Cara Menggunakan Webcam Eksternal Di Laptop Dengan Tepat!

Kendarikomputer.com - Cara Menggunakan Webcam Eksternal Di Laptop - Karena di zaman kita saat ini, kita pasti membutuhkan teknologi; Baik itu Internet dan segala jenis dan jenis alatnya.

Teknologi tersebut salah satunya adalah video conference yang kini semakin populer karena setelah adanya virus Covid-19, banyak karyawan, pelajar, keluarga, dan teman yang kini menggunakan teknologi tersebut.

Cara Menggunakan Webcam Eksternal Di Laptop Tahun 2023

Jika Anda membutuhkan webcam Full HD 1080p Plus dengan fitur auto fokus, Anda bisa mencobanya di sini. Oh iya, ini adalah webcam merk ternama dengan kualitas terjamin; Itu adalah Logitech. 

Saya jamin anda tidak akan menyesal karena anda akan mendapatkannya langsung dari toko resminya dan bergaransi.

Disini kita akan menemukan solusi cara setting webcam eksternal untuk laptop Anda. Karena webcam yang kita beli biasanya tidak mau terhubung ke aplikasi kamera bawaan Windows atau Mac OS. Meskipun perangkat kamera USB dan printer sudah terpasang dengan benar.

Jangan panik dulu, karena disini kami akan membahas secara lengkap cara menggunakan webcam di laptop sehingga Anda tidak lagi membutuhkan aplikasi webcam untuk laptop Anda. Cara ini insya Allah cukup dan efektif.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kamera Internal Laptop?

Webcam di laptop biasanya tersedia saat Anda membeli laptop Windows 10. Driver webcam biasanya terinstal secara otomatis saat Anda ingin menggunakan kamera. 

Anda dapat melakukan pemeriksaan awal untuk melihat apakah driver webcam sudah terinstal dengan membuka aplikasi Kamera di laptop Anda. 

Jika lampu tidak menyala saat Anda membuka webcam dan layar laptop Anda tidak menampilkan wajah Anda, berarti driver belum diinstal atau desktop Anda tidak diperbolehkan mengakses fitur kamera Anda.

1. Cara Menginstal Driver Webcam

Untuk menginstal, Anda perlu membuka Device Manager yang dapat dilakukan melalui Search Bar dengan ikon kaca pembesar di taskbar. Cukup ketik pengelola perangkat dan opsi akan muncul. 

Ketika Anda mengkliknya, Anda akan dibawa ke tab Device Manager yang akan menampilkan beberapa daftar perangkat yang digunakan di laptop Anda.

Cari kata "kamera" dan klik dua kali pada kata tersebut. Maka akan muncul nama kamera yang terpasang di laptop. Klik kanan pada nama kamera dan klik opsi “Instal Perangkat Lunak Driver”. Maka Anda hanya perlu mengikuti semua instruksi yang diberikan.

Jika sudah terpasang, kamera Anda sudah bisa digunakan. Jika driver kamera sudah diinstal tetapi tidak dapat digunakan, Anda dapat melakukan proses yang sama lagi dengan masuk ke bagian Kamera di Pengelola Perangkat dan memilih Perbarui Driver. Hal ini dilakukan untuk memperbarui kamera laptop.

2. Cara Mengizinkan Akses Ke Webcam

Jika cara di atas tidak berhasil membuat kamera dapat digunakan, kemungkinan besar Anda belum memberikan akses ke desktop dan beberapa aplikasi untuk menggunakan kamera. 

Untuk mengizinkan akses, Anda dapat membuka bagian "Pengaturan" dan memilih "Privasi". Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian "Izin Aplikasi" dan tulisan "Kamera".

Klik “Kamera” dan Anda akan dibawa ke tab pengaturan yang terkait dengan kamera laptop Anda. Di tab ini, akan ada opsi untuk memberikan akses dengan mengubahnya ke mode “On”. 

Jika Anda gulir ke bawah lagi, akan ada pengaturan yang mengatakan “Izinkan aplikasi mengakses kamera” dan “Izinkan aplikasi desktop mengakses kamera.”

Ubah kedua pengaturan ke posisi "aktif". Terakhir, saat Anda mengubahnya ke mode "Aktif", pilihan aplikasi akan muncul yang dapat Anda berikan izin untuk mengakses kamera.

 Ubah semua pengaturan akses aplikasi menjadi aktif, sehingga Anda dapat menggunakan kamera di aplikasi yang Anda perlukan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Webcam Eksternal Untuk Laptop?

Namun, jika laptop Anda tidak terpasang webcam, Anda dapat membeli webcam eksternal dari toko elektronik atau dari berbagai pasar online. 

Setelah Anda membelinya, yang harus Anda lakukan hanyalah menghubungkan webcam eksternal ke laptop Anda menggunakan kabel USB yang disediakan. 

Sekali lagi lakukan hal yang sama seperti poin sebelumnya yaitu menginstal driver webcam dan memberikan akses ke semua software terkait agar Anda dapat langsung menggunakan webcam untuk berbagai aktivitas.

Nah cukup disitu tentang penjelasan cara menggunakan webcam eksternal di laptop dengan mudah, smoga artikel diatas bisa menjadi refrensimu, terimakasih!

Posting Komentar untuk " Cara Menggunakan Webcam Eksternal Di Laptop Dengan Tepat!"