Tips Untuk Cara Cek Laptop Baru Tahun 2023

Kendarikomputer.com - Cara Cek Laptop Baru - Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, kebutuhan akan laptop dan komputer pun terus meningkat. Saat ini banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan fasilitas laptop untuk menunjang pekerjaannya, seperti administrator, teknisi jaringan, jurnalis, dll.

Oleh karena itu, saat ini semakin banyak bermunculan produsen laptop yang menawarkan produknya dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara Cek Laptop Baru Sebelum Melakukan Pembelian!

Namun keadaan ini dimanfaatkan sebagian pihak untuk mencari keuntungan dengan cara menipu pembeli. Vendor-vendor ini biasanya menawarkan laptop dengan harga yang sangat murah, berbeda jauh dengan harga pada umumnya. Namun, pelakunya mengganti perangkat keras di dalamnya dengan kualitas buruk.

Untuk itu kita sebagai pembeli harus pintar-pintar dalam memilih apakah akan membeli laptop, karena laptop baru dan laptop bekas yang tampilannya (ex-display) hampir sama dan sulit dibedakan.

1. Periksa Kondisi Fisik Laptop

Hal utama yang harus diperhatikan saat membeli laptop baru adalah memperhatikan kondisi fisik laptop. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  • Perhatikan bagian luar body laptop, apakah ada lecet, lecet atau bekas benturan?
  • Perhatikan juga setiap kukunya. Laptop baru biasanya masih hadir dengan logo segel resmi pabrikan

Jika terdapat logo segel resmi pada bautnya, periksa kembali apakah segelnya sudah terpasang ganda? Jika Anda memasangnya dua kali, kemungkinan besar laptop dibongkar

2. Sistem Operasi Windows 

Apakah laptop baru Anda memiliki Windows? Laptop masa kini biasanya menyertakan sistem operasi Windows asli berupa Windows 10 atau Windows 11 untuk versi lebih baru. Saat membeli laptop baru, pastikan laptop tersebut sudah terinstall sistem operasi Windows asli dari vendor laptop.

Saya sarankan menggunakan Windows 10 asli untuk mengutamakan keamanan dan kemudahan penggunaan.

Jika sistem operasi Windows tidak terinstal di laptop Anda, sebaiknya cari referensi lain. Sebab, jika Anda tetap membeli laptop non Windows yang hanya memiliki tampilan DOS, berarti Anda harus menginstal sistem operasi pendukungnya.

Perlu diketahui, harga OS aslinya bisa mencapai jutaan rupee. Harga Windows 10 Home sendiri berkisar Rs 1,5 lakh – Rs 2 lakh. Jika laptop dilengkapi dengan Windows 10 asli dari vendor, itu lebih baik.

3. Periksa Apakah Windows Asli Atau Tidak

Penjual berkata: Ini 100% asli Windows 10. Apakah kita akan mempercayainya? Bagaimana jika penjualnya berbohong?

Perlu diketahui bahwa harga pasar laptop baru dengan instalasi Windows asli bajakan dan tanpa Windows sangatlah tinggi. Selisihnya berkisar antara 400 ribu - 700 ribu rupee.

Jika kita membeli laptop baru seharga 6 jutaan, namun bersistem operasi Windows bajakan, berarti kita rugi karena harga pasaran laptop tersebut hanya bisa mencapai 5 jutaan.

4. Periksa Spesifikasi Laptop

Kalau penjualnya bilang, “Laptop ini harganya Rp 7 juta.” Namun jika spesifikasi laptop hanya mencakup RAM 2GB DDR2, GPU 512MB, Hard Disk 500GB dll, lalu Anda membelinya seharga 7 lakh, maka Anda telah ditipu oleh penjualnya.

Laptop baru dengan spesifikasi tersebut di tahun 2020 biasanya dibandrol dengan harga antara 3-4 lakh saja.

Oleh karena itu, bila Anda belum mengetahui harga pasaran laptop, sebaiknya cari dulu informasinya di Internet atau lebih mudahnya ajak teman atau orang yang lebih paham tentang laptop dan mengetahui harga pasaran laptop baru secara umum.

5. Periksa Masa Garansi Laptop Anda

Jika Anda membeli laptop dalam kondisi baru, pastikan memiliki masa garansi. Garansi resmi minimal satu tahun. Anda bisa menanyakan hal ini kepada penjualnya. Jika masa garansi dua tahun diklaim, itu lebih baik.

Minta juga kartu garansi resmi yang lengkap agar Anda dapat mengajukan klaim garansi jika terjadi kerusakan karena kesalahan produksi.

6. Beli Laptop Baru Di Tempat Resmi

Hal ini juga patut untuk diperhatikan, meski tidak termasuk dalam saran apa saja yang harus diperhatikan saat membeli laptop baru. Karena hal ini dapat mempengaruhi harga jual, tingkat kepercayaan, dan variasi pilihan produk laptop nantinya.

Oleh karena itu, sebaiknya belilah laptop baru di tempat resmi atau toko elektronik yang sudah menjadi partner resmi dari produk laptop yang ingin Anda beli. Harganya mungkin sedikit murah.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang tips untuk cara cek laptop baru, semoga artikel tersebut dapat menambah sedikit wawasanmu, terimakasih!

Posting Komentar untuk " Tips Untuk Cara Cek Laptop Baru Tahun 2023"