. Namun perlu diingat kembali bahwa cara ini mengandung risiko, jadi lakukanlah selagi Anda menyadari risiko tersebut.

 Namun jika Anda tidak bisa mengatasi resiko yang sangat tinggi tersebut, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan cara lain untuk menginstal Bluetooth di laptop non-Bluetooth di bawah ini. Jangan lupa pelajari juga cara mengaktifkan Bluetooth di laptop.

2. Instal Bluetooth Menggunakan Dongle Bluetooth

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk menginstal Bluetooth di laptop yang awalnya tidak memiliki Bluetooth adalah dengan menginstal dongle Bluetooth yang biasa dijual di toko komputer. 

Dongle Bluetooth adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk menginstal perangkat Bluetooth yang terhubung menggunakan koneksi USB.

Pada dasarnya, dongle Bluetooth bekerja dengan menghubungkan perangkat Bluetooth melalui USB, seperti papan dongle WiFi atau dongle lainnya. Dongle Bluetooth cenderung mudah dipasang dan digunakan karena bersifat plug and play. 

Namun menggunakan perangkat Bluetooth melalui USB tentunya harus selalu membawa perangkat tersebut, terutama jika Anda ingin menggunakan koneksi Bluetooth melalui laptop Anda.

3. Instal Driver Dan Hardware Pendukung

Setelah memutuskan apakah Anda ingin menggunakan cara pertama atau kedua untuk menginstal Bluetooth di laptop yang tidak memiliki Bluetooth, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menginstal driver dan perangkat keras pendukung lainnya yang memungkinkan Anda menggunakan perangkat Bluetooth Anda dengan benar. baru saja dipasang.

Driver dan perangkat keras pendukung biasanya diperlukan terlepas dari apakah Anda menggunakan dongle atau menggunakan perangkat Bluetooth yang terpasang secara internal.

 Hal ini dikarenakan komunikasi dengan perangkat Bluetooth yang Anda install dengan sistem operasi Anda dapat berjalan dengan sempurna jika terdapat driver yang cocok dengan sistem operasi Anda.

Demikianlah beberapa cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya dan bisa anda coba mulai sekarang jika tertarik untuk menginstall perangkat bluetooth di laptop anda. Terimakasih!

Posting Komentar untuk " Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya"