Cara Mengeluarkan Cd Dari Laptop Dengan Cepat

Kendarikomputer.com - Belum banyak orang yang mengetahui cara mengeluarkan CD dari laptop yang macet padahal caranya sangat mudah, dan saat ini disc sudah jarang digunakan sebagai media penyimpanan atau untuk menginstal aplikasi, cenderung menggunakan teknologi USB.

Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang menggunakan disk, baik untuk menyimpan file, dokumen, atau video, untuk menginstal aplikasi, atau sebagai driver aplikasi.

Cara Mengeluarkan Cd Dari Laptop Tahun 2023

Banyak sekali permasalahan yang biasa ditemui ketika menggunakan CD/DVD oleh pengguna laptop atau PC (personal computer), salah satunya adalah CD/DVD tersangkut di dalam sehingga tidak dapat dikeluarkan dari laptop/PC. Hal tersebut tentu akan selalu menghambat berbagai pekerjaanmu.

Cara Mengeluarkan CD Dari Laptop Secara Cepat Dan Mudah

Cara mengeluarkan CD dari laptop yang perlu Anda ketahui antara lain sebagai berikut.

  • Pertama silahkan masuk ke menu This PC dan pastikan CD disertakan pada ruang DVD yang tersedia.
  • Setelah login, pilih DVD drive yang terletak di sisi kiri laptop.
  • Nah setelah itu akan muncul tulisan berupa nama disk yang anda masukan.
  • Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengklik “Service” pada drive DVD yang ada dan kemudian pada opsi Eject.
  • Dengan cara ini, CD dalam ruang DVD akan keluar dengan sendirinya/otomatis.
  • Tunggu hingga pemutar DVD benar-benar keluar.
  • Setelah berhasil, Anda dapat mengambil CD yang dimasukkan sebelumnya.
  • Akhirnya selesai.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk bisa mengeluarkan CD dari laptop Anda dengan baik dan benar. Selalu perhatikan ruang DVD dan CD yang Anda masukkan untuk menghindari kesalahan fatal serta kerugian yang tak pernah kamu inginkan sebelumnya.

Namun jika Anda ingin mencoba mengeluarkan CD dari DVD, namun CD tersebut macet atau tidak dapat dikeluarkan, jangan dipaksakan. Gunakan saja cara berikut ini.

Cara Mengeluarkan CD Melalui Tombol Manual

Nah, salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengeluarkan CD dari laptop Anda yang macet. Jadi silahkan cari tombol manual yang tersedia pada laptop anda. Biasanya tombolnya terletak tidak jauh dari tempat DVD, dan dapat terletak di bagian bawah atau samping DVD.

Cara ini sangat mudah dilakukan ketika CD Anda macet atau perlu dikeluarkan. Laptop dengan ruang DVD tentunya akan memiliki tombol manual sebagai cara alternatif jika tidak bisa booting dengan sistem operasi.

Untuk melakukannya, silakan cari saja tombol manual yang tersedia di laptop Anda. Tombolnya biasanya tidak jauh dari ruang DVD yang tersedia.

Jika Anda menemukan tombol tersebut, silakan tekan tombol tersebut dan tunggu hingga pemutar DVD merespons dan mengeluarkan CD dengan benar. Jika metode ini berhasil, Anda dapat dengan mudah memulihkan CD yang macet.

Cara Mengeluarkan CD Melalui Force Eject

Nah, cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengeluarkan CD dari laptop Anda adalah dengan menggunakan power ejector. Untuk dapat menggunakan cara tersebut, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, silakan periksa slot yang tersedia di dekat kompartemen DVD.
  • Jadi, pelubang kertas ini bisa menjadi alternatif darurat ketika cara di atas tidak berhasil mengeluarkan CD dari laptop Anda.
  • Selanjutnya, tekan lubang tersebut dengan jarum.
  • Oleh karena itu, DVD akan keluar secara otomatis.
  • Selesai.

Kata Penutup

Demikian penjelasan artikel tentang cara mengeluarkan cd dari laptop dengan cepat yang bisa dilakukan. Kami harap ini membantu Anda dalam semua situasi, terimakasih!

Posting Komentar untuk " Cara Mengeluarkan Cd Dari Laptop Dengan Cepat"