Cara Backup Data Hp Ke Laptop Dengan Mudah

Kendarikomputer.com - Cara Backup Data Hp Ke Laptop - Backup merupakan hal yang penting, apalagi jika Anda pengguna Android. Dengan melakukan backup, Anda dapat mengurangi kehilangan data di Android. Datanya bisa berupa foto, musik, video, file, dll.

Jadi, bagaimana cara mencadangkan data di perangkat Android Anda? Ada banyak sekali cara untuk melakukan backup data Android, Anda bisa memilih cara yang sesuai dan mudah untuk dilakukan.

Cara Backup Data Hp Ke Laptop Yang Mudah Dilakukan!

 PC/Komputer merupakan tempat yang cocok untuk menyimpan data. Kebanyakan orang sudah mengetahui cara backup data Android ke komputer. Namun tidak semua orang mengetahui cara yang baik dan benar.

Tentu tidak semua orang ingin ponselnya hilang atau rusak. Jadi, Anda perlu menyimpan data sebagai cadangan di komputer Anda. Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya Anda mengetahui alasan mengapa Anda harus melakukan backup data Android.

1. Cadangkan Data Android Ke Komputer Melalui Google Drive

Perangkat Android serta aplikasi dan layanan Google merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan. Misalnya, Anda dapat menyinkronkan berbagai file Android ke Google Drive melalui jaringan. Namun jika Anda kehabisan ruang penyimpanan cloud Google, Anda harus membeli ruang tambahan.

Ikuti panduannya di sini:

  • Buka kunci ponsel Android Anda, dan buka aplikasi Pengaturan.
  • Buka Sistem > Cadangan, dan aktifkan Cadangan ke Google Drive. Kemudian klik Akun > Tambah Akun untuk mengetikkan akun Google Anda.
  • Klik Cadangkan Sekarang untuk mentransfer data Android ke Google Drive. Selanjutnya, buka website Google Drive, dan login dengan akun yang sama. Kemudian Anda dapat mengunduh data Android ke komputer.

2. Cadangkan Data Android Ke Komputer Secara Manual

Beberapa pengguna Android juga suka mentransfer file Android ke komputer secara manual. Dengan cara ini, Anda hanya memerlukan kabel data untuk melakukannya.

Ini sangat mudah tetapi membutuhkan waktu untuk mencadangkan banyak file besar dari Android ke komputer.

Ikuti panduan di bawah ini:

  • Hubungkan ponsel Android Anda ke komputer melalui kabel USB.
  • Pilih opsi transfer file di Android. Kemudian buka Jelajahi dan akses perangkat Android Anda.
  • Pilih file yang Anda inginkan, salin dan tempel di komputer Anda. Kemudian tunggu hingga transmisi selesai.

3. Cadangkan Data Android Ke Komputer Dengan Satu Klik

Semakin banyak orang menginginkan pengelola pencadangan yang komprehensif dan efisien, karena dapat mentransfer sebagian besar file Android ke PC sekaligus. 

Misalnya, MobiKin Backup Manager untuk Android adalah salah satu alat pencadangan Android yang luar biasa. Itu dapat mencadangkan setidaknya 8 jenis file, termasuk kontak, pesan teks, aplikasi, foto, video, musik, log panggilan, dan banyak lagi.

Perangkat lunak ini mendukung koneksi USB dan Wi-Fi. Apakah Anda menyukai transmisi nirkabel atau USB, ini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, dapat memulihkan file cadangan ke perangkat Android apa pun tanpa kehilangan data.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda memilih file berdasarkan kategori sebelum mentransfer, dan menampilkan nama, jumlah dan ukuran pada antarmuka.

Ikuti panduan di bawah ini:

Unduh dan instal perangkat lunak cadangan ini di komputer Anda. Kemudian sambungkan ponsel Android Anda ke komputer melalui USB.

Pilih opsi MTP, dan aktifkan mode debugging USB di Android. Program ini akan dengan cepat mengenali perangkat seluler.

Klik Cadangan, pilih tipe data, dan klik ikon cadangan untuk memulai prosedur. Omong-omong, Anda dapat mengklik browser untuk memilih lokasi yang diinginkan untuk menyimpan file.

4. Cadangkan Data Android Menggunakan Utilitas

Selain metode pencadangan sebelumnya, Anda dapat menggunakan utilitas lain untuk mencadangkan file Android.

1. Cadangan GCloud

G Cloud Backup adalah aplikasi pencadangan Android, yang mendukung berbagai file Android, seperti foto, dokumen, film, riwayat panggilan, dll. Setelah masuk, Anda dapat memulai dengan penyimpanan cloud sebesar 1 GB, dan memperoleh hingga 10 GB.

Selain itu, Anda dapat membuat salinan cadangan dari kartu SD yang terpasang di ponsel Android Anda. Jika perlu, Anda dapat masuk ke G Cloud di komputer Anda untuk melihat file cadangan.

2. Cadangan titanium

Aplikasi ini dapat mencadangkan aplikasi dan data aplikasi Android, termasuk aplikasi dan pengaturan sistem. Selain itu, Anda dapat menyinkronkan data ke/dari Google Drive atau Dropbox dengan jadwal manual. Tetapi antarmukanya agak sulit untuk ditangani, dan Anda harus melakukan root pada ponsel Android Anda.

Nah itulah cara backup data hp ke laptop dengan mudah yang dapat kamu lakukan, semoga artikel tersebut bisa mempermudah pekerjaanmu!

Posting Komentar untuk "Cara Backup Data Hp Ke Laptop Dengan Mudah"