Cara Menandai File Di Laptop Untuk Pemula Dengan Mudah

Kendarikomputer.com - Cara Menandai File Di Laptop - Saya yakin setiap orang memiliki banyak folder dan file di perangkatnya. Baik di ponsel maupun di komputer dan laptop. 

Padahal folder tersebut isinya sedikit atau malah kosong dan file-file yang ada di dalamnya tidak terlalu penting. Bagaimana dengan menandai file?

Menandai suatu file merupakan salah satu langkah untuk memindahkan dan menghapus folder atau file dengan lebih cepat. Entah folder yang berisi file dan berukuran besar, atau folder kosong yang hanya berisi beberapa file dengan ukuran sangat kecil.

Cara Menandai File Di Laptop Terbaru 2023

Pada perangkat smartphone, kita dapat menandai file dan folder dengan cukup mudah, tergantung pada aplikasi File Manager yang kita gunakan. Sedangkan untuk menandai folder dan file di PC Anda, seperti menandai file di laptop Windows 10, caranya sangat mudah dan cepat.

Jika Anda memiliki banyak file di laptop atau komputer Anda, saya sangat menyarankan untuk memindahkan atau menghapus file dan folder. Dengan menandai file atau memblokir file, proses penghapusan dan transfer akan lebih cepat.

Karena lebih cepat pasti akan menghemat waktu kita. Oleh karena itu, Anda harus menandai banyak file atau memblokir banyak file untuk menghemat waktu. Selain kuota internet yang perlu dihemat, kita juga perlu menghemat waktu dalam mengoperasikan komputer dan laptop.

Memilih banyak file di Windows sangat mudah. Anda dapat menyorot lebih dari satu file secara acak atau berurutan. Mungkin kalau saya jelaskan saja kalian belum paham, jadi sampai kalian paham akan saya jelaskan pada tutorial dibawah ini.

1. Gunakan Folder Untuk Menandai File

Seringkali kita mempunyai banyak sekali file di laptop kita sehingga kita bingung mencari file yang ingin kita cari. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan memberi tag pada file kita agar dapat ditemukan kembali dengan mudah. 

Dengan cara menggunakan folder untuk menandai suatu file, kita bisa memisahkan file sesuai kategori. Misalnya jika kita mempunyai banyak foto, kita bisa membuat folder tersendiri untuk menyimpan semua foto tersebut. 

Kita juga dapat membuat folder terpisah untuk menampung dokumen, video, audio, dll. Oleh karena itu, kita dapat dengan mudah mencari file yang dibutuhkan karena dikelompokkan berdasarkan kategori.

Selain itu, kita juga bisa memberi nama pada folder tersebut dengan kata kunci yang sesuai dengan kategori file yang ada di dalamnya. Misalnya, jika folder tersebut berisi foto, kita bisa menamainya “Foto” atau “Foto_2020”. Oleh karena itu, kita dapat dengan mudah menemukan folder yang ditandai dengan nama kunci.

Dengan menggunakan folder untuk menandai file di laptop, kita bisa mengatur file kita dengan lebih mudah dan cepat. Ini adalah cara yang baik untuk memastikan file kita tersimpan dengan rapi dan mudah ditemukan.

2. Gunakan Tag Untuk Menandai File

Tag adalah cara lain untuk menandai file di laptop. Tag adalah kata atau frasa yang dapat ditambahkan ke file agar lebih mudah ditemukan. Tag dapat ditambahkan ke file saat menyimpannya atau sesudahnya.

Untuk menggunakan tag untuk menandai file, Anda harus terlebih dahulu menemukan file yang ingin Anda tandai. Jika file disimpan, Anda dapat menemukannya di folder yang benar. Jika belum, Anda bisa menyimpan filenya terlebih dahulu.

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda tandai, klik kanan padanya dan pilih Properties. Di tab Detail, Anda akan menemukan kotak Tag. Di sini, Anda dapat menambahkan tag yang diperlukan. 

Tag dapat berupa kata atau frasa yang mendeskripsikan file. Misalnya, nilai yang berkaitan dengan pekerjaan Anda di sekolah atau pekerjaan Anda.

Setelah memasukkan tag, klik Terapkan untuk menyimpan tag. Tak hanya  itu, kamu bisa menggunakan tag ini guna mencari file secara cepat dan gampang. Untuk melakukan ini, cukup temukan kata "Search" di laptop Anda dan masukkan tag yang Anda tambahkan. Hasil pencarian akan secara otomatis menampilkan semua file yang mengandung tag tersebut.

Tag sangat berguna untuk menemukan file yang Anda cari. Ini juga membantu kamu dalam  mengatur file dengan lebih rinci dan membuatnya lebih gampang ditemukan.

 Tag juga dapat ditambahkan ke folder, sehingga folder dengan tag yang sama dapat dicari. Tag yaitu sebuah cara mudah untuk menandai pada file di laptop.

Nah jadi itulah penjelasan mengenai cara menandai file di laptop untukpemula dengan mudah, semoga artikel tersebut dapat membantumu, terimakasih!

Posting Komentar untuk " Cara Menandai File Di Laptop Untuk Pemula Dengan Mudah"