Cara Mematikan Mode Pesawat Di Laptop Windows10

 

Kendarikomputer.com - Cara Mematikan Mode Pesawat Di Laptop - Apakah Anda seorang pebisnis yang sering bepergian ke luar kota atau luar negeri dengan menggunakan pesawat? Umumnya perangkat yang sering dibawa saat melakukan perjalanan bisnis adalah laptop dan smartphone. 

Saat berada di dalam pesawat, Anda dan penumpang lainnya akan diingatkan oleh pramugari untuk mematikan perangkat Anda atau diminta untuk mengaktifkan mode penerbangan (Airplane) atau fitur serupa.

Laptop atau smartphone yang menjalankan Microsoft Windows memiliki fitur Pesawat (Airplane Mode). Lantas, apa sebenarnya Mode Pesawat itu? 

Airplane Mode adalah fitur yang memberikan Anda akses cepat untuk mematikan semua koneksi nirkabel di laptop atau smartphone Anda. Koneksi nirkabel yang terlibat termasuk Wi-Fi, Bluetooth, GPS, komunikasi jarak dekat (NFC), dan seluler.

Cara Mematikan Mode Pesawat Di Laptop Secara Mudah 2023

Fitur mode pesawat mematikan komunikasi radio agar tidak mengganggu sistem navigasi dan komunikasi pesawat. Dengan mematikan fitur flight mode, Anda tetap bisa menggunakan laptop atau smartphone meski sedang berada di dalam pesawat. 

Fitur mode Pesawat disertakan di Windows 8.1. Berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Airplane mode di Windows 10:

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Mode Pesawat Pada Laptop Windows 10

Apabila keadaan atau lingkungan Anda mewajibkanmu untuk mematikan semua sinyal jaringan dan nirkabel pada perangkat Windows 10, Anda dapat melakukannya menggunakan metode berikut.

Gunakan Kunci perangkat keras

Banyak perangkat memiliki perangkat keras untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode Pesawat. Anda dapat menggunakan tombol atau sakelar ini untuk mematikan semua sinyal nirkabel dari perangkat Anda. 

Namun, Microsoft mengatakan bahwa penggunaan perangkat mungkin tidak selalu menonaktifkan semua koneksi nirkabel. Beberapa aplikasi Windows Store memiliki kemampuan untuk mengganti sakelar perangkat keras untuk menyambung ke GPS atau data seluler.

Cara terbaik menurut Microsoft adalah dengan menggunakan tombol mode Pesawat yang tersedia melalui notifikasi di system tray.

Gunakan Pintasan Notifikasi

Gulir ke bawah untuk melihat opsi. Klik tombol yang bertuliskan Mode pesawat untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Metode notifikasi adalah metode tercepat dan paling andal dibandingkan dengan adaptor perangkat keras karena metode ini memastikan semua jaringan nirkabel dimatikan. 

Ini juga mencegah aplikasi apa pun mencoba melewati mode Pesawat karena sistem operasi akan tetap berada dalam mode Pesawat selama Anda tidak memintanya untuk mematikannya. Untuk mematikan mode Pesawat, cukup klik ikon pesawat di baki sistem Anda, lalu klik tombol Mode pesawat.

Gunakan Pengaturan Windows 10

Apabila dikarenakant notifikasi belum nampak, kamu bisa menggunakan sebuah pengaturan untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan mode Pesawat pada Windows 10. Ikuti langkah-langkah berikut:


  • Buka menu utama
  • Klik Pengaturan
  • Klik Jaringan & Internet untuk membuka pengaturan yang relevan


Klik Mode Pesawat di sebelah kiri, lalu gerakkan tombol, di kanan, ke kanan sehingga Mati muncul di bawah Mode Pesawat; Panel juga menampilkan semua jaringan nirkabel yang tersedia, termasuk Bluetooth dan WiFi, yang kini otomatis dimatikan dan berwarna abu-abu

  • Klik ikon ini atau ikon notifikasi untuk mengakses perintah cepat dan mematikan mode Pesawat.
  • Aktifkan jaringan tunggal dalam mode pesawat

Terkadang Anda mungkin ingin mengaktifkan jaringan tertentu bahkan setelah mengaktifkan mode Pesawat. Misalnya, Anda berada dalam mode Pesawat tetapi ingin menggunakan Bluetooth karena alasan tertentu, Anda dapat melakukannya menggunakan opsi mode Pesawat di Pengaturan.

 Pada Langkah 5 di atas, saya menyebutkan bahwa panel kanan akan menampilkan semua jaringan nirkabel yang kompatibel dengan perangkat Anda. Anda dapat mengaktifkan jaringan individual dengan menyeret tombol terkait ke status aktif.

Nah jadi itulah beberap rekomendasi cara mematikan mode pesawat di laptop windows 10, semoga tulisan tersebut dapat mempermudah kegiatanmu, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Mode Pesawat Di Laptop Windows10"