Cara Membuat Novel Di Laptop Dengan Format Yang Benar

Kendarikomputer.com - Cara Membuat Novel Di Laptop - Meski menulis novel di laptop dinilai lebih mudah, namun banyak orang yang masih bingung dengan format menulis novel di Microsoft Word. 

Bukan hanya format tulisannya saja, namun juga cara mengedit dan menatanya agar lebih akurat. Sebab, menulis novel memerlukan kemampuan memahami kalimat dan alur cerita serta memahaminya agar dapat disusun secara akurat.

Cara Membuat Novel Di Laptop Di Era Sekarang!

Bagi anda yang sudah memahami pengaturan dan format pada Microsoft Word, akan lebih mudah dalam membuat novel. Namun bagi Anda yang masih bingung, berikut cara mudah membuat novel di laptop agar terlihat lebih berkelas.

1. Buka Microsoft Word

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka Microsoft Word terlebih dahulu. Namun, langkah pertama adalah membuat kerangka baru. Karena outline novel ini bisa sangat membantu dalam proses penulisan. 

Selain itu, outline novel ini juga akan membantu Anda menyelesaikan novel dengan baik dan cepat. Anda juga bisa tidak menggunakan kerangka, namun bahayanya sering kali adalah Anda berhenti di tengah cerita atau tetap kosong.

Hal ini kemudian dapat menyebabkan penulisan terhenti dan naskah terbengkalai. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan outline yang baru. Penulisan novel dapat diarahkan dengan ketelitian dan penguasaan. Jadi, setelah Anda membuat kerangka novel Anda, Anda dapat membuka Microsoft Word dan mulai menulis.

2. Mengatur Format Penulisan

Penulis pemula mungkin masih bingung menentukan format penulisan yang baik dan benar. Berikut format penulisan yang baik:

  • Gunakan font Times New Roman ukuran 12 dan atur Paragraph dan Spasi menjadi 1,15.
  • Judul novel ada di halaman pertama, ukuran font 28.
  • Kemudian halaman kedua berisi daftar isi.
  • Halaman berikutnya berisi ucapan terima kasih.
  • Kemudian halaman berikutnya dapat digunakan untuk menulis isi novel.
  • Untuk subtitle bisa menggunakan ukuran font 14.
  • Halaman terakhir berisi biodata penulis.

Usahakan biodata penulis dicantumkan dengan jelas pada saat penulis novel mengirimkan naskahnya ke penerbit. Oleh karena itu perlu juga penulisan biodata yang semenarik mungkin agar pihak penerbit tertarik.

3. Menyusun tata letak naskah novel

Cara membuat novel di laptop selanjutnya adalah dengan mengatur layout naskah. Penulis dapat membuat sendiri bagian layout ini. Ada juga hal-hal yang diatur oleh penerbit dan lebih banyak dibantu oleh penerbit. 

Anda juga dapat mengatur tata letak Anda menggunakan format margin 5A atau A4 untuk tata letak dan ukuran biasa. Tata letak ini memiliki fungsi yang membuat tulisan terlihat elegan.

4. Melestarikan Naskah Novel

Banyak proses penulisan novel yang memakan waktu lama. Jadi, jangan lupa untuk menyimpannya setiap selesai menulis. Anda dapat memberi nama file dengan format: judul novel – nama penulis. Hal ini akan memudahkan Anda mengirimkan naskah ke penerbit tanpa harus mengganti nama lagi.

5. Edit Naskah Novel 

Cara membuat novel di laptop setelah semua pengoperasian selesai adalah dengan membaca ulang atau mengedit ulang naskah tersebut. Jadi, jika Anda melewatkan kesalahan apa pun pada proses pengeditan pertama nanti, kesalahan tersebut dapat ditemukan pada langkah kedua, jadi setidaknya Anda dapat melakukan keseluruhan proses dua kali.

Anda bisa menulis novel dengan gaya penulisan dan bahasa yang nyaman dibaca. Jika Anda sudah merasa siap dengan naskah novel Anda, Anda bisa mengirimkan naskah sesuai rencana. Anda dapat mengirimkan naskah melalui email.

Nah, itulah cara membuat novel di laptop dengan format yang benar. Menulis novel di laptop dapat meningkatkan kemampuan menulis novel karena tidak terganggu oleh hal lain dan bisa dilakukan dimanapun, terimakasih!

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Novel Di Laptop Dengan Format Yang Benar"