Cara Menginstal Laptop Acer Bagi Yang Ingin Mencoba!

Kendarikomputer.com - Cara Menginstal Laptop Acer - Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu menginstal ulang laptop Anda. Pertama, pengguna ingin melakukan update ke sistem operasi Windows terbaru. Kedua, karena sistem Windows yang digunakan tidak kompatibel dengan komputer laptop.

Ketiga, sering terjadi error yang menghambat kinerja laptop. Banyak penyebab laptop lambat, seperti virus, malware, pengoperasian lambat, dan lain-lain, yang memerlukan instalasi ulang laptop.

Laptop bisa diinstall ulang menggunakan CD atau flash disk. Yang mana yang Anda pilih sebenarnya tergantung pada keadaan, misalnya apakah lebih praktis dengan CD atau tidak. Misalnya, metode instalasi ulang Windows tanpa CD dipilih karena tidak ada CD/DVD ROM di laptop.

Cara Menginstal Laptop Acer Tahun 2023

Apakah setiap merk laptop mempunyai cara pemasangan yang berbeda-beda? Selama Anda menggunakan Windows, semua yang akan kita bahas bisa berlaku untuk semua merek laptop, kecuali MacBook tentunya. Langsung saja kita jelaskan cara install ulang laptop anda dibawah ini.

1. Instal Ulang Dengan Reset 

Jadi, untuk memulai proses reset ke keadaan baru, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Start dan klik ikon roda gigi. Setelah itu, Anda akan masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Di menu ini cari opsi “Perbarui & Keamanan”.
  • Di menu ini, klik "Pemulihan"
  • Setelah klik, Anda akan diberikan pilihan “Reset this PC” dan “Advanced startup”
  • Klik tombol Memulai di Reset PC ini

Akan muncul jendela opsi untuk melakukan clean reset dengan menghapus semua file kecuali Windows atau dengan mengunci file pribadi. Untuk opsi kedua, file yang dihapus adalah program, aplikasi, dan file terkait. Jadi dokumen, foto, dan video pribadi Anda tetap aman.

Klik sesuai keinginan Anda untuk menginstal ulang. Instruksi akan muncul dari Windows dan Anda hanya perlu mengikutinya.

Reset ke “new state” biasanya membutuhkan waktu yang lama tergantung dari besar kecilnya file yang perlu dibersihkan. Setelah proses selesai, casing laptop Anda akan kembali seperti saat pertama kali Anda membeli dan menyalakan laptop ini.

2. Instal Ulang Secara Manual

Ini biasanya merupakan metode yang paling umum digunakan untuk menginstal ulang laptop. Selain bisa digunakan oleh sistem operasi selain Windows 10, cara ini memungkinkan penghapusan file yang terinfeksi malware dan virus. Membiarkan file tersebut akan menyebabkan malware menyebar lagi.

Sebelum memulai cara ini, Anda harus memiliki file instalasi Windows 10 dalam format disk atau CD beserta serial numbernya. Jika ada, inilah saat yang tepat untuk membersihkan file tersebut! Proses pembersihan ini akan lebih baik jika menggunakan program pembersihan seperti DBAN. 

DBAN (Darik Boot And Nuke) adalah program yang membersihkan semua file hingga benar-benar bersih dari harddisk. Cukup unduh secara gratis dan bakar file ini ke CD.

Jadi, setelah Anda siap, masukkan CD tersebut ke laptop Anda dan mainkan. Untuk melakukan proses booting, ikuti langkah-langkah berikut

Nyalakan kembali laptop Anda. Di tengah proses booting, tekan Esc, F1, F2, F8, atau F10. Tombol ini tergantung pada jenis laptop yang Anda miliki.

  • Opsi akan muncul dan pilih entri "BIOS Setup".
  • Di menu BIOS, buka Tab Boot.
  • Sorot opsi boot di drive CD-ROM
  • Simpan dan keluar.
  • Proses booting sekarang akan membaca CD DBAN dan dapat menggunakannya untuk menghapus file di laptop. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  • Klik Enter untuk membuka DBAN
  • Saat menu DBAN muncul, klik [J] dan [K] untuk memilih drive yang ingin Anda hapus.
  • Pilih driver dengan menekan tombol spasi pada keyboard
  • Setelah semuanya dipilih, klik F10 untuk memulai proses penghapusan.

Saat proses sedang berjalan, Anda tidak dapat menghentikannya. Pastikan juga untuk mengisi daya laptop Anda saat proses sedang berjalan agar baterai tidak habis karena prosesnya bisa memakan waktu lama.

Setelah prosesnya selesai, laptop Anda sekarang kosong. Sekarang saatnya install ulang laptop dengan file Windows yang sudah disiapkan sebelumnya. untuk melakukan ini. Ikuti langkah selanjutnya

  • Masukkan CD Windows yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Laptop akan mendeteksi CD ini dan mem-boot ke dalamnya.
  • Akan muncul langkah-langkah instalasi Windows dan ikuti saja petunjuknya.

Pada langkah terakhir sebelum instalasi, Anda biasanya diminta mengetikkan serial number sistem Windows Anda. Masukkan nomor seri dan proses instalasi akan berjalan. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan laptop anda siap dalam kondisi seperti baru.

Nah jadi begitulah sedikit penjelasan tentang cara menginstal laptop acer, semoga melalui cara diatas dapat mempermudahmu, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Menginstal Laptop Acer Bagi Yang Ingin Mencoba!"